Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika mencoba menemukan lokasi apartemen yang tepat. Berikut ini faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum menanda-tangani perjanjian sewa:

Tingkat kejahatan di lokasi apartemen

Apakah apartemen berada di area yang tinggi tingkat kejahatan? Apakah pencarian internet pada lingkungan apartemen menunjukkan ada banyak kejahatan terjadi di lokasi tersebut. Area dengan banyak aktivitas kejahatan bisa merugikan untuk ditinggali, baik untuk diri sendiri maupun keamanan properti Anda.

7 Tips Memilih Lokasi Apartemen yang Tepat

Photo credit: cdn.decoist.com

Tingkat kebisingan

Apakah apartemenĀ  membolehkan hewan peliharaan? Bila ya, berarti Anda akan mendengar suara anjing sepanjang waktu. Periksa seberapa dekat bangunan dengan sumber bising utama. Apakah apartemen berada dekat dengan jalan raya, bandara, atau pemadam kebakaran?

Semua ini mempengaruhi pengalaman tinggal Anda, dan Anda akan mendengar suara bising di siang dan malam hari bila bangunan apartemen berada dekat dengan tempat-tempat ini.

Jarak ke tempat kerja

Seberapa jauh Anda harus mengemudi untuk menuju kantor dari apartemen? Panjang perjalanan bisa mempengaruhi tingkat keamanan Anda. Anda bisa menemukan apartemen dengan harga sewa menarik, tapi tak sebanding dengan uang yang harus Anda keluarkan untuk bahan bakar setiap bulannya. Anda perlu pertimbangkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat kerja.

Jarak ke pusat perbelanjaan dan layanan lainnya

Apakah gedung apartemen dekat dengan pusat perbelanjaan, restoran, bank, atau layanan lain yang Anda butuhkan? Hal yang sama berlaku ketika Anda menuju tempat kerja. Bila Anda harus jauh menjangkau layanan yang penting, faktor bahan bakar akan memakan banyak anggaran setiap bulannya.

Keamanan gedung apartemen

Apakah gedung apartemen memiliki sistem keamanan yang baik? Apakah tersedia kunci berupa kartu atau sistem lain untuk mengakses gedung apartemen? Apakah tersedia kamera pengintai? Semakin aman apartemen, semakin baik untuk Anda sewa.

7 Tips Memilih Lokasi Apartemen yang Tepat

Photo credit: gen4congress.com

Fasilitas laundry

Apakah gedung apartemen memiliki fasilitas laundry sendiri? Apakah apartemen memiliki area pengering? Ini bisa jadi faktor penting lainnya dalam memilih apartemen. Waktu, energi, dan uang yang dibutuhkan untuk menjangkau laundry bisa tidak sebanding dengan lokasi atau harga sewa yang rendah.

Baca artikel lainnya tentang tips menjadi tetangga yang baik di apartemen.

Fasilitas keluarga

Apakah apartemen memiliki kolam renang, area bermain anak, atau fasilitas keluarga lainnya? Bila ya, apakah aman? Bila fasilitas keluarga yang Anda butuhkan tidak tersedia, pastikan ada beberapa sarana dalam jarak dekat, seperti taman atau fasilitas rekreasi lainnya.

Bil Anda suka menjamu teman dan keluarga di apartemen, ada beberapa hal yang perlu dicari ketika memilih apartemen baru. Cari apartemen dengan konsep dapur dan ruang tamu terbuka agar bisa lebih mudah menjamu tamu. Anda juga perlu cari apartemen yang memiliki area seperti rooftop pool agar ada pilihan hiburan tanpa perlu keluar dari komplek apartemen Anda.

Memilih tempat baru untuk ditinggali bukan tugas remeh, tapi meluangkan waktu untuk menemukan fitur terbaik bisa membantu Anda memastikan menemukan tempat yang akan Anda sebut rumah. Selain harga dan jumlah kamar, lokasi apartemen untuk mendukung gaya hidup Anda jadi hal yang utama agar Anda kurang berisiko merasa kecewa setelah pindahan.

Hanya karena Anda mencari apartemen dengan harga sewa rendah tidak berarti ini jadi pilihan tepat untuk Anda. Beberapa faktor di atas bisa membuat Anda mengeluarkan lebih banyak uang untuk jangka panjang dibanding jika Anda memilih apartemen yang lebih mahal di area lain. Pertimbangkan faktor di atas dan lakukan riset bila Anda ingin menemukan lokasi apartemen yang tepat.

 

Anda sedang mencari apartemen Ā dengan lokasi terbaik di Jakarta? Jendela360 jadi solusi temukan apartemen yang ideal untuk Anda dengan cepat dan mudah.