Saat ini, banyak orang yang lebih suka menyewa apartemen dibanding hunian sewaan lainnya. Hal ini tentunya disebabkan oleh berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh apartemen. Selain fasilitas lengkap serta lokasi yang strategis, apartemen juga dianggap lebih terawat dan aman untuk ditinggali.

Jika anda memiliki apartemen, kesempatan untuk mendapat pemasukan dari sewa apartemen tentunya sangat besar. Apalagi saat ini banyak pekerja ibu kota yang mencari apartemen sebagai hunian sementara. Lalu, bagaimana cara memasarkan sewa apartemen agar cepat laku? Berikut beberapa cara memasarkan sewa apartemen paling efektif yang bisa anda lakukan.

1. Merawat Apartemen dengan Baik

Sebelum memasarkan, hal pertama yang harus dilakukan adalah selalu merawat apartemen dengan baik. Jaga kebersihan apartemen, dan perhatikan juga kondisi apartemen anda. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa para penyewa menyukai apartemen yang bersih dan terawat. Jika anda selalu menjaga kebersihan apartemen, maka akan semakin besar kemungkinan penyewa untuk tertarik menyewa apartemen anda.

2. Mempersiapkan Foto Terbaik

cara memasarkan sewa apartemen

Jika apartemen anda sudah rapi dan siap untuk dihuni, jangan lupa untuk memfoto apartemen anda. Bila perlu, gunakan jasa fotografer untuk mendapatkan gambar terbaik. Foto tentunya akan menjadi komponen utama dalam memasarkan apartemen milik anda, baik memasarkan secara online maupun offline.

Gunakan foto yang paling jelas, terang, serta lengkap dengan dekorasi yang rapi. Selain itu, jangan lupa untuk memfoto setiap sudut ruangan, mulai dari kamar, dapur, kamar mandi, dan ruangan lainnya. Hal ini bertujuan agar penyewa memiliki gambaran mengenai kondisi apartemen yang anda miliki.

Baca juga: 5 Tips Membuat Iklan Properti yang Menarik Beserta Contohnya

3. Menentukan Harga Sewa

Setelah memiliki foto terbaik apartemen anda, tentukan harga sewa yang akan anda tawarkan. Jangan memasang harga yang terlalu tinggi, tetapi jangan juga memasang harga yang terlalu rendah. Perhatikan harga sewa dari para kompetitor penyewa apartemen lainnya agar anda dapat menentukan harga yang ideal.

4. Memasarkan Apartemen Secara Pribadi

Langkah selanjutnya adalah mulai memasarkan apartemen. Jika anda memutuskan untuk memasarkan apartemen secara pribadi, maka anda akan mendapat keuntungan yang lebih banyak dibanding memasarkannya di agen properti. Namun, anda harus siap dengan berbagai resiko, seperti mendapatkan berbagai pesan dan telepon dari calon penyewa, menanggapi setiap pertanyaan, mencari dan menyeleksi calon penyewa, hingga urusan administrasi dan pembayaran.

Jangan lupa untuk memasarkannya dari mulut ke mulut, seperti ke kerabat, kenalan, hingga tetangga yang memiliki ketertarikan untuk menyewa apartemen. 

5. Memasarkan Melalui Berbagai Platform

cara memasarkan sewa apartemen

Cara pemasaran selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah memasarkannya melalui berbagai platform, baik secara offline maupun online. Untuk cara offline, anda dapat membuat spanduk berisi informasi penyewaan yang dipasang di berbagai tempat strategis. Anda juga bisa menyebarkan brosur di lokasi-lokasi yang menjadi target pasar anda.

Sedangkan untuk cara online, anda dapat mempromosikannya melalui media sosial dengan memposting berbagai informasi seputar apartemen anda secara rinci. Berbagai media sosial yang dapat dimanfaatkan diantaranya Facebook, Instagram, hingga Tik Tok. Dengan memasarkan apartemen di media sosial, maka pengikut anda akan mengetahui informasi yang anda sebarkan.

Baca juga: Pasang Iklan Apartemen Anda di Jendela360 dengan Cepat dan Mudah

6. Memasarkan Melalui Agen Properti

Jika anda sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk memasarkan apartemen secara pribadi, anda bisa memasarkannya melalui agen properti. yang bisa juga menjadi salah satu cara memasarkan sewa apartemen. Agen properti akan mengurus segala hal terkait apartemen anda. Jadi, anda tidak perlu repot-repot untuk memasarkan maupun melayani setiap telpon dan pesan dari calon penyewa. Sebagai gantinya, anda harus memberi komisi 5-10% dari harga sewa apabila apartemen tersewa dari jasa tersebut. 

Namun, hal yang harus diperhatikan adalah anda harus memilih agen properti yang terpercaya. Jangan sampai anda salah memilih agen, dan malah mendapatkan kerugian. Maka dari itu, cari tahu terlebih dahulu review maupun track record dari agen properti yang akan anda gunakan jasanya.

Salah satu agen properti terpercaya adalah Jendela360. Sampai saat ini, terdapat ribuan apartemen yang menggunakan jasa agen tersebut. Selain pelayanannya yang cepat, Jendela360 juga menyediakan fitur kamera 360 yang dapat memudahkan para calon penyewa untuk melihat kondisi apartemen milik anda. Tunggu apa lagi? Sewakan apartemen anda melalui Jendela360!