Tinggal di apartemen studio berarti Anda tidak punya ruangan yang terlalu luas.Tapi dengan sedikit penataan dan dekorasi yang tepat, Anda bisa memaksimalkan tiap inci ruangan untuk menciptakan hunian yang nyaman.

Berikut ini beberapa ide interior minimalis untuk apartemen studio agar terlihat semakin stylish:

Area menonton film

Photo credit: Google

Buat apartemen studio Anda sebagai hunian yang layak disebut rumah dengan menciptakan area berbeda. Tapi berapa ukuran untuk tiap area? Tentukan ukuran yang nyaman menurut Anda sendiri.

Bila Anda sering mengundang teman-teman untuk datang ke apartemen, Anda bisa ciptakan area living room sebagai tempat untuk menikmati film. Tapi dengan begitu Anda akan punya area tidur dan area makan yang lebih kecil.

Bila Anda tidak dibolehkan mengecat dinding, ada alternatif lain. Anda bisa menggunakan removable wallpaper. Pemasangannya mudah, dan Anda bisa mempercantik ruangan tanpa bermasalah dengan dana deposit Anda.

Mengubah apartemen studio menjadi hunian ala hotel

Photo credit: Google

Bila Anda sering bepergian dan apartemen hanya sebagai tempat untuk mandi dan tidur, kenapa tidak menata apartemen seperti layaknya kamar hotel?

Misalnya, Anda bisa gunakan item untuk memberi tampilan trendi, termasuk area dapur yang chic, beberapa furniture retro, dan minibar.

Tapi yang paling menarik dari apartemen ini, seperti yang Anda temukan di kamar hotel yang stylish, adalah tempat tidur yang nyaman lengkap dengan sprei dan selimutnya.

Dekorasi low profile

gaya interior minimalis apartemen

Photo credit: Google

Ketika mendekorasi apartemen yang berukuran kecil, tak ada yang lebih baik selain memanfaatkan furniture yang terkesan low profile.

Dibanding style kontemporer, desain abad pertengahan jauh lebih tepat diaplikasikan, yang membuat plafon dan dinding terlihat lebih tinggi. Apartemen ini menjadi contohnya.

Desain dengan loft

Photo credit: Google

Bila Anda punya plafon yang tinggi, Anda bisa punya hunian yang lebih luas dengan memanfaatkan tempat tidur loft.

Dengan menggunakan area loft, Anda bisa punya area living room yang lebih luas.

Tapi bukan itu saja yang membuat apartemen bergaya Scandinavian ini terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya. Dinding dan dekorasinya menggunakan warna putih. Sehingga menyamarkan titik awal plafon dan menciptakan efek terbuka. Item metal membuat interior ini jadi punya aksen yang beda.

Bila Anda membutuhkan penyimpanan lebih, fitur yang menarik adalah tangga dengan banyak laci. Bila Anda menerapkan ide ini, jangan lupa tambahkan railing sebagai pengaman.

Baca juga: Tertarik Tinggal di Apartemen Tipe Loft? Berikut 3 Keuntungannya!

Sofa multi fungsi

Photo credit: Google

Apartemen yang satu ini tidak berukuran besar. Tapi ada trik untuk membuat dekorasinya  menciptakan hunian yang nyaman.

Yang pertama adalah menciptakan area multifungsi untuk tidur maupun bersosialisasi.

Sebuah tempat tidur yang juga bisa berfungsi sebagai sofa berada di area yang tepat. Keberadaan meja kecil tetap membuat ruangan terkesan terbuka sekaligus menambahkan fungsi.

Sentuhan akhir dari hunian ini adalah penambahan karpet bergaya Maroko.

Fungsi pada tiap sudut

interior minimalis

Photo credit: Google

Apartemen yang satu ini memiliki tiga area. Area sudut jadi tempat yang tepat untuk tempat tidur dan storage tambahan.

Di depan area masuk dapur, ada area untuk menikmati sarapan.

Di seberang meja makan adalah area duduk sebagai area living room. Karpet di bagian depan menciptakan pemisah antara tiga area ini.

Sembunyikan kaki tempat tidur

Photo credit: Google

Menempatkan furniture di dekat kaki tempat tidur manjadi cara tepat untuk menciptakan pemisah antara area living room dan area tidur. Anda bisa gunakan sofa atau meja, atau keduanya seperti yang ditunjukkan oleh apartemen dengan warna yang cerah ini.

Apartemen Anda memiliki area lorong sebagai akses masuk? Buat hunian tidak berantakan dengan menggunakan storage dan furniture di jalan masuk.

Desain untuk pemilik apartemen

interior minimalis

Photo credit: Google

Bila anda pemilik apartemen studio, Anda perlu mengunakan furniture built-in yang fleksibel. Fitur seperti ini tidak hanya membuat ruangan terasa besar tapi juga menambah nilai pada hunian ketika Anda menjualnya.

Beberapa gaya desain yang bisa Anda coba misalnya mengubah furniture dan storage untuk memaksimalkan ruangan.

Lemari built-in di belakang sofa menyembunyikan tempat tidur Murphy bed. Unit di bawah TV memberi ruang tambahan untuk menyimpan barang agar tidak terlihat. Solusi inovatif seperti coffee table multi fungsi dan kitchen console yang lebar menciptakan lebih banyak ruang untuk makan atau bekerja.

Plafon rendah? Tidak masalah

interior minimalis

Photo credit: Google

Membagi ruangan menjadi area berbeda di apartemen studio dengan plafon yang pendek sepertinya akan terasa sulit.

Triknya adalah menggunakan furniture yang tepat. Apartemen ini didekorasi oleh furniture yang tidak banyak memakan tempat pada area vertikal, jadi plafon terlihat lebih tinggi.

Anda bisa terapkan layout ini dengan menempatkan tempat tidur dekat sofa pendek untuk menciptakan area duduk tambahan. Partisi ruangan di ujung tempat tidur adalah benda paling tinggi di ruangan ini. Partisi menciptakan area makan dihiasi oleh furniture bergaya industrial.

Desain interior dengan menggunakan tirai

interior minimalis

Photo credit: Google

Anda tidak suka memandang area dapur saat berada di tempat tidur? Anda bisa buat area tidur menjadi lebih privat dengan menggunakan partisi.

Ada banyak cara untuk melakukan ini, mulai dari pintu geser hingga partisi lipat. Tapi cara yang simpel untuk menyekat ruangan adalah dengan menggunakan tirai.

Apartemen studio jadi unit 1 kamar tidur

gaya interior minimalis

Photo credit: Google

Mengubah apartemen studio yang kecil menjadi apartemen satu kamar tidur jadi mudah dengan beberapa penerapan penting. Ada 3 item penting yang Anda butuhkan.

Pertama rak buku untuk menciptakan area kamar tidur. Bila Anda menginginkan rak buku yang tidak menghambat sinar matahari, unit ini jadi pilihan partisi yang sangat tepat. Anda juga bisa memperoleh area storage yang praktis. Item ini dibutuhkan di tiap apartemen studio.

Selanjutnya karpet pada area living room. Karena dindingnya polos, area lantai yang berwana membuat apartemen ini terlihat stylish.

Item selanjutnya adalah storage chest, karena item ini jernih, tidak akan terlihat memakan tempat pada apartemen studio Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi Anda inspirasi gaya interior minimalis di apartemen studio agar terlihat semakin stylish.

Jangan lupa, gunakan Jendela360 untuk informasi sewa jual apartemen.