Dewasa ini, hunian membutuhkan CCTV terbaik untuk menjamin keamanan. Kamera CCTV adalah jawaban bagi mereka yang membutuhkan proteksi lebih, baik personal maupun korporat atau berbagai fasilitas publik. Kehadiran kamera CCTV akan sangat membantu apalagi jika terjadi kejadian yang membutuhkan rekaman untuk mempermudah penjagaan.

Kebutuhan akan kamera pengawas atau CCTV dewasa ini semakin meningkat. Tidak hanya dipasang di tempat-tempat pribadi, kini kamera CCTV juga dapat ditemukan dengan mudah di jalanan kota atau lobby apartemen. Hal ini tentu saja dilakukan untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, serta mengurangi tindak kejahatan.

Dengan kemunculan network camera seperti wireless camera, biaya pemasangan kamera CCTV pun menjadi semakin murah. Meskipun kamera CCTV terkesan sederhana, ternyata banyak jenis kamera CCTV yang beredar di pasaran.

Bagi Anda yang sedang mendambakan sistem keamanan lebih dan tengah mempertimbangkan untuk menggunakan CCTV sebagai penjamin keamanan Anda, berikut akan kami ulas hal-hal seputar CCTV dan jenis-jenis CCTV terbaik yang dapat Anda jadikan referensi lebih lanjut.

Baca juga:Ā 3 Jenis Sistem Keamanan yang Harus Ada di Apartemen Anda

Tips Memilih CCTV dengan Baik dan Benar

cctv terbaik

Pada mulanya CCTV adalah alat monitor pada saat proyek peluncuran roket oleh pihak Angkatan Bersenjata Jerman pada tahun 1942. Produsennya adalah Siemens AG, dengan perancang sistemnya adalah Walter Bruch. Kota pertama yang memasang kamera CCTV adalah Orleans, New York pada tahun 1968.

CCTV dari penemuannya memiliki sejarah panjang dan perluasan nilai guna yang dewasa ini kita kenal banyak digunakan di hunian-hunian untuk kepentingan keamanan. Pada saat ini, bukan hanya kunci atau gembok saja yang penting untuk menjaga keamanan hunian Anda, CCTV juga dapat dijadikan andalan baru.

CCTV yang baik adalah CCTV yang memiliki nilai guna tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan keamanan dari pemilik. Anda tidak boleh sembarangan memilih jenis CCTV, karena walaupun bentuk CCTV pada umumnya memiliki kesamaan, kegunaan dan ranah cakupan dari CCTV sendiri berbeda-beda. Berikut beberapa tips bagi Anda untuk memilih CCTV terbaik bagi hunian Anda.

Baca juga:Ā 6 Fasilitas Wajib yang Harus Ada di Apartemen

1. Perhatikan Tempat dan Waktu Pengawasan

Sebelum membeli suatu CCTV, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui jenis dan kapasitas dari barang yang akan Anda beli. Jenis-jenis CCTV yang berbeda tidak hanya dibuat karena berasal dari merk yang berbeda, namun dari segi kegunaannya sendiri memiliki perbedaan.

Misalnya untuk pemasangan di luar ruangan, Anda sebaiknya memilih kamera CCTV khusu untuk pemakaian luar ruangan yang unggul di sisi daya tahan kamera. Ada baiknya juga bila Anda memilih kamera yang memiliki sertifikat internasional dalam hal ketahanan terhadap debu dan air.

Selain tempat pemasangan, waktu pengawasan CCTV juga menjadi aspek penting dalam memilih jenis CCTV. Bila CCTV untuk mengawasi saat malam hari, ada baiknya untuk memilih CCTV yang dilengkapi fungsi menangkap gambar dalam kondisi gelap untuk hasil terbaik.

 

2. Fungsi yang Sesuai dengan Tujuan Penggunaan

cctv terbaik

Bila Anda telah mengetahui tujuan pemasangan, waktu maupun tempatnya, langkah selanjutnya adalah memastikan apakah produk CCTV dilengkapi fungsi yang mendukung tujuan tersebut atau tidak.

Fungsi dari CCTV bermacam-macam, seperti ketentuan jumlah pikselnya, warna yang dihasilkan (hitam putih atau berwarna), ada tidaknya fungsi perekaman, ada tidaknya fungsi backlight, sampai fungsi pantauan jarak jauh. Sebagai alat elektronik, spesifikasi dari CCTV dan juga kualitas gambar yang dihasilkan harus sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda tidak boleh asal memilih, dan sangat penting untuk mengecek apakah produk yang Anda pilih telah dilengkapi fungsi yang tepat sesuai dengan waktu, lingkungan, dan luas area yang ingin diawasi. Bila salah pilih, pengawasan CCTV di tempat dan waktu tertentu tidak akan maksimal, yang akan membuat keamanan Anda tidak terjamin.

 

3. Perbandingan Harga dan Kualitas CCTV

Meskipun kata CCTV bisa diucapkan hanya dengan sepatah kata, CCTV memiliki banyak variasi harga, tergantung dari fungsinya. Bila Anda hanya berpikir dari segi harga saja, mungkin Anda akan mendapatkan produk dengan fungsi yang minim. Itu artinya, manfaat pengawasan yang Anda dapatkan juga rendah.

Setelah Anda berhasil menemukan CCTV yang kira-kira cocok dengan Anda, coba pikirkan sebentar tentang aspek value for money CCTV tersebut. Jika memang barang yang Anda incar dan sesuai spesifikasinya memang sebanding dengan harga dan kegunaan nantinya, CCTV boleh diangkut. Namun jika Anda masih merasa tidak sebanding, gunakan waktu untuk memilih kembali.

Baca juga:Ā 9 Tips Menjaga Apartemen Agar Tetap Aman Meski Bepergian

10 Rekomendasi CCTV Terbaik Untuk Menjamin Keamanan Hunian Anda

Setelah mengetahui tips-tips untuk memilih CCTV terbaik, berikut ada 10 produk CCTV terbaik yang dapat Anda jadikan referensi lebih lanjut dalam memilih CCTV yang paling tepat bagi hunian Anda.

1. Vstarcam C7823WIP

cctv terbaik

Kamera CCTV ini dapat berputar secara horizontal hingga 270 derajat, dan secara vertikal hingga 70 derajat, sehingga sudut pandangnya luas dan dapat difokuskan ke area/tempat yang Anda minati. Dilengkapi dengan LED infra merah, saat gelap sekalipun gambar yang dihasilkan tetap jelas dan tajam.

Mengatur CCTV ini juga tergolong mudah, bahkan untuk Anda yang belum pernah menggunakan kamera CCTV sekalipun. Produk ini juga dilengkapi dengan fitur speaker, sehingga Anda bisa mendengar suara yang dihasilkan di sekitar kamera, maupun berkomunikasi langsung melalui smartphone. C7823WIP juga dilengkapi dengan fitur alarm yang dapat meningkatkan kewaspadaan Anda.

Harga mulai Rp. 1.161.000

 

2. Smart Onvif Mini Wireless IP CCTV Camera

Bagi Anda yang secara khusus ingin memastikan keamanan dan memonitor kondisi anggota keluarga yang masih muda (bayi, balita) maupun yang sudah berusia lanjut, kamera wireless ini merupakan pilihan yang cocok. Termasuk untuk Anda yang memiliki hewan peliharaan, Anda tidak perlu khawatir akan kondisi hewan kesayangan Anda saat bepergian.

Gambar HD yang dihasilkan dengan optical filter switcher dan 3D noise reduction memastikan kualitas gambar yang tajam, baik siang maupun malam hari. Fitur uniknya adalah multi-user, dimana beberapa orang dapat melakukan pemantauan dari smartphone masing-masing secara bersamaan.

Harga mulai Rp. 500.000

 

3. Infinity Camera CCTV TS-63

cctv terbaik

Infinity TS-63 merupakan kamera berbentuk lonjong yang dibekali infra merah dengan jangkauan hingga 20 meter. Kamera ini menggunakan chipset berkualitas tinggi keluaran Sony, super HAD2 dengan resolusi mencapai 800 TVL. Bahan luarnya terbuat dari material tahan air dan tahan sabotase (vandalproof) sehingga cocok untuk digunakan di luar ruangan.

Anda dapat menempatkan CCTV ini di halaman rumah, area parkir rumah, area di luar pagar rumah, untuk memonitor kondisi di luar dan sekitar rumah Anda. Dengan sinar infra merahnya, maka pengawasan pada malam hari pun menjadi maksimal.

Harga mulai Rp. 765.000

 

4. Panasonic Dome Fix CV-CFN103L

CCTV Panasonic ini dilengkapi dengan Infrared Cut Filter Removal (ICR), yang memaksimalkan kualitas gambar baik di siang maupun malam hari, karena sensitivitas cahayanya menjadi lebih baik. Adanya auto white balance juga menjamin gambar hitam putih yang dihasilkan akan tampak bagus, tanpa perlu penyesuaian lagi (misalnya penyesuaian dari malam ke siang hari).

Panasonic Dome Fix CV-CFN103L dapat melihat objek dengan jarak efektif 20 meter melalui lensa berukuran 3.6 mm. Pengamatan secara real-time dapat dilakukan dengan kecepatan tinggi, dari jarak jauh sekalipun, dengan kualitas 720p 25fps (PAL) atau 30fps (NTSC). Produk ini sesuai untuk Anda yang perlu mengawasi ruangan dalam rumah Anda secara real-time, saat Anda bekerja atau saat liburan.

Harga mulai Rp. 530.000

 

5. Dahua HAC-HDBW1100R-VF

cctv terbaik

CCTV yang satu ini terbuat dari material plastic yang tahan air dan panas. Kualitas gambar yang dihasilkan juga sangat baik (720p, 30fps), membuat hasil sorotan yang ditampilkan tampak jelas dan tidak blur. Keunggulan lain kamera ini adalah pada kemampuan sorotnya, kamera ini mampu mengambil gambar dengan jarak lebih jauh dibandingkan dengan pesaingnya, yaitu hingga 30 m.

Selain itu, kamera ini dilengkapi pula dengan perlindungan dust proof dan waterproof IP67, menjamin ketahanan kamera CCTV ini. Dengan tipe low light IR, tentunya kamera indoor ini juga dapat digunakan dalam gelap sekalipun.

Harga mulai Rp. 665.000

 

6. Avtech DG103

Produk Avtech yang satu ini merupakan CCTV yang didesain khusus untuk digunakan di dalam ruangan. Avtech sendiri bukanlah nama yang asing bagi pasar CCTV di Indonesia karena sangat dianjurkan oleh beberapa seller karena fungsinya yang baik dengan harga yang ekonomis. Mengusung resolusi kamera 2MP, CCTV ini mampu menghasilkan gambar HD yang jelas terlihat.

Keuntungan yang ada pada CCTV analog ini adalah kualitas video yang dihasilkan memiliki resolusi mencapai resolusi 720P x 1080P, yang membuat kualitas gambarnya tetap terjaga meskipun menggunakan sambungan kabel panjang. Inilah pilihan untuk Anda yang ingin gambar dengan resolusi tinggi, untuk pengamatan indoor.

Harga mulai Rp. 324.000

 

7. Infinity X33

cctv terbaik

Infinity menawarkan CCTV berkualitas dengan harga menawan, Infinity X33. CCTV ini bisa Anda gunakan siang atau malam selama 24 jam. Resolusinya 700 TVL, dengan sensor gambar berukuran 1/3″ superHAD2 dari pabrikan sensor image ternama, Sony.

Untuk ketajaman gambar di malam hari, Infinity X33 dilengkapi sensor infra merah dengan jarak jangkau efektif 20 m, dengan fitur Smart IR High Dynamic Range. Bentuk bullet silindernya sangat estetis dan elegan.

Harga mulai Rp. 450.000

 

8. Dahua HAC-HFW1100R

Dahua CCTV HDCVI (HAC-HFW1100R) merupakan produk CCTV berkualitas dengan harga terjangkau dari produsen terkemuka CCTV China, Dahua. CCTV ini memiliki resolusi pixel efektif 1280 (H)Ɨ720(V), tingkat cahaya minimum untuk beroperasi normal adalah 0.05 Lux/F1.6 (0 Lux jika IR on).

Mode siang-malam pada CCTV ini bisa diatur secara otomatis, sementara itu jangkauan efektif sensor IR-nya adalah 20 m, dan jarak transmisi efektifnya lebih dari 800 m melalui kabel koaksial 75-3.

Harga mulai Rp. 172.000

 

9. Xiaomi Mijia Da Fang 1080

cctv terbaik

Mijia Da Fang 1080 memiliki kamera yang mampu merekam gambar dengan resolusi 1080p. Lensanya dapat berputar, namun hanya memiliki pandangan 120 derajat sehingga memerlukan beberapa detik lebih lama untuk mengambil gambar 360 derajat.

Fitur yang ada di dalamnya adalah night vision untuk menangkap gambar ketika gelap serta memiliki sensor suara, gerak, dan asap. Ada dua mode penyimpanan video, yaitu melalui SD card dan USB flashdisk. Anda juga bisa berbagi hasil rekaman ke pengguna lainnya melalui aplikasi Mijia.

Harga mulai Rp. 550.000

 

10. Sricam SP009 Indoor CCTV

Keunggulan utama Sricam Indoor mini IP Cam mengadopsi fitur P2P (plug and play) untuk pengoperasian yang mudah dengan integrasi melalui smartphone. Bekerja dengan prosesor Hass Chip yang tinggi dan lensa HD untuk tampilan gambar lebih halus.

Sistem pada kamera ini akan membaca pergerakan atau suara, dan mengirimkan pesan peringatan secara otomatis ke ponsel, sehingga Anda dapat segera melakukan tindakan yang tepat.

Harga mulai Rp. 684.000

 

11. 360Ā° Panoramic Camera Bulb

cctv terbaik

Seperti namanya, bentuk kamera CCTV yang satu ini mirip dengan bohlam lampu. Namun, bukan hanya bentuknya saja yang mirip dengan bohlam lampu. CCTV 360 VR Panoramic Camera Bulb juga dapat berfungsi sebagai lampu sebenarnya. Jadi, tidak hanya mengawasi ruangan, tetapi juga dapat berfungsi sebagai penerang.

Kualitas gambar yang dihasilkan HD 1080 yang dapat menjangkau sudut pandang hingga 360 derajat. CCTV ini cocok untuk digunakan mengawasi di dalam rumah.

Harga mulaiĀ Rp. 183.000

12. Xiaomi Mi 360Ā°

Fitur sudut pandang 360 derajat juga dimiliki oleh Xiaomi Mi 360. Teknologi 2K ultra clear HD yang dimiliki Xiaomi Mi 360 memungkinkannya untuk dapat mengambil gambar secara baik meski dalam pencahayaan yang sedikit.

Kamera CCTV ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi AI Face Recognition. Selain itu, CCTV ini juga mendukung panggilan suara dua arah yang real time.

Harga mulaiĀ Rp. 350.000

 

13. Panasonic IP Camera K-EF134L01E

cctv terbaik

Jika Anda mencari CCTV yang tahan diterjang cuaca Indonesia yang berganti-ganti, mungkin Anda bisa mencoba Panasonic IP Camera K-EF134L01E. Panasonic sudah terkenal dengan kualitas barang-barang elektroniknya. CCTV dari brand ini pun tidak kalah berkualitas.

Kamera CCTV ini memiliki kualitas gambar 720p dengan jarak pandang hingga 20 meter. Ketahanan kamera CCTV ini terhadap lingkungan luar didukung dengan fitur waterproof yang dimilikinya. Sehingga, kamera ini cocok untuk diletakan di luar rumah.

Harga mulaiĀ Rp. 2.950.000

 

14. Panasonic IP Camera K-EW114L06E

Satu lagi kamera CCTV dari brand Panasonic, yaitu Panasonic IP Camera K-EW114L06E. Kamera CCTV ini memiliki jarak fokus hingga 30 meter. Dilengkapi dengan image sensor 1/3 type 1.3 MP progressive scan CMOS sensor.

Sama seperti seri yang disebutkan sebelumnya, seri kamera CCTV Panasonic yang satu ini juga memiliki fitur waterproof dan tahan dalam kondisi cuaca apapun. Sehingga, cocok untuk digunakan sebagai kamera CCTV outdoor.

Harga mulaiĀ Rp. 2.340.000

 

15. Hikvision IP Camera DS-2CD2942F-IS

Hikvision IP Camera DS-2CD2942F-IS memiliki sudut pandang 180 derajat. Kamera CCTV ini dapat menghasilkan gambar yang detail dengan resolusi 4 MP kualitas full HD 1080p. Dalam kondisi cahaya yang sedikit pun, performa kamera CCTV ini tetap baik.

Harga mulaiĀ Rp. 3.038.000

 

16. Escam QD420

ESCAM QD420 memiliki sensor CMOS yang dapat menghasilkan kualitas gambar yang tinggi. Kamera CCTV ini juga memiliki fitur Ultra Clear Nightvision yang memungkinkannya untuk dapat melakukan pengawasan bahkan ketika malam hari.

Motion Detector pada kamera ini juga dapat membantu menambah pengamanan dengan mendeteksi ketika adanya gerakan yang tertangkap kamera. Fitur Onfiv kamera ini membuat Anda dapat melakukan monitoring dari handphone secara langsung.

Harga mulai Rp. 1.200.000

 

17. Bardi Smart Outdoor Static IP Camera

Bardi Smart Outdoor IP Camera dibuat dengan bahan yang tahan terhadap cuaca. Alumunium premium yang menjadi lapisannya membuat kamera CCTV ini dapat bertahan lama ketika digunakan di luar ruangan.

Kamera CCTV ini dilengkapi infrared dalam membantu penglihatan pada saat malam hari. Fitur motion detector kamera ini memungkinkannya mendeteksi gerakan yang tertangkap kamera. Bardi Smart Outdoor IP Camera juga dilengkapi dengan suara dua arah.

Harga mulaiĀ Rp. 395.000

 

18. Vimtag Starlight Outdoor B4

cctv terbaik

Sesuai dengan namanya, Vimtag Starlight Outdoor B4 memang dirancang sebagai kamera CCTV di luar ruangan. Kamera CCTV yang waterproof ini memiliki jarak pandang hingga 30 meter. Kualitas gambar yang dihasilkan full HD 1080p sehingga memiliki gambar yang detail.

Vimtag Starlight Outdoor B4 juga dilengkapi dengan fitur motion detector, audio dua arah, dan penglihatan malam hari yang baik.

Harga mulaiĀ Rp. 599.000

 

19. D-Link DCS-5222L

cctv terbaik

D-Link DCS 522L memiliki fitur tolt dan zoom dengan kualitas HD 720p sehingga memungkinkan Anda untuk melihat hasil gambar yang lebih jelas. Fitur night vision kamera CCTV ini membuatnya dapat melakukan performa yang baik pada saat malam hari.

D-Link DCS 522L dapat terhubung dengan WiFi rumah sehingga Anda dapat memonitor kamera CCTV tanpa terhubung dengan kabel.

Harga mulaiĀ Rp. 1.733.000

 

20. Upupin 3MP Full HD Outdoor WiFi CCTV IP Camera

Jika Anda mencari kamera CCTV dengan jarak pandang yang jauh, kamera CCTV dari Upupin ini bisa menjadi pertimbangan. Upupin 3MP Outdoor CCTV memiliki jarak pandang hingga 50 meter. Kamera ini lengkap juga dengan motion detector dan night vision.

 

Kesimpulan

Seiring berkembangnya inovasi teknologi, CCTV juga mengalami perkembangan mulai dari fitur hingga kegunaannya. Berkembangnya fitur-fitur di CCTV tidak berarti membuat seluruh produk CCTV menjadi lebih mahal. Beberapa merk mematok harga CCTV terbaik yang tidak tinggi namun fitur yang ditawarkan tergolong lengkap.

CCTV memang menjadi jawaban baru untuk menjamin keamanan hunian Anda ditengah meningkatnya angka kriminalitas di Indonesia. Hunian seperti apartemen sendiri sudah hampir seluruhnya menggunakan CCTV sebagai penjamin keamanan penghuninya.

Anda bisa melihat apartemen-apartemen mana yang telah dilengkapi di situs Jendela360. Apartemen di Jendela360 menawarkan tingkat keamanan yang tinggi dengan pengawasan CCTV terbaik untuk menjamin kamanan penghuni. Ayo kunjungi sekarang!