Desain interior gaya rustic menjadi semakin populer beberapa waktu belakangan karena style ini menggabungkan dua hal yang banyak orang sukai, yaitu simpel dan modern. Tapi mendesain interior gaya rustic punya tantangan tersendiri. Desain ini tidak terlihat terlalu girly tapi juga tidak menonjolkan kesan maskulin.

Berikut ini beberapa elemen penting yang dibutuhkan untuk menciptakan apartemen dengan desain interior gaya rustic.

Palet warna yang netral

Gaya rustic kontemporer biasanya tidak menggunakan warna bold atau mencolok. Karena style ini biasanya mengambil inspirasi dari warna kayu dan alam. Desain rustic sangat mengedepankan warna netral. Ruangan bertema rustic biasanya menggunakan warna coklat, nude, putih, dan hitam. Meski bisa saja ada tampilan warna berbeda untuk menambahkan elemen menarik pada ruangan, tapi warna yang digunakan tetap memberi kesan tenang, seperti warna soft blue.

Material kain

Desain rustic menciptakan suasana ruangan yang hangat dan intim serta nyaman tanpa terkesan berlebihan. Salah satu elemen penting untuk menciptakan kesan ini adalah penggunaan material kain yang nyaman.

Apartemen rustic bisa memanfaatkan kain organik yang polos. Kulit sofa dan kursi serta karpet yang terbuat dari kulit sapi misalnya, bisa Anda gunakan. Atau Anda bisa memanfaatkan selimut, bantal kursi, atau karpet dari material alami lainnya. Tidak hanya terkesan cantik, tapi material ini juga memberi kesan hangat. Semakin terlihat tidak diproses, akan semakin baik. Hanya saja, Anda perlu berhati-hati saat makan dan minum di dekat material alami seperti ini karena bisa menyerap cairan dengan mudah bila Anda menumpahkan minuman.

Photo credit: Google

Arsitektur yang terekspos

Kayu, batu, dan bata adalah beberapa karakter unik dari ruangan bertema rustic. Desain rustic menonjolkan kesan “mentah” dan membawa Anda ke masa dimana rumah dibangun secara manual dengan bahan batu dan kayu.

Anda beruntung bila bisa menemukan apartemen dengan elemen ini, dan Anda harus benar-benar memanfaatkannya. Bila Anda tinggal di apartemen tanpa elemen ini, tetap mungkin memadukannya di dalam furniture dan aksesoris. Tapi ini tergantung seberapa bebas Anda bisa mendekorasi apartemen.

Pajangan tua dan kontemporer

Jenis pajangan yang Anda ingin letakkan pada dinding sangat bergantung pada bagaimana Anda ingin membentuk sebuah ruangan. Style rustic yang kontemporer, adalah perpaduan antara gaya lama dan gaya baru.

Pajangan pada dinding tidak hanya punya unsur estetis, tapi juga membantu menyeimbangkan dekorasi pada ruangan. Apakah furniture Anda lebih moderen? Maka Anda perlu memilih aksesoris yang lebih rustic, termasuk pajangannya. Anda bisa gunakan foto-foto lama, sketsa naturalis, atau semacamnya.

Apakah furniture lebih terkesan vintage dan rustic? Maka Anda bisa gunakan beberapa pajangan moderen, mungkin yang bertema minimalis atau abstrak untuk menciptakan kontras yang tinggi. Anda memang perlu bereksperimen. Cari tahu jenis pajangan apa yang Anda paling sukai dan jenis pelengkap ruangan yang paling tepat.

Baca artikel lainnya tentang apartemen harga kost.

Lampu chandelier yang vintage

Lampu chandelier yang sudah usang bisa jadi tambahan pada area kamar bertema rustic. Anda hanya perlu sedikit membersihkannya dan dekorasi ini siap digunakan. Lampu vintage dengan gaya Victorian menambah kuat kesan rustic pada ruangan.

Penggunaan toples kaca

Toples kaca mudah ditemukan dan harganya murah tapi stylish dan bisa digunakan untuk menciptakan dekorasi rustic. Anda bisa mengubahnya menjadi wadah, dispenser sabun, tempat lilin, gelas, vas bunga, atau Anda bisa gunakan untuk tujuan aslinya, yakni sebagai wadah penyimpan makanan.Tata rak yang berisi bumbu dan makanan kering dalam toples kaca untuk menciptakan focal point di ruangan itu.

Objek organik

Photo credit: Google

Seperti yang telah disebutkan di atas, style rustic sangat berhubungan dengan nuansa alam. Jadi akan sangat masuk akal bila Anda menggunakan dekorasi yang diambil dari alam.

Untungnya Anda bisa temukan banyak aksesoris semacam ini dengan mudah. Anda bisa kumpulkan ranting atau batang pohon yang berjatuhan dan merangkainya menjadi sebuah karya. Anda punya pajangan tanduk? Akan terlihat bagus bila diletakkan di tengah meja makan.

Anda bisa juga gunakan tengkorak binatang untuk ditempatkan di rak buku. Anda bahkan bisa menempelkan cabang pohon pada dinding. Ini adalah cara unik untuk mendekorasi tanpa harus mengeluarkan dana besar. Jika bicara tentang aksesoris pada style rustic kontemporer, ada banyak sekali pilihannya.

Anda tertarik dengan apartemen bertema rustic? Cari apartemen yang anda inginkan dengan cepat dan mudah di Jendela360!