Ketika merancang desain eksterior rumah, ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. Yang utama tentu desain harus sesuai dengan iklim tempat rumah itu berdiri. Rumah harus tahan dari cuaca buruk, sinar matahari dan mampu memberikan kesejukan serta kenyamanan bagi penghuninya.

Selain itu, hal lain yang tidak kalah penting dari merancang desain eksterior rumah adalah aspek estetika. Siapa yang mau berkunjung ke rumah yang eksteriornya membosankan? Memilih desain eksterior yang sesuai selera Anda bisa menjadi pekerjaan sulit, karena banyaknya pilihan di luar sana.

Butuh inspirasi? Berikut adalah ide desain eksterior untuk berbagai tipe rumah.

1. Desain Rumah Minimalis dengan Dinding Kaca

Jika Anda berencana untuk merancang rumah minimalis, desain eksterior yang menggunakan elemen kaca di bagian fasadnya bisa Anda coba. Penggunaan kaca di kulit terluar rumah memberikan dua manfaat sekaligus.

Pertama, sinar matahari lebih mudah masuk ke dalam rumah, sehingga kondisi di dalam ruangan terlihat cerah, tanpa harus menggunakan cahaya buatan. Kedua, penghuni dapat menikmati pemandangan di sekeliling rumah dengan leluasa. Seolah tidak ada sekat antara dunia luar dan rumah Anda.

Desain eksterior seperti ini sangat cocok diterapkan untuk rumah-rumah yang terletak di lingkungan sepi, dengan pemandangan luar biasa. Jika Anda menginginkan sedikit privasi, pasangkan tirai pada kaca yang dapat ditutup dan dibuka kapan saja.

2. Desain Geometris Bertumpuk

Jika Anda ingin menampilkan eksterior rumah secara futuristik, namun sederhana, Anda dapat mencoba gaya desain eksterior yang satu ini. Kuncinya adalah menumpuk dua bentuk geometris dalam satu rumah.

Agar lebih terlihat, Anda dapat menciptakan kontras dengan membedakan warna antara lantai satu dengan lantai dua, seperti pada contoh di atas.

3. Desain Hitam Elegan

desain eksterior rumah

Warna hitam memang tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai interior rumah, karena bisa menciptakan kesan sempit. Sebaliknya, warna hitam cocok digunakan untuk melapisi eksterior rumah karena bisa menciptakan kesan elegan.

Citra elegan akan semakin nampak ketika Anda memadukan warna hitam dengan warna kuning emas dari cahaya lampu. Mirip dengan kabin-kabin di tengah hutan yang biasa ada di film barat.

4. Warna Hijau yang Menyatu dengan Alam

Buat eksterior rumah Anda lebih menyatu dengan alam, dengan cara menambahkan tumbuhan rambat pada bagian fasad bangunan.

Tumbuhan rambat semacam ini dapat menciptakan kesan sejuk bagi penghuni rumah. Penggunannya cocok untuk negara-negara tropis seperti Indonesia, karena dapat mereduksi panas. Selain itu, dari segi tampilan juga menarik, karena berbeda dari rumah-rumah sekitarnya.

5. Rumah dengan Desain Diagonal

desain eksterior rumah

Desain eksterior rumah tidak harus tersusun atas garis-garis vertikal dan horizontal saja. Anda dapat bereksperimen dengan unsur geometris lainnya, termasuk garis diagonal.

Contohnya adalah desain di atas, yang memadukan garis-garis diagonal pada penyangga patio dan atapnya. Aturan ditabrak, namun tampilan rumah tetap estetis di mata.

6. Gabungan Material Kayu dan Batu

Elemen kayu dan batu banyak dimanfaatkan untuk bagian dalam rumah. Keduanya terbukti mampu membuat suasana semakin sejuk dan nyaman.

Anda juga bisa lho memanfaatkan kedua elemen ini untuk desain eksterior. Misalnya menempatkan susunan batu alam di bawah dinding dan susunan papan kayu di bagian atasnya. Ide ini cocok diterapkan untuk rumah-rumah yang dikelilingi oleh lingkungan asri. Jadi rumah akan terlihat menyatu dengan alam.

7. Menonjolkan Unsur Geometris Tertentu

Daripada menggunakan begitu banyak unsur geometris, Anda dapat bereksperimen untuk menonjolkan satu unsur saja. Misalnya elemen kubus.

Buat kubus yang menjorok ke depan. Ciptakan efek menggantung, dengan memberi jarak antara kubus dengan elemen arsitektur lainnya. Dan voila! Anda telah memiliki rumah dengan fitur unik yang bisa dikenali dari kejauhan.

8. Halaman Hijau untuk Desain Eksterior Rumah Tipe 36

Banyak orang sulit membedakan desain eksterior rumah tipe 36, karena biasanya pengembang membangunnya secara seragam. Buat rumah Anda terlihat menonjol dari rumah di sekitar dengan memanfaatkan halaman hijau yang ada di depan rumah

Anda bisa mulai dengan menanam tumbuhan hias dengan bermacam-macam warna. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menanam pohon setinggi satu meter, untuk mempercantik eksterior rumah.

Namun ingat, jangan terlalu tinggi. Tanaman-tanaman ini bisa menutupi fasad rumah, dan jarak pandang dari dalam bisa terganggu karenanya.

Baca juga: 7 Tanaman Apotik Hidup yang Bisa Ditanam di Rumah

 9. Aksen Batu Pada Desain Eksterior Rumah Tipe 45

Kebanyakan rumah tipe 45 saat ini memiliki eksterior dengan warna monokrom. Jika Anda ingin variasi, Anda dapat menambahkan aksen batu alam pada bagian dinding rumah.

Supaya tidak terlihat berlebihan dalam penggarapannya, Anda dapat menambahkan aksen batu ini secara vertikal dengan lebar sekitar setengah sampai satu meter.

10. Tema Klasik untuk Mansion

Jika Anda berencana untuk membangun rumah megah atau mansion, desain eksterior yang paling cocok untuk diterapkan adalah gaya klasik. Gaya klasik Eropa biasanya merujuk pada unsur-unsur budaya Yunani.

Oleh karena itu, gaya klasik rumah yang ada sampai saat ini juga masih mengadopsi unsur-unsur arsitektur kebudayaan tersebut. Misalnya saja kolom-kolom pilaster dan cornice atau pelipit yang umum ditemukan pada rumah bergaya klasik.

Untuk memperoleh kesan yang lebih megah lagi, Anda dapat menggunakan jendela-jendela tinggi dan ornamen-ornamen raya di bagian atas dinding. Warna-warna yang digunakan biasanya tidak jauh dari putih, krem dan abu-abu.

11. Exposed Brick untuk Desain Industrial

desain eksterior rumah

Pernah terpikir untuk menggabungkan unsur tradisional bangunan dengan gaya modern? Jika belum, cobalah bereksperimen dengan exposed brick, atau bata telanjang.

Elemen ini sangat ampuh dalam menciptakan kesan industrial pada bangunan. Penggunaan bata telanjang dengan tekstur yang berbeda-beda dalam satu rumah akan menciptakan efek yang lebih menawan lagi.

Baca juga: 6 Ide dan Inspirasi Industrial Design Interior di Rumah

12. Desain Terbuka untuk Rumah Futuristik

Desain futuristik tidak melulu dapat diciptakan dari elemen-elemen yang bertabrakan. Konsep sesederhana ruang terbuka juga bisa menciptakan kesan futuristik.

Contoh di atas dapat menjadi inspirasi Anda. Eksterior rumah hanya menggabungkan dua warna, abu-abu dan putih, namun tetap terlihat elegan. Lantai duanya dibuat seolah mengambang, dengan cara ditampilkan menjorok ke luar dan tidak dibatasi dengan sekat yang jelas.

Baca juga: 6 Tips dan Trik Membuat Roof Garden Sendiri di Rumah

13. Desain Rumah Layaknya Kepingan Puzzle

desain eksterior rumah

Jika Anda ingin membawa bentuk geometris ke tahap selanjutnya, Anda dapat mencoba ide desain yang satu ini. Unsur-unsur balok dibuat saling mengunci layaknya kepingan puzzle.

Aksen batu di bagian bawah menciptakan kontras pada bangunan rumah. Eksterior unik yang jarang terpikirkan.

14. Bereksperimen dengan Volume

Untuk dapat menciptakan volume yang berbeda-beda dalam satu rumah, diperlukan bentuk, ukuran dan warna yang berbeda juga. Kubus dipilih karena mampu menampilkan volume dengan lebih jelas.

Lapisi kubus dengan warna cat yang berbeda. Bermain-mainlah dengan tekstur, dan ciptakan kontras yang lebih elegan lagi.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai ide desain eksterior rumah yang mungkin sesuai selera Anda. Sudah dapat inspirasi untuk desain rumah Anda? Perlu diingat, pemilihan desain eksterior rumah harus disesuaikan dengan faktor-faktor lain, seperti lingkungan, material yang digunakan, kemiringan lahan, dll. Anda dapat berkonsultasi dengan arsitek untuk mengatasi hal ini.