Jika Anda baru saja menetap di apartemen, saya yakin akan sulit untuk membayangkan ingin pindah ke tempat lain suatu hari nanti. Anda baru saja menemukan sebuah tempat yang sangat sesuai dengan kebutuhan Anda dan Anda mampu dan tidak ragu untuk menikmati hidup di apartemen baru itu.

Tapi, meskipun Anda merasa nyaman dan bahagia ditempat Anda sekarang, selalu ada kemungkinan hari itu akan datang.

Hari dimana Anda berpikir untuk bergerak, pindah ke apartemen baru.

Mungkin satu tahun dari sekarang atau beberapa tahun lagi.

Tidak peduli seberapa cintanya Anda dengan apartemen Anda saat ini, faktanya akan ada saatnya ketika Anda harus mengakui kepada diri Anda sendiri bahwa Anda memiliki alasan untuk pindah.

Saya tidak tahu tepatnya, umumnya orang-orang pindah mulai dari karena alasan keuangan hingga sosial.

Juga, mungkin karena ada desakan untuk pindah, maksud saya, sangat penting untuk mengetahui bahwa terkadang keinginan untuk pindah itu adalah sebuah perasaan yang tumbuh semakin kuat dari waktu ke waktu.

Alasan-alasan Utama yang Mungkin Membuat Anda Memutuskan Untuk Pindah Apartemen:

Agar lebih jelas, berikut adalah alasan-alasan utama yang umumnya terjadi dibalik keputusan penyewa untuk mencari apartemen baru. Jika salah satu dari tanda-tanda ini ada pada diri Anda, itu berarti mungkin sudah saaatnya Anda untuk pindah:

 

1. Apartemen Anda sudah terlalu sempit

Ada beberapa alasan mengapa orang mulai berpikir untuk pindah apartemen, yang paling umum adalah karena apartemen yang sudah terlalu sempit.

Apakah Anda hampir tidak bisa membuka pintu lemari tanpa mungkin ada sebuah kotak yang jatuh?

Mungkin buku-buku Anda sudah tergeletak sembarangan seperti gambar dibawah ini?

Mencari apartemen baru

Atau mungkin selera Anda telah berubah. Misalnya, jika saat ini Anda tinggal disebuah apartemen studio yang sederhana, Anda mungkin memutuskan untuk memiliih tipe apartemen yang lebih besar.

Bisa juga karena alasan lain seperti saat ini Anda melihat bahwa apartemen Anda tidak lagi tampak sebesar seperti ketika Anda pertama kali mulai tinggal didalamnya.

Atau bahkan Anda sudah mencoba untuk merapikan perabotan dan barang-barang, memaksimalkannya, tetapi masih terasa sempit.

Yang pada akhirnya, jika Anda sudah menikah atau memiliki anak, atau jika Anda hanya berencana untuk itu, maka saran terbaik saya adalah Anda perlu pindah ke apartemen dengan ukuran yang lebih besar, termasuk kamar tidur yang lebih banyak.

 

2. Anda tidak mampu lagi membayar biaya sewa apartemen

Jika biaya sewa baru-baru ini meningkat atau Anda mungkin mengalami kesulitan keuangan yang tak diduga-duga sehingga menyebabkan Anda khawatir bahwa Anda tidak mampu lagi untuk membayar biaya sewa apartemen.

Jika itu yang terjadi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk pindah ke sebuah apartemen dengan biaya sewa yang lebih rendah.

Pilihan lainnya adalah jika apartemen Anda memiliki lebih dari satu ruangan, mungkin Anda mau mempertimbangkan untuk mencari roomate sehigga biayanya dapat dibagi dua.

 

3. Anda mampu untuk pindah ke apartemen yang lebih mewah

Alasan ketiga adalah mungkin sekarang Anda sudah mampu membeli apartemen yang lebih mewah.

Katakanlah dan semoga menjadi kenyataan bahwa penghasilan Anda meningkat secara signifikan sejak Anda tinggal diapartemen Anda yang sekarang, atau jika Anda hanya ingin meng-upgrade ke apartemen yang lebih mewah dan Anda mampu untuk itu.

Maka tidak ada salahnya Anda bergerak sekarang untuk mencari apartemen baru.

 

4. Anda tidak akur dengan tetangga atau pengelola apartemen Anda

Mungkin Anda memiliki tetangga yang pemarah, keras, tidak sopan dan selalu berisik karena acap kali menggelar konser dikamarnya pada tengah malam sehingga sering menggangu waktu istirahat Anda?

Atau bahkan Anda sudah tidak lagi menyukai pengelola apartemen Anda, mungkin dikarenakan komplain Anda yang lambat direspons, pengelola yang seenaknya atau hal-hal menyebalkan lainnya yang membuat Anda geram.

Permasalahan seperti diatas biasanya memang dapat diselesaikan dengan baik, seperti curhat ke komunitas atau paguyuban apartemen tempat Anda tinggal, tapi jika Anda telah mencobanya berkali-kali namun tidak ada upaya perbaikan, inilah saatnya Anda mulai berpikir mencari tempat tinggal yang baru.

 

5. Jauh dari kantor atau sekolah

Mungkin saat ini Anda sudah menyelesaikan sekolah dan memulai pekerjaan baru sebagai karyawan kantoran atau Anda hanya beralih pekerjaan pada saat masa sewa apartemen.

Terkadang, setiap kali kita mengubah rutinitas, selalu ada kemungkinan bahwa rute perjalanan juga akan berubah, syukur-syukur menjadi lebih dekat, nyaman dan tidak macet, tapi bagaimana kalau jaraknya menjadi lebih jauh atau bahkan menjadi sangat jauh?

Jika perubahan rutinitas itu sifatnya hanya sementara, mungkin tidak akan terlalu bermasalah, tapi bagaimana kalau sifatnya tetap? Anda akan kehilangan banyak waktu, tenaga dan uang plus lagi berkurangnya produktivitas karena Anda bisa stress dalam perjalanan yang jauh ke tempat kerja.

Jika itu terjadi pada diri Anda, maka saran saya adalah mulailah untuk pindah ke tempat yang lebih dekat.

 

6. Ada sesuatu yang membuat Anda menjadi tidak nyaman

Selain jarak perjalanan Anda yang menjadi lebih jauh (seperti yang saya sebutkan pada poin diatas), mungkin ada aspek lain yang membuat Anda menjadi tidak betah dan tidak nyaman di apartemen Anda yang sekarang.

Sebagai contoh, keadaan di lahan parkir apartemen (Anda sulit mendapatkan tempat parkir karena jumlah kendaraan lebih banyak daripada jumlah ruang parkir), atau mungkin karena adanya fasilitas tertentu yang rusak dan sudah lama tidak diperbaiki, juga mungkin dikarenakan lokasi yang jauh dari pusat hiburan dan semacamnya.

Terkadang, hal-hal seperti itu dapat mempengaruhi keputusan Anda untuk pindah ke apartemen yang lebih baik.

 

7.  Hanya merasa sudah waktunya untuk pindah

Terkadang, adakalanya Anda merasakan perasaaan yang emosional seperti… Sebagai contoh, mungkin tinggal diapartemen sekarang mengingatkan Anda tentang orang yang Anda cintai dan sudah lama hidup dengan Anda, atau mungkin Anda ditinggal seseorang yang telah meninggal sehingga hanya menyisakan kenangan.

Hal-hal tersebut bisa mengganggu perasaan Anda dan dapat menjadi alasan yang kuat mengapa Anda harus memutuskan untuk pindah.

 

N.B: Jika pada akhirnya Anda memutuskan untuk pindah, saran terbaik saya adalah gunakanlah Jendela360.com untuk mencari apartemen yang baru. Saya yakin Anda akan menyukai fitur virtual tour 360 yang kami sediakan, yang akan memungkinkan Anda untuk melihat dan mengunjungi apartemen, seluruhnya secara online.

Dan jangan segan-segan untuk menghubungi kami bila Anda mempunyai pertanyaan atau hanya sekedar ingin dibantu dicarikan apartemen yang disewakan. Perlu diingat bahwa kami akan dengan senang hati membantu Anda 🙂

 

Tertarik pindah apartemen ke Jakarta? Ada 2.000+ unit apartemen tersedia di situs Jendela360. Cari apartemen Anda sekarang!