Internet merupakan sebuah komponen penting dalam kehidupan kita seiring pesatnya perkembangan teknologi. Ketergantungan kita terhadap internet tidak lepas dari fitur-fitur dalam internet yang dapat membuat kehidupan menjadi lebih praktis.

Terkait hal tersebut, apartemen-apartemen saat ini pasti menyediakan fasilitas internet atau WiFi untuk penghuni. Fasilitas ini ada untuk memanjakan Anda agar merasa lebih nyaman tinggal di apartemen. Namun tidak jarang WiFi yang disediakan apartemen tidak memiliki kapasitas yang kita harapkan.

Di apartemen di mana layanan WiFi ditawarkan biasanya dibagikan kepada sejumlah penghuni melalui router nirkabel, yang dapat mempengaruhi kecepatan keseluruhan dan kekuatan sinyal koneksi jaringan.

Berikut cara-cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kecepatan WiFi yang maksimal di apartemen Anda!

 

Tes Kecepatan WiFi

cara mempercepat koneksi wifi

Ini adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan. Anda perlu melakukan tes kecepatan untuk mengetahui apa yang sedang Anda kerjakan. Ini akan menunjukkan kecepatan unggah dan unduh Anda dan memberi Anda titik referensi untuk mengukur seberapa efektif setiap cara mempercepat koneksi Wi-Fi Anda.

Untuk melakukan ini cukup kunjungi situs pengujian kecepatan seperti Ookla. Atau, cukup ketik ‘tes kecepatan internet’ ke Google dan itu akan memberikan pemeriksaan kecepatan di dalam browser untuk Anda.

Anda juga dapat menghubungi penyedia layanan WiFi untuk melihat apakah ada gangguan terhadap layanan atau kesalahan pada saluran yang hanya dapat diperbaiki oleh mereka.

 

Gunakan Heatmapping

cara mempercepat koneksi wifi

Jika Anda sudah melakukan tes kecepatan WiFi, selanjutnya Anda harus mengunduh aplikasi heatmapping untuk perangkat Anda. Ada beberapa yang bisa dipilih di Apple AppStore dan Google Play, dan mereka semua melakukan hal yang sama.

Setelah diunduh, Anda harus berjalan di sekitar apartemen Anda dan melihat bagian mana dari apartemen Anda yang tidak dapat menjangkau sinyal internet dan area mana yang paling kuat.

Ini membuat Anda dapat mengetahui di mana harus meletakkan extender Wi-Fi atau bahkan memindahkan furnitur dan perangkat Wi-Fi untuk mengoptimalkan kecepatan internet yang Anda dapatkan.

 

Atur Ulang Setelan WiFi

cara mempercepat koneksi wifi

Untuk melakukan langkah ini, Anda harus menyesuaikan pengaturan langsung dari dashboard router di browser komputer. Untuk masuk ke menu konfigurasi, Anda perlu membaca buku pegangan router Anda, yang seharusnya cukup sederhana.

Ikuti langkah-langkah di dasbor dan ambil tes kecepatan lain untuk melihat apakah kecepatan Wi-Fi telah meningkat. Jika mengalami kesulitan, tidak ada salahnya meminta bantuan dengan pihak maintenance apartemen untuk melakukan langkah ini.

 Baca juga: Susah Cari Wifi di Apartemen? Baca Tips Berikut Ini Dulu

Ganti Perangkat Router

Standar Wi-Fi terbaru adalah 802.11ac. Jika router apartemen Anda memiliki standar 802.11b atau 802.11g, router baru pasti akan meningkatkan kecepatan Wi-Fi apartemen Anda dan menyediakan jangkauan konektivitas yang lebih baik.

Seiring perkembangan teknologi, router juga selalu mendapat inovasi baru sehingga dapat memancarkan jaringan internet semakin stabil dan kuat untuk para penggunanya. Mungkin sudah saatnya apartemen Anda mengganti router dengan model yang lebih baru.

 

Ganti Channel

cara mempercepat koneksi wifi

Saat router Anda dipasang dan diatur untuk yang pertama kalinya, router secara otomatis mendeteksi saluran yang paling ramai dan menjadikannya default.

Namun, dengan kedatangan tetangga atau pengguna baru di dekatnya, jaringan bisa tersumbat. Anda mungkin menemukan bahwa satu jaringan digunakan oleh segelintir pengguna sementara yang lain sepi.

Ada beberapa alat hebat yang akan membantu menentukan apakah Anda harus mengubah saluran Wi-Fi.

Perangkat lunak seperti InSSIDer dan NirSoft menganalisis seluruh spektrum Wi-Fi dan memberi Anda detail tentang jaringan rumah Anda serta makna penggunaan saluran yang dapat Anda ubah ke saluran yang kurang sibuk.

 

Gunakan Adapter Powerline

Adapter Powerline adalah cara terbaik untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi dengan relatif tanpa harus mengeluarkan tenaga berlebih. Namun harga yang ditawarkan tidak tergolong murah. Anda juga harus memastikan Anda membeli dengan kemampuan Wi-Fi.

Jika tidak, Anda akan terjebak dengan yang mengandalkan port Ethernet yang harus menggunakan kabel. Adapter powerline berkemampuan Wi-Fi akan membuat hotspot Wi-Fi baru yang akan memberikan sinyal nirkabel di ruangan-ruangan di mana sinyal router Anda tidak dapat menjangkau.

 

Update Firmware Router

cara mempercepat koneksi wifi

Saran yang mudah, namun sering dilupakan. Pastikan firmware router Anda terbaru, terutama jika Anda telah membeli yang baru. Harapkan bandwidth, set fitur, dan ketahanan terhadap sinyal meningkat dengan beberapa pembaruan firmware pertama.

Pembaruan firmware terbaru dapat diunduh dari situs web produsen dan relatif mudah untuk diperbarui karena sebagian besar memiliki panduan-panduan praktis yang bermanfaat. Jika Anda kesulitan, Anda dapat menghubungi penyedia broadband Anda untuk dukungan tambahan.

 

Update Driver WiFi

Kadang-kadang USB atau adaptor / driver nirkabel internal tidak dapat sepenuhnya berkomunikasi dengan PC atau laptop Anda. Memperbaruinya dapat memberikan dorongan yang diperlukannya untuk bekerja kembali.

Ada beberapa alat gratis untuk membuat proses ini lebih mudah seperti Driver Talent yang mengidentifikasi masalah dan menawarkan pembaruan terbaik yang dapat diunduh tersedia untuk sebagian besar sistem operasi.

 

Matikan Mode Hemat Daya

Beberapa router diatur dengan mode ‘hemat daya’ secara default. Tujuannya adalah untuk menyimpan beberapa miliwatt. Sayangnya, pendekatan terpuji ini dapat mengurangi bandwidth secara tidak proporsional.

Untuk menavigasi ini, Anda harus mengunjungi pengaturan daya Wi-Fi Anda melalui PC atau laptop dan mengubah ke pengaturan daya normal.

 

Bersihkan Perangkat Anda

Sinyal Wi-Fi Anda bisa menjadi lemah jika PC Anda terlalu tua atau berantakan. Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan Wi-Fi Anda adalah dengan membersihkan PC Anda dan menghapus semua file atau program yang tidak perlu yang bisa memperlambatnya.

Ada banyak perangkat lunak yang mengklaim dapat mempercepat PC Anda dan membuat hari-hari biasa berjalan jauh lebih lancar. Sama halnya dengan jaringan internet Anda setelah permbersihan.

 

Cari Tahu Siapa Saja yang Menggunakan WiFi

Jika Anda berbagi koneksi internet dengan orang-orang yang suka mengunduh video, streaming acara TV, atau bermain video game online, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyiapkan beberapa aturan.

Anda dapat menyarankan agar mereka mengunduh konten selama waktu tertentu. Tetapi jika Anda tidak suka konfrontasi yang canggung, ada alat di luar sana yang akan memprioritaskan aplikasi atau program. Ini akan menghasilkan program yang paling penting mendapatkan prioritas bandwidth.

 

Restart Router Secara Teratur

Biasanya ketika Wi-Fi melambat kami mematikan perute dan menghidupkannya lagi, ini klasik! Yang harus kita lakukan adalah menjadwalkan reboot router harian.

Bila cara ini dilakukan makan router dapat secara otomatis me-refresh dirinya sendiri dan koneksinya. Anda dapat melakukan ini dengan mengakses menu router melalui PC atau laptop Anda.

 

Jauhkan WiFi Dari Perangkat Lain

Perangkat elektronik seperti radio, handphone cadangan, dan speaker dapat membuat koneksi internet Anda lebih lambat.

Jika Anda bisa, letakkan router Anda jauh dari perangkat seperti ini dan gangguan apa pun yang mungkin didapat darinya. Atau sebaliknya, meletakkan perangkat-perangkat tersebut sehingga tidak menghalangi sinyal WiFi Anda.

 

Kesimpulan

Sebagai fasilitas yang dimiliki oleh hampir seluruh apartemen saat ini, internet sudah dianggap sebagai aspek penting untuk dapat dinikmati oleh penghuni. Namun semakin banyaknya orang yang tinggal di apartemen, semakin banyak pula penghuni yang akan menggunakan WiFi apartemen, yang berimbas pada menurunnya kecepatan internet.

Cara-cara diatas dapat Anda coba untuk memaksimalkan jaringan internet dari WiFi apartemen Anda. Untuk melihat fasilitas-fasilitas selain WiFi yang ditawarkan oleh apartemen-apartemen di Jakarta, Anda dapat mengunjungi Jendela360.com untuk informasi apartemen selengkapnya.