Mendekorasi ruangan, terutama ruang keluarga, memang sebuah kewajiban supaya ruangan menampilkan estetika yang menarik. Namun, apa yang terjadi bila ruangan yang sudah ditampilkan ternyata dihias dengan berbagai macam furnitur yang besar dan sesak? Tidak menutup kemungkinan akan membuat Anda tidak nyaman.

Banyak di antara orang-orang lebih memilih desain minimalis karena selain untuk mencegah ruangan menjadi penuh, dekorasi minimalis menambahkan nilai tambah dari segi penampilan.

Apa saja yang menyebabkan kreasi ruangan minimalis menjadi bahan referensi baik dari sisi penyewa maupun pembeli? Berikut informasi dibawah ini:

Tidak Boros Biaya

Menyediakan ruangan yang minimalis tentunya tidak akan menguras ongkos dalam dompet kita, lho! Barang-barang yang disediakan untuk tipe desain minimalis tidak begitu mahal seperti karpet bulu, bean bag, cat putih, dan meja kecil.

Daya sewa yang ditawarkan semakin mahal

Ruangan minimalis meskipun terlihat sederhana namun bisa berpotensi untuk disewakan dengan harga tinggi apabila dihias dengan bagus. Khususnya zaman sekarang, interior minimalis menjadi pusat sasaran sewa-menyewa properti dikarenakan kesan plain yang elegan dan atmosfer yang segar.

Kesan elegan dan atmosfer sejuk dari ruang minimalis disebabkan oleh sisa ruang yang tersedia sehingga bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang penting lainnya.

Lebih Mudah Dibersihkan

Percaya atau tidak, semakin sedikit barang yang ditampilkan, maka mendeteksi area berdebu semakin lebih mudah. Sisa-sisa ruangan seringkali bisa menampilkan area kotor dan para penghuni lebih mudah bisa membersihkan tanpa kesulitan bergerak.

Ruangan yang lebih terbuka bisa membantu Anda untuk membersihkan ruangan secara maksimal.

Dari ketiga alasan di atas, memiliki ruangan minimalis menguntungkan secara pengiritan uang dan efektivitas ruangan, terutama ruangan keluarga, tetapi bagaimana untuk memulai dekorasi agar menghasilkan ruangan keluarga minimalis yang menarik? Sebetulnya membuat dekorasi ruang minimalis tidak begitu sulit, hanya sedikit sibuk. Berikut tahap-tahap untuk menghasilkan dekorasi ruangan keluarga minimalis:

Pastikan barang di dalam unit berguna

Perhatikan barang-barang yang ingin Anda masukan ke dalam unit berguna tidak hanya untuk sementara, melainkan bisa berguna selama jangka panjang. Apakah barang-barang yang menurut Anda layak digunakan? Tempat sampah? Lemari Tambahan? Meja Kecil? Atau furnitur bekas?

Bila ada yang tidak terpakai, lebih baik disingkirkan dari kawasan unit Anda mengingat selain hanya memenuhi ruangan, tentunya membuat unit apartemen Anda terkesan jelek di mata tamu yang datang berkunjung.

Baca juga: Ide dan Tips Menyiasati Barang Besar di Hunian Kecil

Gunakan warna dasar

ruang keluarga minimalis

Apa yang dimaksud dengan warna dasar? Warna dasar adalah warna yang bisa menyesuaikan sehingga menghasilkan komposisi yang sinkron terhadap tampilannya. Warna dasar yang cukup ideal dalam menghasilkan desain yang minimalis adalah komposisi putih, hitam, dan krem.

Manfaat dari warna dasar tersebut adalah selain menampilkan kesan yang artistik juga membuat sisi ruangan menjadi luas.

Beli bean bag

 

ruang keluarga minimalis

Kebanyakan orang lebih suka memilih bean bag sebagai pengganti furnitur sofa. Bean bag diciptakan dengan gabus-gabus yang bisa menyesuaikan tubuh sesuai postur selain menghemat biaya. Dengan ini, Anda tidak lagi merasakan pegal dan rematik lantaran furniturnya terlalu keras.

Tambahkan coat hanger

 

Belilah gantungan baju yang bisa dipasang di tembok. Gantungan baju sangat multifungsional terhadap pakaian-pakaian dan parlente seperti topi, jas, dasi, dan ikat pinggang. Idealnya, Anda bisa letakkan di sudut ruang tamu antara kanan atau kiri.

Ini juga menjadi nilai tambah untuk unit Anda sekaligus membuat suasana unit menjadi rapi.

Gunakan fitur kayu sebagai ornamen

ruang keluarga minimalis

Warna krem dari kayu menambahkan kesan yang hidup dan sangat harmonis dengan warna dasar yang ditampilkan putih dan hitam. Anda bisa gunakan fitur kayu di lantai, lemari, atau di sekitaran tembok. Pasti ruangan tamu Anda akan menghantarkan suasana yang hangat.

Tambahkan Tanaman

ruang keluarga minimalis

Bila Anda sudah mendesain ruangan seminimalis mungkin, ada baiknya bila Anda menambahkan tanaman sebagai tambahan utama untuk ruangan Anda. Tujuannya adalah untuk mengurangi udara sesak dan menyejukkan suasana unit yang Anda akan tinggali.

Untuk referensi tanaman, cukup efektif bila Anda membeli jenis tanaman yang dikhususkan untuk dalam ruangan seperti daun lidah buaya, tanaman lavender, bunga mawar, dan pohon kaktus. Anda bisa letakkan di meja tamu atau sudut ruangan.

Memadukan lukisan atau mural sebagai “hiasan” dan membuat ruangan sedikit berwarna

ruang keluarga minimalis

 

Anda bisa kreasikan ruangan yang sesuai dengan selera warna yang ingin Anda sajikan di ruangan tamu dengan menambahkan kreasi lukisan. Lukisan bisa Anda aplikasikan di bingkai dan dipasang di tembok

Fitur lukisan sangatlah berguna untuk menambahkan kesan hidup dari ruangan keluarga dan menambahkan sisi personal.

Menggunakan Dekorasi Beton juga cukup relevan (unpolished concrete room)

ruang keluarga minimalis

 

Latar belakang dengan warna latar beton, yaitu abu-abu, juga menghasilkan ruangan minimalis-industrialis yang elegan dan maskulin Untuk mengkreasikannya, anda hanya perlu mengekspos semen tanpa perlu dicat dengan menambahkan motif kayu tentunya menghasilkan kesan yang sejuk.

Perabotan Skandinavia juga menjadi alternatif untuk desain minimalis

Produk Skandinavia terkenal dengan desain yang unik dan nyaman untuk kalangan masyarakat. Konsep minimalis modern yang dipegang oleh pabrik-pabrik Skandinavia tentunya menciptakan kesan mahal yang tak ternilai.

Anda bisa mencari produk Skandinavia sekitar Jakarta yaitu IKEA, JYSK dan, kalau Anda beruntung, Anda bisa mencari produk Skandinavia di ACE Hardware atau Informa, lho!

Sediakan Karpet Bulu

 

ruang keluarga minimalis

 

Karpet bulu ialah salah satu furnitur yang paling populer bagi kaum pecinta desain minimalis. Karpet bulu tebal bisa Anda cari di toko-toko furnitur manapun, desain yang diberikan juga tidak terlalu mentereng.

Fungsi karpet bulu selain sebagai alas duduk bersebelahan dengan bean bag, karpet bulu bisa membantu untuk meredam suara-suara yang mengganggu seperti gema, suara luar, dan lain-lain

Menciptakan ruang minimalis tentunya menjadi impian semua orang, namun jika ingin menciptakan dekorasi yang sederhana seperti diatas maka Anda harus siap repot.

Tetapi, bagaimana bila Anda ingin mengikuti tips-tips yang diatas namun untuk unit apartemen yang masih non furnished? Anda bisa cari unit non furnished Anda di website Jendela360.com. Jendela360.com adalah website sewa apartemen yang paling terdepan saat ini. Caranya mudah sekali, Anda tinggal masuk ke website Jendela360.com lalu cari unit apartemen yang ingin Anda sewa.

Setelah Anda tahu lokasi apartemen serta kondisi unit apartemen tersebut sesuai dengan kriteria Anda, Anda bisa langsung menelpon pihak customer service Jendela360.com dan dengan senang hati, mereka akan menyusun jadwal kunjungan untuk Anda.

Keunggulan lainnya adalah menggunakan fitur unik yang bernama Jendela360 Virtual Tour, unit apartemen yang ingin Anda sewa menampilkan foto yang bisa berotasi 360 derajat dengan resolusi yang bersih. Tujuan dengan ditampilkannya fitur 360 ini agar Anda bisa meriset unit favorit Anda dari jarak jauh. Tertarik untuk sewa apartemen? Kunjungi Jendela360 sekarang