Mungkin furniture di apartemen Anda sudah berada di tempatnya sejak Anda pertama kali menghuninya tanpa pernah diubah posisinya. Baik ruangan berukuran besar atau kecil, menata ulang furniture dengan tepat akan membuat area tinggal Anda terasa lebih nyaman. Anda juga bisa menata ulang furniture di apartemen untuk menciptakan kesan luas pada ruangan.

Coba langkah berikut ini dalam menata ulang furniture Anda:

Pastikan ada izin dari pemilik apartemen untuk menata ulang furniture

Sebelum Anda mengubah posisi tempat tidur atau furniture lainnya, pastikan Anda telah mengantongi izin dari pemilik apartemen untuk menata ulang furniture.  Jangan memindahkan furniture berukuran besar seorang diri. Bila Anda berencana memindahkan posisi tempat tidur atau lemari, Anda butuh setidaknya bantuan satu orang.

7 Tips Menata Ulang Furniture di Apartemen Agar Ruangan Terasa Lebih Nyaman

Photo credit: catinhouse.co

Singkirkan barang yang tidak dibutuhkan

Sebelum mulai menata ulang furniture, Anda perlu merapikan apartemen. Buang semua sampah atau pindahkan barang yang tidak seharusnya, termasuk gelas atau perlengkapan dapur, barang milik orang lain, atau barang lainnya.

Ini mungkin makan waktu, tapi jadi langkah yang penting. Bila Anda ingin menata ulang meja dan rak buku, ini jadi kesempatan untuk membuang kertas-kertas lama yang tak lagi terpakai.

Rapikan pakaian dan pisahkan yang bersih dan yang kotor. Anda bisa tentukan apakah perlu punya tempat tambahan untuk penyimpanan baju.Hanya miliki barang seperlunya yang Anda gunakan secara teratur. Barang lain bisa Anda letakkan di tempat yang tidak terlihat.

Baca artikel lainnya tentang rekomendasi serviced apartment di Jakarta.

Visualisasikan ruang baru Anda

Setelah ruangan bersih dan rapi, mulai rencanakan dimana dan bagaimana Anda ingin menata ruangan. Ukur furniture untuk memastikan sesuai dengan ukuran ruang.

Sebagian orang merasa terbantu dengan menggambar layout ruangan yang baru. Dengan begitu, Anda tidak perlu kerja berkali-kali. Ukur semua perabot untuk memastikan ukurannya pas. Anda bisa ukur dinding dan area di ruangan serta furniture lalu gambar penataan ruang menggunakan skala.

Ciptakan ruang dengan furniture yang ada

Gunakan furniture dengan bijak, Anda bisa ciptakan dan maksimalkan jumlah ruangan yang ada. Anda bisa menata ulang atau membagi ruangan besar dengan menggunakan partisi ruangan.

Bila ada meja atau lemari, Anda bisa menghemat ruang dengan meletakkan meja pada kaki tempat tidur. Ini sangat tepat diaplikasikan pada ruangan yang kecil dimana Anda membutuhkan area tidur dan area kerja.

Bila ruangan cukup besar, gunakan meja atau rak buku untuk membagi ruangan dan menciptakan area kerja. Gorden juga bisa jadi cara untuk membagi ruangan dan menciptakan area duduk kecil di kamar tidur. Anda bisa gantung kain dari plafon ke sudut dinding untuk menciptakan area berbeda.

7 Tips Menata Ulang Furniture di Apartemen Agar Ruangan Terasa Lebih Nyaman

Photo credit: atmedia.imgix.net

Padukan furniture beragam ukuran

Tiap benda memiliki ketinggan dan lebar berbeda. Untuk menambah ketertarikan visual pada ruangan, padukan berbagai funiture dengan karakteristik berbeda. Bila Anda menginginkan ruangan yang tenang, pilih volume furniture yang senada. Untuk menciptakan suasana ruang yang lebih berenergi, Anda bisa pilih furniture dengan berbagai ukuran.

Cara menciptakan ilusi ruangan lebih luas

Penempatan sofa bisa menciptakan ilusi ruangan lebih luas dengan menempatkannya di sudut diagonal. Berapapun ukuran ruangan Anda, Anda perlu menata furniture agar memberi kesan nyaman. Bila Anda sering kedatangan tamu, pastikan ada cukup ruang dimana tamu bisa meletakkan gelas dan piring. Bila coffee table jauh dari kursi, Anda bisa tempatkan meja kecil di sisinya.

Tata ulang benda dekoratif

Setelah menata ulang furniture di tempatnya, waktunya untuk menempatkan benda dekoratif. Koleksi karya seni atau foto, jadi elemen yang menunjukkan kepribadian Anda. Mulailah di bagian dinding. Apakah penataan foto Anda membosankan? Coba gantung ulang barang di kelompok asimetris, bukan menggunakan susunan yang lurus, ini untuk menciptakan kesan dramatis.

 

Bagaimana cara Anda menata ulang furniture di apartemen? Gunakan Jendela360 untuk bantu Anda temukan hunian tempat tinggal ideal dengan cepat dan mudah.