Apakah Anda memiliki ruang tamu kecil yang tampaknya tidak mungkin untuk meletakkan sofa atau kursi? Akhir-akhir ini, banyak dari ruang tamu ini dirancang agar keempat sisi memiliki pintu, jendela, atau televisi yang membuat semua opsi penempatan sofa yang lebih terbatas.

Atau Anda mungkin membutuhkan desain interior rumah kecil dengan denah ruang terbuka. Namun, konsep ini justru menyulitkan penempatan barang lebih banyak, sehingga sandaran sofa hampir selalu berhadapan dengan barang atau furnitur yang lebih penting.

Ruang tamu tidak hanya boleh berisi sofa, tapi juga bisa dibuat di atas lantai agar suasana lebih hangat. Sejak zaman dahulu, khususnya dalam budaya Jepang, konsep ruang tamu tanpa sofa sebenarnya sudah banyak digunakan.

Selain sangat cocok untuk desain ruang tamu yang kecil dan simpel, jika ingin menggunakannya pada ruang tamu yang luas, desain ruang tamu tanpa kursi semacam ini juga sangat cocok.

Konsep sofa-less ini tidak hanya memberikan kesan hangat dan familiar, tetapi juga menghemat budget furnitur. Simak inspirasi desain ruang tamu cantik tanpa sofa berikut ini, yuk!

1. Desain Ruang Tamu dengan Bantal Duduk dan Karpet

Semakin Lapang dan Santai dengan Penataan Ruang Tamu Lesehan
Source: www.dekoruma.com

Dalam desain ruang tamu tanpa kursi, yang terpenting adalah memilih alas lantai ruang tamu. Anda bisa memilih karpet. Karpet tidak hanya berfungsi sebagai alas lantai saja, tetapi juga memberikan lingkungan yang nyaman bagi Anda dan keluarga untuk duduk di lantai. Pilih bahan karpet yang nyaman, permukaan lembut dan sejuk.

Selain itu, Kalian juga bisa memilih warna-warna yang eye catching atau warna yang menarik untuk membuat ruang keluarga Anda penuh dengan suasana ceria. Tambahkan juga bantal besar dan kecil agar ruang tamu Anda lebih hangat dan nyaman. Bantal menjadi pilihan utama untuk menciptakan desain ruang tamu tanpa kursi.

2. Desain Ruang Tamu dengan Matras dan Bean Bag

Desain Interior Ruang Tamu Tanpa Kursi Yang Cantik Dan Kreatif - ARSITAG
Source: www.arsitag.com

Kalian juga bisa menggunakan matras atau bean bag sebagai furnitur ruang tamu kalian. Pilih warna dan corak yang berbeda untuk setiap kasur atau bantal yang ingin kalian gunakan agar ruang tamu terasa lebih nyaman.

Selain itu, Bean bag sangat cocok sebagai furniture ruang tamu tanpa kursi karena lingkungan tempat tinggalnya yang nyaman. Selain itu, bean bag ini bisa dibentuk sesuai keinginan Anda untuk memberikan kenyamanan ekstra pada ruang keluarga kalian.

3. Desain Ruang Tamu dengan Busa Sofa

Tanpa Sofa, Begini 3 Inspirasi Ruang Tamu Lesehan yang 'Eye Catching' - Semua Halaman - iDEA
Source: idea.grid.id

Untuk desain ruang tamu yang satu ini, kalian dapat menggunakan busa sofa yang utuh dan masih berfungsi untuk membentuk kursi cadangan pada kursi. Jika tidak ada kursi, hanya sofa busa berbentuk L saja, suasana ruang tamu akan semakin rileks dan nyaman, bahkan ruangan ini juga bisa dijadikan tempat bersantai keluarga.

Kalian juga bisa menambahkan beberapa bantal agar lebih nyaman dan rileks, atau bisa juga dijadikan sandaran. Untuk meja, silakan gunakan meja dengan tinggi lebih rendah dari meja dengan kursi.

4. Desain Ruang Tamu dengan Window Seat

Desain Window Seat; Menyulap Area Jendela Menjadi Lebih Fungsional serta Istimewa | InteriorDesign.id
Source: Interiordesign.id

Bagi yang memiliki kamar dengan jendela terbuka, area ini dapat digunakan sebagai window seat. Setelah itu tambahkan meja dan bantal lainnya di sekitar area tempat duduk dekat jendela.

Dengan adanya tempat duduk dekat jendela akan membuat tampilan ruang tamu menjadi lebih unik dibandingkan ruangan lainnya. Selain itu, kalian juga bisa bersantai dan bercengkerama sambil menikmati pemandangan.

5. Desain Ruang Tamu dengan Nuansa Jepang

5 Desain Ruang Tamu Lesehan ala Jepang | InteriorDesign.id
Source: Interiordesign.id

Konsep lesehan Jepang selalu terlihat unik dan menarik. Dengan menggunakan furnitur yang simpel dengan warna-warna netral dan elemen natural, desain ruang tamu bergaya Jepang ini terlihat simpel. Anda bisa menggunakan kasur untuk mengaplikasikan desain ruang tamu tanpa kursi gaya Jepang ini.

Kesan interior ruang tamu Jepang memang sangat khas, tampak tradisional tapi tetap elegan. Mulaihlah dengan menempatkan sebuah meja dan kursi lesehan atau juga bisa menggunakan bantal duduk.

Futon adalah alat tidur tradisional yang digunakan di Jepang. Futon bisa menjadi pilihan bagi orang yang tidak ingin menggunakan kasur. Pilih warna yang cocok dengan warna lantai atau warna cat lantai Anda.

Sebagai pelengkap kenyamanan, jangan lupa untuk menambahkan bantalan kursi atau cushion cushion untuk menambah sentuhan cantik pada futon Anda.

6. Desain Ruang Tamu dengan Dudukan Kayu

12 Panduan Bikin Ruang Tamu Tanpa Kursi Tetap Cantik - Artikel SpaceStock
Source: blog.spacestock.com

Ruang tamu tanpa kursi pun tidak menjadi masalah, asalkan bisa menggantikan fungsi penggunaan kayu sebagai rak pada gambar di atas. Namun, tentunya agar duduk lebih nyaman, bantal atau kasur harus disediakan.

Jika kalian ingin memiliki ruang tamu tanpa kursi dan ingin bersantai di lantai, kalian bisa memilih lantai parket. Sedangkan jika menggunakan lantai keramik akan terasa sangat dingin, sehingga tetap perlu ditambahkan karpet sebagai bantalan.

Nah, itulah beberapa alternatif desain ruang tamu tanpa kursi tapi tetap keren dan unik. Ternyata ada banyak elemen yang bisa digunakan sebagai pengganti kursi lho! Yuk simak ide dan inspirasi seputar properti lainnya hanya di Jendela360.