Lebih baik investasi kos atau apartemen? Apa sih perbedaannya?

Membeli sebuah properti tentunya memerlukan banyak pertimbangan, baik untuk dijadikan tempat tinggal maupun investasi pribadi. Apalagi para Millenial dan gen Z yang baru merintis karir, tentunya harus benar-benar memperhatikan banyak aspek sebelum membeli properti.

Kos atau apartemen sendiri merupakan pilihan yang dimiliki oleh milenial atau gen z. Namun, mana sebenarnya yang lebih baik? Investasi kos atau apartemen? Nah, artikel ini akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan kos dan apartemen khususnya bagi milenial dan gen z sehingga Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai referensi dalam memilih antara apartemen atau kos, simak terus ya!

Apartemen

Investasi Kos atau Apartemen

Apartemen merupakan suatu bangunan yang bertingkat, yang terdiri dari beberapa unit hunian dengan fasilitas yang disediakan secara lengkap. Apartemen sendiri memiliki karakteristik yang khas, contoh-contoh karakteristiknya dalah sebagai berikut:

  • Apartemen merupakan hunian vertikal yang biasanya terdiri dari lebih dari 2 lantai;
  • Setiap lantai dari apartemen tersebut terdiri dari beberapa unit hunian;
  • Apartemen memiliki fasilitas yang cukup lengkap yang bisa digunakan hanya untuk penghuninya saja;
  • Lokasi dari apartemen sendiri biasanya strategis, dekat dengan fasilitas-fasilitas umum.

Nah, dengan karakteristik apartemen yang seperti di atas, kira-kira apa ya kelebihan dan kekurangan dari apartemen? Buat milenial dan gen z yang bingung untuk memilih investasi kos atau apartemen, berikut kelebihan dan kekurangan dari apartemen.

Kelebihan Apartemen

fasilitas apartemen

Apartemen memiliki banyak sekali kelebihan, untuk yang bingung tentang investasi kos atau apartemen, apartemen merupakan bahan investasi yang pastinya sangat menjanjikan karena apartemen sendiri memiliki banyak sekali kelebihan, baik untuk jangka panjang ataupun untuk jangka pendek.

Apartemen rata-rata memiliki lokasi yang strategis. Maksud dari lokasi yang strategis sendiri adalah dekat dengan fasilitas umum, dan juga mudah di akses. Apartemen biasanya berada di pusat kota atau berada di kawasan yang memang ramai. Dengan lokasi yang strategis, milenial dan gen z yang memang sedang kuliah atau sudah bekerja menjadi tertolong jika tinggal di apartemen karena lokasinya yang strategis.

Selain lokasinya yang strategis, kelebihan apartemen yang lainnya adalah fasilitas yang lengkap yang jarang didapatkan di kos-kosan. Mulai dari keamanan secara 24 jam, fasilitas olahraga, dan masih banyak fasilitas lainnya yang bisa digunakan oleh penghuni apartemen tersebut.

Tak hanya itu, jika Anda tinggal di apartemen, maka Anda tidak perlu memikirkan tentang listrik dan air karena pihak apartemen sudah pasti memberikan penghuni apartemennya listrik dan air yang stabil. Dan privasi Anda akan lebih terjamin karena jika dibandingkan dengan kos, privasi jauh lebih terjamin di Apartemen. Apartemen juga biasanya menyediakan jasa perawatan apartemen sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk mengurus apartemen Anda sendirian.

Kekurangan Apartemen

Dengan banyaknya kelebihan dari apartemen, tak membuat apartemen lepas dari kekurangan. Apartemen juga memiliki kekurangan tertentu yang bisa Anda jadikan sebagai aspek atau bahan pertimbangan untuk memilih antara investasi kos atau apartemen. Kekurangan apartemen yang pertama adalah jelas Anda tidak mempunyai lahan karena yang Anda punya hanya unit apartemen saja.

Kekurangan lainnya dalam apartemen adalah biaya perawatan yang cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan kos. Mulai dari biaya pengelolaan fasilitas apartemen seperti kolam renang, taman, gym, dan lain-lain. Ditambah juga biaya listrik dan juga air yang harus Anda bayar. 

Kekurangan selanjutnya dari apartemen jika dibandingkan dengan kos adalah masalah parkir dan juga akses naik turun apartemen yang kadang bisa menyulitkan. Biasanya apartemen memberikan 1 lahan parkir untuk 4 penghuni. Dan untuk akses naik turun apartemen sendiri kadang menyulitkan karena kadang lift digunakan oleh banyak penghuni dan Anda harus menunggu lift tersebut.

Kos

kos kosan

Kos, kost, atau indekos adalah jasa yang menawarkan sebuah kamar untuk ditinggali dengan biaya tertentu untuk setiap periode yang biasanya per bulan ataupun per tahun. Menyewa kos biasanya sama dengan menyewa kamar, jadi Anda hanya akan mendapatkan satu kamar saja. Bagi milenial dan gen z, kos merupakan pilihan karena alasan utama yaitu harga yang lebih terjangkau.

Sebagai bahan pertimbangan untuk investasi kos atau apartemen, kos sendiri mempunyai beberapa kelebihan dan juga kekurangan, berikut kelebihan dan kekurangan dari kos.

Kelebihan Kos

Kelebihan kos dibanding apartemen yang paling mencolok adalah biayanya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan apartemen. Karena kos sendiri biasanya merupakan penyewaan kamar dan hanya kamar saja, sedangkan apartemen ada biaya fasilitas, keamanan, air dan listrik, dan masih banyak lagi sehingga biasanya biayanya lebih mahal.

Selain itu mulai dari kenyamanan dan lain-lain, biasanya tidak jauh beda, tergantung dari kos-kosan tersebut dan tergantung dari penghuninya.

Kekurangan Kos

Untuk investasi kos atau apartemen, kos memiliki kekurangan yang sangat mencolok jika dibandingkan dengan apartemen. Mulai dari lokasi, lokasi dari kos-kosan sendiri biasanya tidak begitu strategis jika dibandingkan dengan apartemen. Walaupun memang ada kos yang memiliki lokasi yang strategis, namun biasanya harga sewa dari kos tersebut jauh lebih mahal dari kos biasa, bahkan bisa seharga sewa 1 unit apartemen.

Kekurangan lainnya adalah Anda tidak akan mendapatkan fasilitas seperti di apartemen karena jika Anda menyewa kos, fasilitas yang ada di kos tersebut biasanya tidak sama atau sangat berbeda dengan fasilitas yang ada di apartemen. Selain itu, Anda akan kurang mendapat privasi karena dalam kos, Anda tidak tinggal sendiri, melainkan ada tetangga yang mungkin dapat mengganggu privasi Anda.

___

Sekian dari artikel tentang perbandingan dari kos atau apartemen yang bisa membantu Anda, khususnya milenial dan gen z. Jika Anda masih bingung antara investasi kos atau apartemen, investasi apartemen tentunya memiliki banyak kelebihan. Namun Anda tetap harus memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari keduanya. 

Bila Anda tertarik untuk investasi apartemen yang menguntungkan, silahkan kunjungi Jendela360 untuk mendapatkan referensi apartemen yang berkualitas.