Last Updated on

Di zaman sekarang ini, manusia semakin memperhatikan kesehatan dirinya. Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan memperhatikan kandungan di dalam makanan yang dikonsumsinya.

Adapula beberapa orang yang bertujuan untuk menurunkan berat badan. Biasanya orang yang ingin menurukan berat badan akan mencari makanan yang rendah kalori. Nah, anggapan demikian bisa diasumsikan salah. Kenapa? Karena tubuh tetap membutuhkan kalori untuk melakukan aktivitas.

Jadi, yang benar untuk dilakukan adalah memenuhi kebutuhan kalori sesuai dengan berat badan dan kegiatan serta mengkonsumsi makanan sehat berkalori tinggi.

Ternyata makanan sehat yang berkalori tinggi tetap dibutuhkan tubuh. Apa saja sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi makanan sehat berkalori tinggi?

Sebagai Sumber Energi bagi Tubuh

Kalori sangat penting bagi tubuh karena merupakan sumber energi utama. Kalori nantinya akan diubah menjadi energi oleh tubuh dan digunakan sebagai tenaga. Energi dari kalori inilah yang membantu kita untuk beraktivitas.

Jika kita kekurangan kalori, tubuh tidak dapat melakukan aktivitas yang produktif. Kebutuhan kalori setiap orang pun berbeda tergantung dari aktivitasnya. Semakin banyak kegiatan yang dilakukan, semakin tinggi juga kalori yang dibutuhkan.

Inilah gunanya makanan sehat berkalori tinggi, yaitu untuk menunjang aktivitas Anda.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Selain sumber energi utama, kalori juga berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Apabila tubuh kekurangan kalori, daya tahan tubuh akan menjadi lemah. Hal ini menyebabkan mudahnya bakteri dan virus untuk menyerang tubuh.

Akibatnya kita jatuh sakit. Untuk itu, konsumsi makanan sehat dengan kalori tinggi sangatlah penting.

Membantu Penurunan Berat Badan

Percaya tidak percaya, makanan sehat berkalori tinggi justru membantu kita untuk menurunkan berat badan, lho. Asalkan makanan yang berkalori tinggi yang dikonsumsi adalah makanan yang sehat, maka berat badan Anda dapat tetap terjaga.

Seimbangi juga dengan aktivitas yang bermanfaat. Sebenarnya, makanan berkalori tinggi yang menyebabkan berat badan naik adalah makanan dengan kalori kosong.

Apa sih yang dimaksud dengan kalori kosong? Makanan yang mengandung kalori kosong adalah masakan junk food seperti pizza, gorengan, minuman bersoda, dan lain-lain.

Makanan seperti ini mengandung kalori yang tinggi namun tidak bermanfaat bagi tubuh karena tidak kaya akan, tidak mengandung vitamin, tidak ada mineral dan asam amino. Sehingga tidak ada manfaat yang bisa diserap tubuh. Bila dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan berat badan berlebih.

Jadi konsumsilah hanya makanan berkalori tinggi yang sehat.

Baca juga: 5 Manfaat Ini Akan Dirasakan Tubuh Anda Setelah Menjalankan Pola Hidup Sehat

Apa saja sih makanan sehat dengan tinggi kalori yang bisa kita konsumsi? Berikut ini akan kami ulas beberapa makanan sehat berkalori tinggi yang dapat menjaga kesehatan Anda semua!

1. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun ini dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit jantung, lho! Selain itu, minyak ini mengandung banyak sekali nutrisi seperti vitamin E, vitamin K, omega-3, dan omega-6. Minyak ini dapat dikonsumsi langsung atau dapat dicampurkan ke bahan makanan lain ataupun saat menggoreng makanan. Eits, tetapi jangan banyak makan gorengan, ya!

2. Cokelat

Cokelat Enak Berkalori Tinggi

Lho kenapa cokelat ada disini ya? Cokelat disini cokelat yang benar-benar cokelat. Jadi yang dimaksud adalah Dark Chocolate yang kandungan cokelatnya di atas 85 persen).

Cokelat yang kandungan cokelatnya tinggi tentu memiliki kandungan gula yang rendah sehingga manfaat dari cokelatnya lebih banyak dibandingkan dengan kerugian yang didapat dari gula tersebut.

Manfaat cokelat ini dapat meningkatkan mood dan mengandung nutrisi yang bermanfaat pula, seperti zat besi dan kalsium. Yuk budayakan makan Dark Chocolate!

3. Kacang-kacangan

Tentu kalian semua pasti paham kan jika kacang-kacangan adalah salah satu sumber protein nabati utama. Selain sebagai sumber protein, kacang-kacangan juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral, lho.

Protein pada kacang-kacangan ini bisa membuat kita merasa kenyang tanpa harus mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat ataupun tinggi lemak.

4. Susu

Susu Sehat Berkalori Tinggi

Susu adalah komponen penting dalam menjaga kesehatan kita karena tinggi akan protein, kalsium, vitamin D dan kalium. Nutrisi yang sama bisa kita dapatkan tidak melulu harus dari susu, tetapi juga bisa berbentuk keju, yoghurt dan olahan susu lainnya. Yang paling penting adalah tetap jaga kualitas susu serta rendah gula, ya!

Jika Anda ingin mencoba susu yang kaya rasa dan baik untuk tubuh, pilihlah susu yang mengandung lemak yang tinggi. Lemak ini lemak yang baik kok, jadi tenang saja!

Baca juga: Lakukan 5 Hal ini, Membuat Tubuh Kamu jadi Ideal Selama 7 Hari

5. Biji Chia

Namanya tentu tampak asing bagi sebagian orang, bukan? Tetapi jika Anda sering memesan semangkok smoothie bowl tentu akan paham seperti apa bentuk dari biji chia ini.

Biji chia, sering juga disebut chia seeds, mengandung banyak sekali manfaat seperti kaya akan serat, protein nabati, kalsium, dan omega-3. Tidak heran jika chia seeds ini menjadi salah satu topping favorit untuk makanan sehat seperti smoothie bowl.

6. Tahini

Tahini, Makanan Sehat Berkalori Tinggi

Apasih Tahini itu?  adalah selai yang terbuat dari biji-bijian yang dipanggang, dikupas kemudoan digiling.  Bagi Anda yang sering mengkonsumsi masakan mediteranian dan middle-east pasti tidak asing dengan makanan ini.

Tahini ini gluten-free, lho! Selain itu, rasanya seperti kacang dan juga mengandung protein tinggi seperti kacang! Eits, ternyata Tahini ini mudah dibuat di rumah lho! Mau mencoba membuatnya?

7. Buah-buahan kering

Siapa sih yang tidak tahu buah-buahan kering? Semua pasti tahu kan? Buah-buahan kering yang sering kita jumpai di sini adalah kismis, kurma, aprikot, dan masih banyak lagi.

Agar yang dikonsumsi tetap makanan sehat berkalori tinggi, pilih yang rendah gula ya! Jangan pilih yang banyak taburan gulanya. Buah-buahan kering ini biasanya mengandung vitamin C yang tinggi, antioksidan dan juga serat. Tetapi alangkah baiknya tetap memilih buah-buahan yang segar.

8. Quinoa

Quinoa Makanan Sehat Berkalori Tinggi

Seperti biji chia, quinoa ini juga menjadi topping andalan smoothie bowl, lho. Bagaimana tidak? Quinoa mengandung nutrisi yang beragam seperti serat, lemak sehat, protein dan karbohidrat. Lengkap bukan? Selain menjadi topping, quinoa bisa diolah menjadi nasi atau bubur juga, lho!

9. Ikan

Semua orang pasti paham jika ikan merupakan salah satu makanan sehat karena ikan adalah sumber protein hewani. Ikan dapat ditemukan di berbagai olahan masakan Jepang seperti sushi.

Mengapa sih banyak orang Jepang makan ikan dengan mentah dan tidak diolah terlebih dahulu? Ternyata agar kandungan proteinnya tidak hilang sama sekali. Ikan-ikan yang baik dikonsumsi adalah ikan salmon, tuna, sarden, dan kembung, dan sebagainya.

10. Fillet Steak

Fillet Steak Makanan Sehat Berkalori Tinggi

Selain pada ikan, protein hewani juga bisa kita temui pada daging sapi. Tidak hanya mengandung protein yang tinggi, daging sapi juga mengandung zat besi dan vitamin B yang menyehatkan tubuh. Tetapi semua tetap harus seimbang. Jangan makan daging merah terlalu sering dengan porsi yang besar.

Baca juga: 10 Restoran dan Cafe Terfavorit di PHX Grogol

11. Alpukat

Tahukah kamu kalau alpukat mengandung lemak sehat? Ya, alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat, bahkan membuat jantung menjadi lebih sehat.

Selain itu, kalori dari alpukat lebih tinggi dari buah-buahan lainnya. Selain mengandung lemak dan tinggi kalori, alpukat juga mengandung berbagai macam nutrisi seperti serat, folat dan vitamin K. Oh iya, jangan makan alpukat dengan banyak gula ya, nanti sama saja tidak sehat!

Nah, itulah sederet daftar makanan sehat berkalori tinggi yang dapat Anda coba untuk konsumsi. Mengkonsumsi makanan sehat berkalori tinggi adalah bentuk kepedulian kita terhadap tubuh. Ayo budayakan hidup sehat mulai dari sekarang!