TOD atau Transit Oriented Develompment merupakan konsep kawasan yang terintegrasi dengan sistem transportasi massal berupa BRT (bus rapid transit), busway, MRT (mass rapid transit, serta LRT (kereta api). Di dalam kawasan dengan konsep TOD terdapat banyak fungsi seperti kawasan bisnis, perkantoran, fasilitas umum, juga fasilitas sosial, yang kesemuanya terhubung dengan transportasi umum. Banyak aktivitas, termasuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bisa dilakukan di kawasan TOD tanpa perlu menuju kawasan lain. Ini karena konsep TOD mengurangi jumlah perjalanan dan mobilitas kendaraan pribadi.

Penerapan konsep TOD membuat Anda tidak membuang waktu di jalan. Transportasi massal membuat perjalanan jadi lebih singkat dan Anda punya banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga atau meningkatkan produktivitas.

Mengenal Hunian Konsep TOD

Photo credit: cdn.vox-cdn.com

Pada kawasan TOD sudah tersedia jalur pejalan kaki dan sepeda. Pusat kegiatan terhubung dengan sarana transportasi. Salah satu indikator keberhasilan konsep TOD adalah berkurangnya jumlah kendaraan yang parkir di fasilitas publik serta lalu lintas yang semakin lancar.

Baca artikel lainnya tentang membuat taman gantung di apartemen.

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika tinggal di hunian berkonsep TOD:

Harga lebih murah

Kawasan pusat kota yang semakin padat membuat pengembang menyasar kawasan pinggiran Jakarta untuk membangun hunian berkonsep TOD. Ini memberi pengaruh pada harga hunian yang ditawarkan. Dengan harga yang lebih terjangkau Anda bisa menikmati hunian berkonsep TOD. Selain harga yang lebih ekonomis, program pemerintah dalam pemerataan pembangunan juga tercapai. Pembangungan tidak hanya terjadi di Jakarta tapi juga di kawasan pinggiran seperti Serpong, Cibubur, Karawang, Cikarang, dan lainnya.

Lebih praktis dan tanpa macet

Hunian berkonsep TOD yang terintegrasi dengan transportasi massal akan mengurangi jumlah kendaraan pribadi. Anda tak perlu khawatir ketika harus menuju suatu tempat karena semua pilihan transportasi memudahkan Anda tiba di tempat tujuan lebih cepat.

Lebih hemat dengan hunian konsep TOD

Memilih hunian berkonsep TOD berarti Anda bisa mengurangi anggaran untuk transportasi. Coba hitung berapa biaya yang Anda keluarkan untuk tranpsortasi setiap hari. Tapi dengan adanya hunian TOD Anda tak perlu memikirkan uang bensin atau ongkos transportasi, karena harganya akan jauh lebih terjangkau.

Mengenal Hunian Konsep TOD

Photo credit: toddliving.com

Kualitas hidup lebih baik

Karena kemudahan mobilitas, waktu tempuh jadi semakin singkat dan lebih efisien dalam jarak, waktu, dan tenaga. Tentunya ini akan membuat kualitas hidup Anda lebih meningkat. Anda bisa punya lebih banyak waktu untuk keluarga. Ditambah lagi, tingkat stres juga akan berkurang karena area komersil dan fasilitas umum terintegrasi dan memudahkan penghuninya beraktivitas setiap hari.

Selain itu, penggunaan kendaraan pribadi yang berkuang jumlahnya membuat gas buangan yang mencemari lingkungan juga berkurang. Dengan begitu, kualitas udara jadi lebih bersih.

Sebagai investasi

Hunian yang berada di sekitar atau dekat sarana transportasi seperti MRT atau LRT akan terus meningkat harganya. Biasanya harga tanah dan properti mengalami kenaikan sekitar 15 sampai 20 persen per tahun dan ini akan menjadi investasi yang menjanjikan untuk Anda.

Konsep TOD menjadi solusi untuk masalah yang berkembang di ibukota seperti kemacetan serta kesadaran untuk menggunakan transportasi umum. Kini para pengembang mulai membangun hunian berkonsep TOD sebagai produk Andalan mereka.

 

Anda mencari hunian berkonsep TOD? Jendela360 bisa bantu menemukan apartemen idaman Anda dengan cepat dan mudah.