Last Updated on

Manusia tidak akan bisa menghindari yang namanya stres. Baik perempuan, laki-laki, orang tua, bahkan anak-anak sekalipun bisa merasakan stres. Hal ini dipicu oleh berbagai aktivitas yang padat serta mengalami kejadian tidak mengenakan seperti pekerjaan, deadline, ulangan, ujian, masalah rumah tangga, bullying, dan sebagainya.

Khususnya di era modern, persaingan global berangsur semakin keras. Tidak hanya menguras fisik, pengorbanan mental dan materiil juga akan terperas habis sehingga memicu stres berkepanjangan. Bahkan, kemungkinan terganjal oleh depresi juga rentan terjadi! Wah, mengkhawatirkan sekali! Lalu, bagaimana cara mengetahui gejalanya kalau kita sedang stres?

Selera Makan Yang Tidak Menentu

Saat kita sedang stres, nafsu makan bakalan tidak stabil. Tidak peduli mau memilih makanan apa, bahkan jika ditraktir makanan yang disukai bakalan tidak nafsu! Ini perlu diwaspadai, karena jika nafsu makan hilang terus-menerus, artinya sedang mengalami stres berat! Bahkan bisa saja sebaliknya, memakan santapan besar dengan porsi makanan berpiring-piring. Kamu salah satunya, bukan?

Sering Terkena Migrain

Pernah tidak, saat melakukan aktivitas lalu kepala pening dan terasa sakit di sebelah? Perlu diketahui bahwa saat melakukan aktivitas, khususnya orang kantoran, kita selalu menggunakan sistem otak kiri yang difungsikan untuk berpikir sehingga kita kekurangan air.

Mengapa bisa terjadi? Karena oksigen dalam saraf berkurang dan zat air sangat penting untuk menjaga konsentrasi . Perlu diperhatikan, tuh!

Konsentrasi Kurang Setiap Hari

Kalau sudah pada fase seperti ini, artinya kamu sudah memasuki tahap kritis, yakni menuju fase depresi. Ambil istirahat sebentar dari dunia pekerjaan dan segera konsultasi ke psikiater! Sayangi dirimu, kawan!

Nah, sudah baca gejala di atas? Sejujurnya, cara menghilangkan stres sangatlah mudah. Dalam artikel ini, kamu akan menemui jalan keluar dari penat yang kamu alami! Semoga membantu, yah!

1. Elus Binatang Berbulu

cara menghilangkan stress dengan binatang

Jika memiliki hewan peliharaaan atau sedang ada kucing jalanan di sebelah kamu, kamu bisa mengelus bulu lembut mereka dan bermain bersamanya. Para psikologis sering menyatakan bahwa sebenarnya kucing serta anjing adalah hewan terapi karena mereka menyediakan kebutuhan umum manusia, yaitu kasih sayang.

Selain rasa stres yang hilang, binatang berbulu juga efektif untuk mengobati rasa kesepian kamu dan meringankan beban hidup yang saat ini kamu rasakan!

2. Mandi Dengan Air Panas

cara menghilangkan stres air hangat

Peneliti dari Swedia mengeluarkan publikasi dalam International Journal of Management Stress mengenai penanggulangan depresi yang mengungkapkan bahwa air panas mampu menciptakan relaksasi pada tubuh dan merenggangkan otot. Selain itu, air hangat juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan membersihkan pori-pori kulit dari kotoran.

Jika kamu mempunyai bathtub, kamu bisa menuangkan sabun aromaterapi dengan wewangian lavender atau aloe vera. Kedua aroma tersebut terbukti mampu menjadi salah satu cara menghilangkan stres yang bagus!

 

3. Bermain Musik

bermain musik

Nah, yang satu ini merupakan media hiburan untuk sejuta umat. Mengistirahatkan pikiran dan emosi dengan memainkan alat musik adalah salah satu kegiatan yang bisa dibilang sangat menghibur. Mainkan lagu favoritmu dengan alat musik yang bisa dimainkan, niscaya seluruh kejadian tidak mengenakan akan luntur secara perlahan-lahan!

4. Teriak Sekencang Mungkin!

Screaming

Bukan berarti harus di tempat umum, yah! Kamu harus teriak di daerah paling sunyi dan jarang dikunjungi oleh orang-orang, seperti pantai di malam hari misalnya. Setelah kamu menuju ke tempat tertutup, kamu berdiri di pesisir pantai dan teriak sekencang mungkin sampai hati merasa lega

Kalau kamu terlalu segan untuk melakukannya, ada alternatif lain, yaitu menutup muka kamu dengan handuk tebal dan teriak di dalam toilet sekeras mungkin

5. Refleksi

cara menghilangkan stres dengan refleksi

Ini merupakan terapi yang cukup menenangkan. Setelah seharian melewati hari-hari penat, tidak salahnya untuk segera melakukan relaksasi, yaitu menuju tempat pemijatan kaki atau biasa disebut dengan refleksi.

Dengan refleksi ini, kamu tidak hanya menghilangkan stres saja, tetapi sekaligus menyehatkan tubuh, lho! Karena telapak kaki mempunyai titik saraf yang terhubung dengan indera dan organ manusia!

6. Olahraga

berolahraga

Jangan malas! Sudah saatnya kamu harus membuang seluruh energi negatif pada dirimu dengan aktif berolahraga. Hasil studi dari Amerika Serikat menjelaskan bahwa stres juga memicu obesitas dan diabetes, lho!

Tidak harus lari, kamu bisa jalan cepat pada sore hari! Kalau boleh saran, kamu bisa ikut kelas muay thai atau angkat beban. Setelah berolahraga, pikiran akan kembali fresh serta mood kamu akan membaik!

7. Nonton Acara Komedi

OVJ Lenong lawak

Kata orang, komedi adalah obat untuk hati yang kesepian dan terluka. Nah, coba sekali-sekali kamu pergi ke bioskop untuk menonton film bertemakan lawak atau streaming YouTube ke acara lawak tunggal yang juga dikenal sebagai stand up comedy

8. Minum Kopi

cara menghilangkan stres dengan kopi

Kehadiran kopi di masyarakat merupakan sebuah harta karun. Kopi tidak hanya menjadi teman kesendirian, tetapi juga sekaligus menjadi salah satu cara menghilangkan stres yang manjur! Perlu diketahui, satu persen dari kafein kopi mampu membakar lemak dan aroma kopi yang nikmat bisa menenangkan pikiran! Jika ada kafe terdekat, kamu boleh beli satu gelas kopi untuk hari yang lebih baik!

9. Main games

video game

Ini juga media penghilang stres yang ampuh, dikarenakan kamu akan diajak masuk ke dunia virtual untuk menghilang sejenak dari masalah nyata. Kamu bisa pilih game kesukaan kamu dan bermain sepuasnya!

Tak selamanya games itu tidak sehat, bila ingin melatih otak dan ketajaman insting, permainan papan seperti catur, mahjong, dan otello adalah sarana permainan yang bagus!

10. Minum Air Putih Yang Banyak

Drinking water

Umumnya, kamu stres juga karena kekurangan air. Ingat, tubuh manusia itu 80% mengandung air. Selain mengurangi stres, air juga berfungsi untuk memperlancar peraliran darah. Tidak hanya itu, air putih juga bisa mengurangi kadar lemak karena merupakan detoksifikasi alamiah!

11. Meditasi

cara menghilangkan stres dengan meditasi

Sekali-kali coba kamu berada di ruangan hening nan sejuk sambil duduk bersila dan pejamkan mata kamu. Sambil memejamkan mata, kamu sadari sekelilingmu dengan menggunakan keempat indera lainnya seperti kulit, hidung, mulut dan telinga. Teknik meditasi ini merupakan cara biksu di Tibet untuk menenangkan pikiran.

Perlu diketahui, teknik meditasi ini merupakan ajaran salah satu guru besar Buddha di Tibet, Mingyur Rinpoche.

12. Pergi Ke Taman

jalan sore di taman

Dengan mengelilingi lahan hijau, kamu tidak hanya menghibur diri sendiri, tetapi sekaligus merasakan kesejukan di balik rindangnya pohon. Jika kamu sedang bosan di rumah, bisa mampir ke taman terdekat, nih!

13. Beribadah

Berdoa

Aktivitas satu ini memang merupakan suatu kewajiban sebagai umat manusia. Sisihkan waktumu untuk berdoa agar kamu bisa menghadapi hari-hari selanjutnya! Pastinya akan membantu meneduhkan hati kamu, kok!

14. Konsultasi ke Psikolog

Konsultasi psikologi

Jika kamu ingin curhat kehidupan secara rahasia dan tidak ingin diumbar, kamu bisa mendaftarkan diri ke psikolog untuk menjelaskan problematika yang sedang kamu hadapi. Tidak usah ragu untuk datang, sangat normal bila orang ingin membutuhkan pertolongan!

Namun, kalau kondisi masih belum pulih seperti semula, coba kamu hubungi psikiater yang bisa menolong kamu. Tidak usah ragu!

Seluruh kegiatan di atas merupakan pengalaman orang-orang, termasuk penulis, dalam menemukan cara menghilangkan stres yang bisa dicoba. Kita pasti bisa melaluinya bersama-sama dengan niat serta doa, khususnya yang sedang jauh dari orang tua.

Macet juga menjadi faktor pemicu stres pada diri manusia, apalagi Kota Jakarta yang terkenal dengan kemacetannya. Ada baiknya Anda mencari hunian yang dekat kantor agar tidak terjebak macet dan satu faktor stress berkurang. Tinggal di apartemen dekat kantor bisa menjadi pilihan. Kebetulan website Jendela360 menawarkan apartemen yang sangat cocok untuk kamu sewa, tidak hanya dekat dengan tempat beraktivitas namun juga nyaman untuk dihuni!