Last Updated on

Pindah ke ibukota dari kota lain atau dari area yang lebih kecil adalah sebuah perubahan besar. Ini bukan hanya tentang perubahan gaya hidup tapi juga tentang perubahan kondisi finansial yang besar. Satu tantangan terbesar ketika pindah ke area baru terutama kota Jakarta adalah menyewa apartemen di ibukota dengan harga terjangkau.

Kota seperti Jakarta dikenal memiliki apartemen dengan harga sewa mahal. Bila Anda pindah dari area dimana uang yang Anda miliki masih bernilai besar, perubahan ini bisa cukup merisaukan. Tapi dengan memiliki informasi yang tepat Anda bisa temukan apartemen yang Anda cari.

Berikut ini beberapa tips menyewa apartemen di ibukota:

 

Interaksi dengan warga setempat

Sebelum benar-benar pindah ke ibukota, Anda bisa kunjungi Jakarta beberapa kali. Setiap kali berkunjung Anda bisa bicara pada pengemudi taksi atau orang yang Anda temui untuk mencari tahu tentang kondisi Jakarta dan mendapat saran tentang hunian terbaik.

Tips Menyewa Apartemen di Ibukota

Photo credit: paristay.com

Di kebanyakan kota-kota besar terdapat pembagian area yang masing-masing punya budaya dan tren sendiri. Prioritas utama Anda harus diperkecil menjadi  satu atau dua area spesifik, lalu cari apartemen di area tersebut.

Anda mungkin tidak bertanya ke orang yang tidak dikenal tentang berapa harga sewa apartemen, tapi Anda bisa tanyakan bagaimana kepadatan wilayah di lokasi tertentu.

Bila Anda pindah tempat tinggal karena pekerjaan, pastikan untuk mencari informasi sewa apartemen dari rekan kerja. Mereka bisa jadi sumber informasi tepat lainnya. Mungkin ada teman di divisi Anda yang punya informasi tentang apartemen di ibukota dengan harga sewa terjangkau yang akan sangat membantu Anda.

 

Cari agen properti terpercaya sebelum menyewa apartemen di ibukota

Bila Anda tidak bisa berada di ibukota untuk mencari apartemen, Anda perlu pastikan menggunakan jasa agen properti yang tepat.

Setelah menemukan agen dan merasa nyaman, pastikan mereka akan bekerja keras untuk klien yang tidak bisa secara fisik datang ke kota ini. Mereka bisa mengirim foto apartemen prospektif dan juga melakukan video call untuk tour di dalam apartemen, gedung apartemen dan lingkungan sekitarnya.

Ketika Anda tidak bisa datang ke ibukota untuk mencari apartemen, tidak ada jaminan kalau pencarian akan berjalan baik, Anda perlu berikan kepercayaan penuh pada penilaian agen properti. Bila tidak ingin sewa apartemen jangka panjang,  coba sewa jangka pendek saja. Lalu ketika Anda sudah benar-benar pindah ke kota ini, Anda bisa lakukan pencarian apartemen kembali.

 

Gunakan situs penyewaan apartemen

Situs seperti Jendela360 akan sangat membantu dalam menemukan apartemen di area baru yang sesuai anggaran Anda. Anda bisa browsing daftar apartemen online untuk menemukan apartemen dengan rentang harga sewa yang sesuai.

Yang paling membantu dari situs ini adalah Anda bisa memfilter pilihan apartemen berdasarkan harga, lokasi, dan pilihan lain yang akan sangat membantu dalam mencari apartemen yang ideal untuk Anda.

 

Lihat lingkungan apartemen

Setelah memutuskan area spesifik untuk ditinggali, jangan hanya mengandalkan riset online. Anda perlu langsung melihat seperti apa lingkungannya. Meski Anda mengira semua orang mamasukkan apartemennya untuk disewakan secara online, bisa saja pemilik mencantumkan tulisan “disewakan” di pintu apartemennya.

Tips Menyewa Apartemen di Ibukota

Photo credit: d1bvpoagx8hqbg.cloudfront.net

 

Siap berkompromi

Mungkin Anda punya kriteria tersendiri tentang apartemen yang akan ditinggali, tapi bila Anda kekurangan dana, berarti Anda perlu berkompromi. Sebelum pindah, ketahui apa saja fasilitas yang mungkin tidak tersedia di apartemen Anda dan Anda harus menerimanya.

Anda bisa buat daftar persyaratan yang harus dipenuhi apartemen Anda, serta yang mungkin tidak perlu ada. Misalnya, apartemen yang akan Anda huni harus dilengkapi mesin cuci, tapi tak masalah bila tidak dilengkapi dengan fasilitas gym.

Sering kali, harga untuk fasilitas yang tersedia sesuai dengan harga sewa yang ditawarkan.

 

Tinggal bukan di pusat kota

Semakin dekat tempat tinggal Anda dengan  area pusat kota, semakin tinggi harga sewanya. Mungkin Anda awalnya sangat ingin tinggal di pusat kota, lalu langsung berubah pikiran setelah tahu harga sewa apartemen di kawasan ini.

Baca artikel lainnya tentang tips pindah ke apartemen studio.

Tentu salah satu alasan Anda ingin tinggal di pusat kota adalah agar bisa mudah menjangkau berbagai tempat. Tapi tak mengapa menghabiskan waktu 20 sampai 30 menit untuk berkendara bila ini menghemat uang untuk sewa bulanan.

Coba cari lingkungan yang sedikit jauh dari pusat kota tapi masih menawarkan fasilitas yang lengkap yang bisa Anda nikmati seperti restoran, tempat belanja, dan area rekreasi.

 

Sewa apartemen jangka pendek

Menentukan tempat dimana akan tinggal selama beberapa tahun ke depan adalah sebuah keputusan besar. Bila Anda tidak menemukan apartemen yang sesuai, pilih sewa untuk jangka pendek. Anda tidak perlu membuat komitmen panjang dan selama Anda tinggal di unit tersebut Anda bisa pelajari lebih banyak tentang sewa apartemen. Memang ini berarti Anda harus pindah beberapa kali tapi akan menguntungkan untuk jangka panjang.

Menyewa apartemen di ibukota butuh banyak riset dan sedikit keberuntungan tapi perlahan Anda bisa temukan tempat yang tepat untuk dijadikan tempat tinggal di lokasi yang baru Anda datangi ini. Tetap berpikir positif dan fokus. Ada apartemen yang tepat di luar sana, Anda hanya belum menemukannya.

 

Tipe unit apa yang Anda cari? Jendela360 bisa bantu Anda temukan unit apartemen dengan cepat dan mudah.