Kehadiran semut di rumah bisa sangat mengganggu bukan hanya Anda namun juga anggota keluarga Anda lainnya. Oleh karena itu, jika ada kelompok semut yang bersarang di hunian Anda, akan lebih baik untuk segera mengusirnya sebelum mereka bertambah banyak.

Berikut adalah 10 cara mengusir semut keluar dari hunian Anda:

1. Pencegahan

cara mengusir semut paling ampuh
Sumber: terminix.com

Cara terbaik mengusir semut adalah dengan mencegah mereka dari memasuki hunian Anda. Semut berukuran sangat kecil dan dapat menemukan ribuan pintu yang bahkan tidak Anda ketahui.

Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda harus menghindari apapun yang bisa membuat semut suka berada di hunian Anda, seperti menjaga kebersihan misalnya.

2. Dempul

Sebagai bentuk pencegahan lainnya, Anda juga bisa coba menutup hunian Anda dengan mendempul jendela, pintu, dan celah apa pun yang bisa dilalui semut. Ini juga akan memberi Anda kontrol suhu yang lebih baik dan tagihan energi yang lebih rendah.

Ini juga cara mengusir semut yang paling aman jika Anda memiliki anak atau hewan peliharaan.

Baca juga: 6 Tips Mengusir Serangga Bandel di Apartemen

3. Cuka

cara mengusir semut dengan cuka
Sumber: thekitchn.com

Cuka bisa menjadi cara mengusir semut selanjutnya. Bersihkan permukaan di hunian Anda dengan campuran cuka putih dan air. Cuka bisa bekerja sebagai cara mengusir semut karena semut membenci baunya dan cuka menghilangkan jejak aroma yang mereka gunakan untuk berjalan di hunian Anda.

Selain sebagai cairan pengusir semut, campuran ini juga bagus untuk digunakan sebagai pembersihan secara umum yang jauh lebih alami untuk menggantikan cairan pembersih yang bisa menyebabkan polusi fosfor.

4. Jus lemon

Sama seperti cuka, jus lemon juga bisa menghancurkan jejak aroma yang diikuti semut. Oleh karena itu, Anda bisa menyemprotkan jus lemon ke tempat yang biasa dilalui semut di hunian Anda.

Dengan begitu, semut tidak akan bisa menemukan jalan yang sama yang biasa mereka lalui dan pada akhirnya pergi dari hunian Anda.

Baca juga: 10 Cara Mengusir Tikus dari Hunian Anda Dengan Ampuh

5. Bumbu dan rempah

cara mengusir semut dengan bumbu rempah rempah
Sumber: hindustantimes.com

Cara mengusir semut masih menggunakan bahan yang bisa Anda temukan di dapur Anda, yaitu bumbu dan rempah. Namun, cara ini juga bertujuan untuk membuat hunian Anda berbau tajam untuk membuat semut sulit menemukan jalan yang biasa mereka lalui.

Bumbu dan rempah yang bisa Anda gunakan seperti lada hitam, cabai rawit, cabai, kayu manis, mint, cabai, cengkeh, bawang putih, atau bumbu dan rempah lainnya yang Anda miliki. Anda juga dapat mencoba menempatkan daun salam di lemari, laci dan wadah lainnya.

6. Bubuk kopi

Kopi juga bisa Anda gunakan sebagai cara mengusir semut karena mereka juga tidak menyukai bau kuat dari kopi. Anda bisa menggunakan bubuk kopi ataupun ampas kopi bekas. Jika Anda tahu dengan tepat dari mana semut masuk ke hunian Anda, Anda bisa menaburkan kopi tersebut di sana.

Baca juga: 10 Jurus Jitu untuk Mengusir Kecoa dari Hunian Anda!

7. Kapur ajaib

Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk mengusir semut adalah dengan menggunakan kapur. Kapur khusus tersebut memang terkenal ampuh untuk mengusir semut dimanapun.

Namun, perlu diketahui bahwa kapur atau serbuk kapur ini bisa berbahaya jika tertelan. Oleh karena itu, jika Anda memiliki anak atau hewan peliharaan, sebaiknya Anda mencari alternatif lain jika jalan masuk semut yang akan Anda gariskan dengan kapur tersebut mudah dijangkau anak dan hewan.

9. Kulit jeruk

Kulit jeruk yang biasanya Anda buang juga bisa digunakan sebagai cara mengusir semut. Itu karena kulit jeruk beracun terhadap jenis jamur yang menjadi makanan dari semut. Dengan menyingkirkan jamur tersebut dari hunian Anda, semut pun tidak akan mencari makan di sana.

10. Sabun cuci piring

Terakhir, sabun cuci piring bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengusir semut selanjutnya. Letakkan garis sabun cuci yang sangat tipis di sekeliling alas, jendela, pintu, dan dimanapun tempat semut suka berkumpul. Atau, Anda juga bisa melarutkan sabun tersebut kemudian menyemprotkan ke area tersebut.

Anda tahu ada cara bagus lainnya untuk menyingkirkan semut? Beritahu kami! Kami selalu mencari kiat serta tips & trik yang akan membantu membuat apartemen Anda terasa seperti rumah.