Seiring dengan berkembangnya hunian moderen, pantry menjadi salah satu ruangan penting di dalam rumah. Fungsinya pun sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Pada rumah moderen pantry biasanya disebut juga dengan dapur kecil atau dapur bersih. Fungsinya sebagai tempat untuk mempersiapkan makanan yang telah diolah di dapur kotor ataupun menyajikan makanan cepat saji.

Dengan ruangan yang cukup terbatas dalam hunian modern, anda perlu mempertimbangkan menata ruangan pantry dengan desain minimalis, agar terlihat rapi dan menarik.

Ada beberapa hal mendasar yang perlu diperhatikan untuk memberikan kesan minimalis pada ruang pantry. Yuk simak beberapa tips berikut:

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Balkon Rumah Minimalis Namun Fungsional

1. Penyimpanan Vertikal

Sumber: portlandcloset.com

Dalam konsep hunian minimalis, salah satu aspek penting adalah pemanfaatan ruang. Penggunaan penyimpanan vertikal merupakan salah satu pilihan terbaik dalam memanfaatkan ruang yang terbatas.

Untuk memberikan desain pantry minimalis, penggunaan penyimpanan vertikal berfungsi untuk menyimpan bahan makanan atau barang-barang kerpeluan makan.

Fungsi lain dari penyimpanan vertikal adalah memberikan ruang datar agar dapat dimanfaatkan untuk keperluan furnitur lainnya. Dengan begitu anda dapat menyimpan banyak barang dengan tetap menjaga fungsionalitas ruangan.

2. Kategorikan Barang

Sumber: reddit.com

Tips yang kedua juga tidak kalah penting. Salah satu hal mendasar dari desain minimalis adalah nilai estetika yaitu kerapian ruangan. Semakin rapi ruangan, maka akan terlihat makin sederhana dan minimalis.

Pantry terdiri dari berbagai macam bahan makanan maupun peralatan dapur. Dengan berbagai barang terkumpul dalam satu ruangan, perlu ada pengaturan barang berdasarkan kategori.

Selain untuk mempermudah pencarian, mengkategorikan barang sesuai fungsi dan jenisnya dapat membantu menghemat ruangan, karena barang tertata dengan rapi dan teratur. Anda dapat menggunakanĀ container box untuk menyimpan snack atau rak untuk menyimpan bahan pangan.

3. Simpan Barang yang Tidak Perlu!

Sumber: impressiveinteriordesign.com

Jika anda ingin benar-benar menerapkan desain minimalis pada pantry, tips ketiga merupakan salah satu hal wajib yang harus dilakukan. Menyimpan barang yang tidak perlu dari atas meja pantry dapat menambah kesan bersih pada ruangan.

Biasanya, di ruang pantry terdapat meja dapur untuk mempersiapkan makanan. Tak jarang meja dapur dibiarkan berantakan dengan berbagai barang-barang peralatan dapur yang tidak memiliki tempat.

Sangat disarankan untuk menyimpan barang seperti toples kopi, pisau dapur, ataupun barang dapur lainnya di tempat penyimpanan yang tertutup. Ingat! Hal paling mendasar dari konsep minimalis adalah kerapian dan kesedarahanaan ruangan.

4. Furnitur Multigungsi

Desain Pantry Minimalis

Sumber: 7desainminimalis.com

Jika anda penggemar desain minimalis, tentu anda sudah familiar dengan konsep furnitur multifungsi.

Penggunaan furnitur multifungsi pada desain minimalis selalu menjadi primadona. Selain mampu menghemat ruangan, furnitur multifungsi biasanya memiliki desain modern sehingga menambah kesan apik pada ruangan.

Salah satu contohnya, Jika ruang pantry anda memiliki meja bar, anda dapat menggunakan meja yang memiliki fungsi penyimpanan alat makan. Sehingga anda tidak perlu repot menambahĀ  perabotan baru. Selain itu dapat mempermudah anda mengakses peralatan makan.

5. Aksen Kayu

Sumber: sribu.com

Salah satu hal pendukung desain minimalis adalah penggunaan aksen kayu. Meskipun tidak memerlukan dalam skala besar, penggunaan aksen kayu dapat mempercantik desain ruangan dan memberikan kesan hangat.

Penggunaan aksen kaya pada ruangan pantry bisa menambah kesan natural pada ruangan. Anda dapat menggunakan lemari vertikal berbahan kayu dengan warna yang senada dengan ruangan ataupun aksesoris yang menggunakan bahan dasar kayu.

Selain itu penggunaan aksen kayu sepertiĀ plywood memiliki ketahanan yang kuat di berbagai kondisi suhu ruangan. Selain awet dan mudah ditemukan aksen kayu dapat memberikan kesan yang berkelas dan mewah pada ruangan.

6. Atur Pencahayaan

Desain Pantry Minimalis

Sumber: pinterest.com

Tips keenam seringkali diabaikan dalam pengaturan ruangan terlebih ruangan yang sering digunakan untuk beraktifitas. Sama halnya dengan ruang pantry, ruangan ini akan cukup sering digunakan ketika kita akan menyiapkan makanan ataupun memasak.

Pengaturan cahaya pada ruang pantry dapat dikatakan cukup penting. Hal ini dapat mempengaruhi suasana dalam ruangan dan secara tidak langsung berpengaruh pada mood anda lho!

Baik pencahayaan natural maupun buatan dapat diciptakan untuk memberikan pencahayaan yang maksimal dalam ruang pantry. Jika memilih untuk menggunakaan pencahayaan buatan atau dengan lampu, gunakan warna yang tenang seperti warm white untuk memberikan kesan tenang dan santai saat beraktivitas di pantry.

7. Ruangan Multifungsi

Desain Pantry Minimalis

Sumber: home-designing.com

Tips yang keempat merupakan tips opsional untuk memaksimalkan ruang. Jika ruangan rumah anda sangat terbatas, tips ini mungkin berguna untuk menghemat ruangan.

Anda dapat menggabungkan 3 fungsi ruangan sekaligus dalam satu ruangan. Konsep ini sebetulnya sudah banyak digunakan oleh banyak rumah moderen dengan konsep minimalis. Dengan cara ini anda dapat melakukan banyak hal dalam satu ruangan.

Anda dapat memanfaatkan pantry yang tergabung langsung dengan dapur besar sekaligus ruang makan. Biasanya untuk ruang makan, anda cukup menggunakan meja bar yang simpel untuk 2 atau 3 orang untuk mempertahankan kesan minimalis.

Nah, itu dia tips untuk menata pantry dengan desain minimalis agar terlihat lebih menarik. Anda dapat memadukan berbagai tips di atas untuk mendapatkan desain minimalis yang maksimal.

Jika anda tidak ingin terlalu repot merombak keseluruhan desain ruangan, anda dapat mencoba beberapa tips mudah seperti mengkategorikan barang-barang di pantry dan menyimpan barang yang tidak perlu.

Anda juga dapat membaca artikel tentang tips minimalis lainnya jika tertarik untuk mengaplikasikan desain minimalis pada ruangan lain.

Baca juga:

7 Inspirasi Desain Kamar Tidur Minimalis yang Bikin Betah Seharian!

16 Tips Dekorasi Rumah Minimalis Sebagai Panduan Anda