Hunian bertema klasik memancarkan suasana yang homey dan hangat. Saat memasukinya Anda akan mendapat pengalaman yang menyenangkan. Ketika apartemen didesain dengan style klasik, kecantikannya akan bertahan lama, meski setelah bertahun-tahun.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menciptakan hunian bergaya klasik yang elegan.

Yang perlu Anda perhatikan adalah pada bagian dekorasi dan tampilan ruangan. Salah satu cara untuk memperoleh sentuhan klasik adalah dengan menambahkan lis pada plafon. Langkah ini sangat tepat diterapkan pada apartemen yang memiliki plafon tinggi.

Lis plafon biasanya dibuat dari kapur atau polimer yang bisa Anda pasang sendiri atau oleh orang yang ahli untuk memastikan tampilannya menarik. Menambahkan bagian yang menonjol pada tengah plafon juga jadi cara untuk membuat apartemen Anda memiliki sentuhan klasik.

Wallpaper klasik

Photo credit: Google

Anda bisa mengecat ruangan atau menggunakan wallpaper dengan warna seperti mint green. Wallpaper emboss bisa jadi alternatif. Bila Anda lebih memilih menggunakan wallpaper daripada cat, sebaiknya gunakan wallpaper bertekstur.

Lantai kayu

Photo credit: Google

Lantai kayu sangat umum ditemukan pada hunian klasik. Anda bisa menggunakan pernis untuk memberi tampilan berkilau. Pada area seperti kamar mandi, pastikan semua bersih dan simpel dengan pilihan warna putih dan hitam. Anda bisa tambahkan dekorasi dari kuningan.

Furniture klasik

Photo credit: Google

Perhatikan furniture dan aksesori yang akan Anda gunakan untuk mengisi apartemen. Untuk meja makan Anda bisa pilih furniture minimalis berupa meja makan dari kayu mahoni yang dilengkapi kursi dengan sandaran tinggi dan dudukan yang memiliki bantalan. Anda juga bisa pilih warna kayu gelap untuk furniture seperti side table atau lemari.

Di area dapur Anda bisa gunakan meja yang berlapis marble, karena material ini cukup populer selama periode klasik. Anda bisa juga gunakan material marble pada kamar mandi.

Untuk furniture berupa kain Anda bisa cari bahan katun yang bisa digunakan untuk tirai maupun alas duduk. Anda bisa pula gunakan material linen untuk menutupi sandaran tangan pada kursi.

Bordir merupakan elemen klasik yang juga dapat Anda manfaatkan di apartemen. Anda bisa menggunakannya pada bantal kursi untuk menambah sentuhan klasik.

Baca juga: 6 Ide Smart Furniture untuk Menghemat Ruang di Apartemen

Pajangan

Photo credit: Google

Pilih barang antik yang bisa Anda pajang di dalam ruangan. Anda juga bisa tambahkan karpet bergaya oriental untuk memberi tampilan Victorian. Tambahkan sentuhan dekorasi dengan ornamen perunggu atau porselen.

Lampu chandelier

Photo credit: Google

Anda bisa gunakan lampu chandelier untuk menciptakan interior yang lebih cantik di apartemen. Bila Anda ingin menciptakan suasana klasik tentu Anda akan membutuhkan item ini.

Chandelier dikenal sebagai item penting untuk dekorasi interior. Di masa sekarang, lampu chandelier tidak hanya digunakan sebagai sumber cahaya, orang juga memanfaatkannya untuk mempercantik ruangan.

Anda bisa tempatkan chandelier di tengah ruangan, dan tidak masalah di ruangan mana Anda meletakkannya karena item ini tetap terlihat bagus dan menarik.

Lampu chandelier dicirikan dengan banyak lampu dan kristal atau kaca. Karena dibuat menggunakan kristal, chandelier memberi pantulan yang terlihat mengagumkan.

Meski lampu chandelier menjadi bagian interior desain klasik, Anda bisa menggabungkannya dengan desain yang moderen. Ada banyak sekali pilihan desain chandelier yang bisa Anda pilih.

Baca juga: Mau Cari Furniture Online? 5 Startup Lokal Ini Tawarkan Furnitur Kece

Cermin dengan bingkai warna emas

Photo credit: Google

Para penghuni apartemen bisa meletakkan cermin dengan menyandarkannya di dinding atau menggantungnya. Cermin tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi ruangan tapi juga memberi pantulan yang membuat ruangan terasa lebih luas.

Tirai bergaya klasik

Photo credit: Google

Anda bisa gunakan pola floral atau pola klasik lainnya pada tirai. Tirai yang dipasang menjuntai dari plafon hingga lantai menambah warna, tekstur, dan dimensi ke dalam ruangan. Anda bisa menggunakannya pada ruangan yang memiliki plafon tinggi untuk menarik pandangan ke atas dan memberi kesan luas pada apartemen Anda.

Sofa klasik

Photo credit: Google

Sofa klasik yang elegan menjadi item furniture yang harus Anda gunakan di apartemen. Tapi Anda perlu hati-hati dalam memilih furniture ini.

Salah satu sofa klasik yang perlu Anda pertimbangkan adalah Chesterfield sofa. Sofa ini sangat populer dan banyak ditemukan pada hunian bergaya klasik.

Chesterfield sofa bisa diartikan sebagai sofa besar dengan sandaran tangan bulat dan ketinggiannya sama dengan bagian sandaran.

Biasanya sofa ini dilapisi oleh material kulit gelap, dengan kancing besar pada permukaannya. Sentuhan moderen bisa didapat dengan penggunaan material velvet atau material lain, kaki yang lebih tinggi dan sandaran yang lebih ramping.

Semoga artikel ini memberi Anda inspirasi dalam menciptakan sentuhan klasik di apartemen dengan menggunakan mebel minimalis. Jangan lupa, gunakan Jendela360 untuk mencari informasi seputar sewa apartemen di Jakarta maupun di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Jendela360 membantu Anda menemukan apartemen ideal dengan cepat dan mudah.