Lampu menjadi hal penting yang pasti digunakan di semua bangunan. Jenis lampu yang digunakan harus dipikirkan dengan baik agar tidak berakhir membayar tagihan listrik yang mahal. Selain jenis lampu, penempatan lampu dengan baik juga penting karena bisa menjadi pemanis ruangan. Coba terapkan 11 ide penempatan lampu berikut untuk membuat unit apartemen semakin cantik lagi.

Lampu gantung besar

Memasang lampu gantung berukuran besar akan membuat pandangan tamu langsung tertuju pada lampu tersebut begitu memasuki unit apartemenmu. Sesuaikan ukuran lampu dengan ukuran apartemenmu. Memilih lampu yang terlalu besar akan membuat unit apartemenmu terkesan sesak dan penuh.

Lampu gantung kecil

Lampu dekorasi gantung

pinterest.com

Jika kurang suka lampu gantung besar, kamu bisa coba memasang lampu gantung kecil seperti di gambar. Pasanglah beberapa lampu gantung kecil untuk penerangan yang menyeluruh. Di siang hari, kamu juga bisa hanya menyalakan sedikit lampu saja untuk menghemat listrik. Pada malam hari, deretan lampu gantung kecil bisa membuat unit apartemenmu nampak seperti ruangan kafe.

Lampu plafon

Kamu juga bisa menanamkan lampu ke dalam plafon untuk penerangan yang lebih redup. Cahaya lampu yang terhalang plafon akan membuat kesan dramatis yang cocok untuk bersantai. Lampu plafon tidak perlu dinyalakan semua karena justru akan membuat silau. Nyalakan semua hanya bila cuaca sedang mendung atau hujan saja untuk penerangan lebih baik.

Lampu di dinding

Lampu tidak harus selalu dipasang di atas. Memasang lampu di dinding juga bisa dilakukan meskipun agak rumit karena kamu tentu harus mengaturnya agar tidak mudah tersenggol dan menimbulkan luka bagi penghuni. Temukan penutup lampu dekorasi yang unik dan susun sedemikian rupa sehingga penutup lampu juga berfungsi sebagai hiasan dinding yang menarik. Salah satu cara paling mudah dan sering diterapkan adalah memasang kabel lampu panjang di dinding untuk hiasan di kamar yang juga bisa difungsikan sebagai tempat memasang foto.

Lampu lantai

Kalau ini mungkin agak susah karena kamu harus mengeluarkan biaya membongkar lantai dan memasang kabel listrik. Namun, jika kamu berminat untuk melakukannya, maka lampu unik bisa dipasang di unit apartemenmu. Sebenarnya, memasang lampu di lantai tidak akan berfungsi maksimal untuk penerangan dan lebih ke arah sebagai lampu dekorasi saja. Jadi, kamu tidak perlu memasang lampu yang terlalu terang dan tetap harus memasang lampu lagi selain di lantai untuk penerangan yang memadai.

Pola unik

Lampu dekorasi unik

dekorrumah.net

Kalau kamu senang bereksperimen, maka kamu bisa mencoba bermain-main dengan lampumu. Lampu yang biasanya berbentuk panjang atau persegi bisa kamu kreasikan menjadi lampu dekorasi dengan bentuk yang tidak biasa.

Kombinasi cahaya alami

Jika jendela di unit apartemenmumu bisa menyediakan pasokan cahaya yang memadai, maka kamu tidak perlu memasang terlalu banyak lampu. Pada siang hari, kamu bisa mengandalkan cahaya matahari dan memasang lampu bercahaya redup untuk dinyalakan saat malam hari.

Menyatu dengan perabotan

Kamu juga bisa memasang lampu di tempat tersembunyi seperti belakang cermin atau rak buku. Saat dinyalakan, lampu tidak akan terlalu terang dan berkesan modern.

Lampu berwarna

Tidak semua orang akan menyukai penerangan dengan lampu berwarna. Jika kamu tertarik, pastikan kamu mengkombinasikannya dengan baik. Penerapan yang benar akan membuat ruanganmu terkesan futuristik. Namun, kesalahan penerapan akan membuatmu merasa sedang berada di tempat dugem.

Baca juga : 4 Ide Desain Futuristik Apartemen

Lampu tidur

Bukan hanya lampu utama yang bisa dikreasikan, lampu tidur juga bisa. Saat siang hari dan tengah tidak dinyalakan, lampu tidur yang unik bisa menjadi pemanis ruangan. Pilih lampu yang tidak terlalu terang agar tidak mengganggu istirahat malammu.

Lampu kamar mandi

Lampu dekorasi kamar mandi

caradesain.com

Kamar mandi juga bisa menjadi tempat mengkreasikan lampu. Kamu bisa menyembunyikan lampu di belakang cermin atau mencoba mengkombinasikannya dengan lampu warna seperti gambar di atas. Apalagi jika kamu senang mencari inspirasi di kamar mandi, penerangan redup dengan lampu warna mungkin bisa membantumu. Meskipun jarang orang mencoba bermain-main dengan lampu di kamar mandi, namun penerapan yang tepat bisa membuat tamu yang berkunjung jadi kagum dengan kamar mandi unikmu.

Nah, ide lampu mana yang kira-kira cocok untuk diterapkan di unitmu? Jendela360 siap membantumu menemukan unit apartemen yang sesuai seleramu.