Kebebasan finansial merupakan impian banyak orang. Banyak yang membayangkan bahwa kebebasan finansial berarti hidup mewah tanpa perlu memikirkan biaya yang dikeluarkan.

Sebenarnya pengertian tersebut salah. Makna sesungguhnya dari kebebasan finansial adalah saat seseorang sudah tak perlu lagi bekerja demi uang karena uanglah yang bekerja untuknya. Lebih singkatnya adalah saat pendapatan pasif yang dimiliki sudah bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari bahkan lebih.

Bagaimana cara mendapatkan pendapatan pasif yang cukup besar? Salah satunya adalah dengan melakukan investasi jangka panjang. Kebanyakan orang akan bekerja dulu (pendapatan aktif) dan disisihkan sedikit demi sedikit untuk investasi jangka panjang agar bisa mendapatkan kebebasan finansial di masa pensiun nanti atau bisa lebih cepat lagi.

Kira-kira apa saja investasi jangka panjang yang layak dicoba? Mari kita bahas dalam artikel di bawah ini!

Emas

Image result for emas

economy.okezone.com

Emas merupakan investasi jangka panjang yang bersifat klasik karena sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Hal itu disebabkan emas merupakan benda berharga yang berlaku di semua negara. Dalam 10 tahun, harga 1 gram emas bisa berlipat ganda menjadi 2-3x lipat sehingga keuntungan juga ikut berlipat.

Hanya saja, pergerakan harga emas bisa dibilang lambat. Dalam satu tahun, harga emas hanya bergerak sedikit sehingga tidak cocok bagi yang ingin segera mendapat keuntungan besar. Emas lebih cocok untuk simpanan investasi jangka panjang karena harganya melonjak naik apabila didiamkan dalam waktu lama.

Meskipun begitu, emas masih tetap menjadi pilihan yang dinilai aman karena harga emas cenderung stabil naik dan jarang sekali terjun bebas. Simpanan emas biasanya dijadikan dana cadangan yang akan dijual saat kondisi darurat atau warisan untuk anak cucu.

Untuk membeli emas, Anda bisa datang langsung ke toko emas atau PT Antam Tbk. Apabila Anda merasa berat untuk langsung mengeluarkan dana senilai 1 gram emas, maka ada opsi tabungan emas yang bisa dicoba. Anda bisa membuka rekening Tabungan Emas Pegadaian atau Brankas Logam Mulia Antam dan mulai membeli emas sedikit demi sedikit. Misalnya Anda hanya memiliki Rp 50 ribu, maka Anda tetap bisa membeli emas. Apabila harga emas hari itu menunjukkan bahwa Anda bisa mendapat 0,1 gram dengan Rp 50 ribu, maka jumlah itu akan dicatat dalam rekening tabungan emas.

Setiap Anda memiliki dana lebih dan membeli emas, maka jumlahnya akan terus ditambahkan ke saldo rekening emas Anda. Setelah saldo mencapai 1 gram yang berlaku pada saat itu, maka Anda bisa memilih akan mencetaknya menjadi emas batangan atau ditarik dalam bentuk tunai.

Mengikuti perkembangan zaman, kini transaksi pembelian tabungan emas bisa dilakukan secara online dan resmi di beberapa e-commerce ternama.

Asuransi

investasi jangka panjang asuransi

moneysense.ca

Banyak orang mengenal asuransi sebagai penyelamat saat ada musibah. Asuransi merupakan investasi jangka panjang memiliki beberapa jenis seperti asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya. Semua asuransi ini punya kelebihan masing-masing, tinggal menentukan mana jenis yang cocok untuk Anda.

Sebagai contoh, apabila Anda masih lajang tanpa tanggungan anak istri tentu asuransi jiwa bukan pilihan yang tepat. Lebih cocok jika Anda mengambil asuransi kesehatan karena masalah kesehatan datang tanpa diduga. Asuransi jiwa lebih disarankan untuk orang yang telah memiliki tanggungan agar kelak keluarga yang ditinggalkan tidak mengalami kesulitan finansial.

Untuk para orang tua dengan anak, asuransi pendidikan juga patut dipertimbangkan karena akan menjamin keberlangsungan pendidikan anak meskipun ada musibah seperti orang tua meninggal atau mengalami kebangkrutan.

Jangka waktu asuransi bermacam-macam, mulai dari asuransi pendidikan 10 tahunan hingga asuransi jiwa seumur hidup hingga tertanggung berusia maksimal 100 tahun. Bisa dibilang bahwa asuransi adalah investasi jangka panjang yang mudah ditemukan dan banyak pilihan, tentu dengan catatan harus hati-hati dalam memilih jenis dan perusahaannya.

Tabungan Berjangka

Image result for buku tabungan

moneysmart.id

Tabungan berjangka merupakan pilihan investasi jangka panjang yang bisa Anda temukan di semua bank. Dengan membuka tabungan berjangka, bisa dibilang Anda tengah dipaksa menabung karena bank akan otomatis melakukan autodebet menarik uang Anda untuk dipindahkan ke rekening tabungan.

Anda bisa menentukan sendiri berapa nominal yang akan diautodebet tiap bulannya (mulai dari Rp 100 ribu) dan berapa lama jangka waktunya (dari 1 tahun hingga 20 tahun). Setelah mencapai jangka waktu tersebut, uang bisa Anda cairkan.

Apabila Anda ingin mencairkan uang sebelum waktunya karena kondisi tertentu, maka ada potongan yang akan dikenakan bank. Kabar baiknya, tabungan berjangka juga dilengkapi dengan asuransi jiwa sehingga apabila nasabah meninggal dunia sebelum jangka waktu tabungan berakhir, maka ahli waris berhak atas tabungan dan juga manfaat asuransi. Jumlah manfaat asuransi bisa sebesar jumlah setoran dana yang belum dibayarkan atau maksimal sebesar nominal tertentu yang telah ditentukan oleh bank.

Deposito

investasi jangka panjang deposito

koinworks.com

Apabila Anda punya banyak dana berlebih, maka deposito merupakan salah satu pilihan investasi jangka panjang. Dengan meletakkan dana di deposito bank, Anda punya dana cadangan sekaligus mendapatkan bunganya. Semakin besar dana yang Anda depositokan, semakin besar juga bunga yang didapatkan. Bukan tidak mungkin mendapatkan kebebasan finansial hanya dari bunga deposito saja.

Hanya saja, belakangan ini deposito agak kurang diminati karena bunganya yang tergolong rendah dan keuntungan besar hanya bisa didapatkan apabila meletakkan dana besar.

Saham dan Reksa Dana

Image result for saham

moneysmart.id

Belakangan ini, saham dan reksa dana tengah diminati generasi milenial untuk menjadi investasi jangka panjang karena bisa dibeli dengan mudah secara online. Sebelum Anda memilih salah satunya, pahami dulu perbedaan keduanya.

Untuk membeli saham, Anda bisa membuka rekening di perusahaan sekuritas lalu menggunakan jasa broker perusahaan tersebut atau memilih sendiri menggunakan online trading yang disediakan perusahaan. Minimum nominal pembukaan rekening berkisar pada Rp 5 juta hingga Rp 10 juta dan belakangan ini mulai banyak perusahaan sekuritas yang mengizinkan membuka rekening mulai dari Rp 100 ribu.

Untuk membeli reksa dana, Anda bisa mulai dari Rp 100 ribu dengan menggunakan jasa perusahaan agen penjual reksa dana atau bank sebagai perantara.

Reksa dana lebih cocok untuk pemula awam yang belum mengerti cara membaca kondisi pasar. Dana yang terkumpul dari reksa dana akan dikelola oleh manager investasi perusahaan penjual reksa dana dan dialokasikan ke perusahaan yang sudah dianalisa mereka. Hanya saja, keuntungan yang Anda dapatkan akan dipotong biaya jasa.

Apabila sudah mahir membaca situasi pasar, maka mencoba membeli saham sendiri bisa menjadi pilihan. Keuntungannya, Anda tak perlu membayar biaya jasa manager investasi. Membeli saham langsung lebih cocok untuk yang sudah berpengalaman dan paham risiko. Jika bisa membaca situasi pasar dengan baik, Anda bisa mendapatkan saham dengan keuntungan bagus untuk investasi jangka panjang.

Properti

investasi jangka panjang properti

realpropertymgt.com

Membeli properti lalu menyewakannya juga menjadi salah satu investasi jangka panjang klasik. Harga properti bisa dibilang selalu naik sehingga harga sewa juga akan ikut naik dan menjadi pendapatan pasif Anda. Bayangkan apabila Anda memiliki 5 properti untuk disewakan, maka Anda sudah menjadi juragan properti yang tak perlu bekerja lagi karena uang sewa akan masuk terus.

Selain rumah dan kontrakan, saat ini apartemen merupakan salah satu properti yang tengah diminati. Gaya hidup masyarakat urban yang serba dinamis dan praktis membuat orang-orang mulai lebih memilih tinggal di apartemen dibandingkan rumah atau kontrakan. Diprediksi bahwa dalam 5-10 tahun lagi, bangunan hunian vertikal akan kian berjamuran di Jakarta dan menjadi pilhan tempat tinggal utama.

Baca juga : Pertimbangan Sebelum Investasi Apartemen

Apartemen juga biasanya dibangun di lokasi strategis, dekat dengan pusat perbelanjaan atau perkantoran. Apabila apartemen tersebut berada satu kompleks atau di atas mall, maka menjadi satu poin plus yang menambah harga sewanya.

Bagaimana? Sudah siap untuk meraih kebebasan finansial melalui investasi jangka panjang?

Apabila Anda tertarik untuk menjadi juragan properti apartemen, maka Jendela360 bisa menjadi pilihan tempat untuk menitipkan apartemen Anda!