PANDUAN PEMILIK SEWAAN

Mulai dari bagaimana cara menyewakan hingga unit apartemen tersewa secara professional

Anda mungkin sudah tahu bahwa semakin lama unit apartemen Anda tidak tersewa, maka akan semakin banyak Anda kehilangan potensi penghasilan.

Itu sudah jelas.

(Faktanya, Anda harus terus membayar service charge setiap bulannya)

Tapi apakah Anda tahu bagaimana caranya agar unit apartemen Anda cepat laku?

Mungkin Anda sudah tahu, seperti mengiklankannya di marketplace yang ada di internet, beriklan di koran atau bahkan meminta seorang agen properti untuk dibantu agar unit apartemen Anda cepat tersewa.

Semua cara diatas sudah benar, tapi kami yakin prosesnya agak ribet dan menjemukan, terlebih bila Anda memiliki lebih dari satu unit apartemen.

Jika Anda pernah membayangkan:

Sebuah agen yang dapat menolong segala keribetan proses menyewakan apartemen Anda, mulai dari proses fotografi unit, melistingkan unit di berbagai marketplace, dibantu ketika proses showing hingga unit tersewa secara professional, tapi itu semua tidak dipungut biaya dan Anda hanya ingin duduk manis saja menunggu respon 😛

Well, sebenarnya itulah yang kami lakukan di Jendela360, Anda tidak perlu membayangkan hal-hal diatas lagi, karena sekarang sudah menjadi kenyataan 🙂

Di Jendela360, kami akan membantu menyewakan unit apartemen Anda hingga tersewa dan semua proses mulai dari listing, fotografi, pemasaran unit dan proses showing tidak kami pungut biaya sama sekali.

(Juga, semua keribetan proses sewa menyewa kami yang akan mengurus)

Artinya, Anda tidak akan perlu ikut-ikutan ribet dan tidak perlu keluar biaya iklan.

Nah didalam panduan ini, kami akan menjelaskan tentang bagaimana caranya menyewakan unit di Jendela360 dan tips-tips praktis dan menarik yang dapat membuat unit Anda cepat laku.

So, keep reading…

Saya ingin menyewakan unit apartemen di Jendela360. Bagaimana caranya?

Caranya sangat mudah sekali, Anda hanya perlu mengunjungi halaman sewakan apartemen, kemudian mengisi formulir dengan mencantumkan nama, email, nomor telepon, dan nama apartemen yang disewakan.

Setelah itu, kami akan menghubungi Anda untuk menjadwalkan proses fotografi unit dan mengurus seluruh hal yang diperlukan hingga unit Anda tersewa.

Sewakan apartemen di Jendela360

Tips-tips praktis agar unit apartemen Anda cepat laku

Agar unit Anda cepat laku, berikut kami berikan 3 tips praktis yang dapat Anda ikuti:

#Tip 1: Mana yang lebih menguntungkan antara menjual atau menyewakan apartemen?

(Ini jika Anda bahkan tidak yakin bila menyewakan apartemen adalah pilihan yang lebih baik dan menguntungkan).

Jadi, sekarang Anda telah menemukan apartemen yang bagus, yang sesuai dengan keinginan Anda?

Mungkin karena ada satu dan lain hal, Anda memutuskan untuk menginvestasikan unit apartemen Anda, tetapi tidak yakin apakah mau menjualnya sebagai tujuan investasi jual beli atau menyewakannya untuk mendapatkan pemasukan rutin.

Pada dasarnya, tidak ada jawaban yang benar atau salah dari pertanyaan ini, tetapi ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskannya, seperti melihat dari sisi keuntungan, lamanya waktu unit terjual atau tersewa, biaya yang timbul dan lain-lain.

Jika Anda tidak yakin, saya menyarankan Anda untuk membaca artikel ini:

Haruskah Saya Menjual atau Menyewakan Apartemen Saya? Mana yang Lebih Menguntungkan?

#Tip 2: Cara menentukan harga sewa apartemen yang pas

Ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam menentukan harga sewa apartemen, tapi yang utama adalah Anda harus hati-hati dalam memutuskannya, karena jika harga terlalu tinggi maka tidak ada yang mau menyewa, pun sebaliknya jika harga terlalu rendah, maka calon penyewa juga akan curiga.

Itu sudah jelas.

Nah agar harga sewa apartemen bisa saling menguntungkan antara pemilik dan calon penyewa, Anda bisa menggunakan kedua cara sederhana dibawah ini:

1. Cek harga pasaran

Pertama sekali, cara yang paling sering digunakan adalah meniru atau memodifikasi harga dari tipe apartemen yang sama, dengan luasan dan fasilitas yang sama.

Artinya adalah bisa sedikit lebih rendah dari harga pasar, atau boleh juga sedikit lebih besar dari harga pasar, tapi yang perlu Anda ingat adalah jangan terlalu jauh dari harga pasar, karena calon penyewa justru akan curiga jika perbedaannya terlalu besar, apakah itu lebih tinggi jauh atau lebih rendah jauh.

2. Menghitung harga sewa menggunakan sistem Cap Rate

Cap Rate atau capitalization (tingkat kapitalisasi) adalah indikator yang sering digunakan dalam penjualan dan pembelian properti, yang tingkatannya berbeda-beda tergantung dari lokasi dan tipe properti.

Menurut pakar properti Anto Erawa, seperti dikutip di Okezone, perhitungan harga sewa apartemen bisa ditetapkan dengan menerapkan rumus berikut ini:

Harga Properti x Cap Rate (%)= Harga sewa / tahun

Sebagai informasi, nilai Cap Rate(%)/Capitalization apartemen berkisar antara 7% – 12%, tergantung dari kondisi properti, lokasi, dan lain-lain.

Jadi, misalkan harga jual apartemen Anda adalah Rp 500 juta, dengan capitalization rate sebesar 10%, maka harga sewanya adalah: Rp 500 juta x 10% = Rp 50 juta/tahun atau sekitar Rp 4 juta/bulan.

Ngomong-ngomong, ada satu aturan yang berlaku untuk harga sewa apartemen: posisikan diri sebagai calon penyewa. Jika Anda adalah penyewa, maukah Anda membayar biaya sewa sebesar yang Anda inginkan tesebut?

#Tip 3: Menyiapkan apartemen untuk disewakan dan viewing

Mempersiapkan unit untuk disewa kepada orang lain tidak sesederhana ketika Anda hanya pindah ketempat tinggal baru, kemudian membayar uang sewa dimuka dan Anda siap untuk tinggal didalamnya.

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda mempersilahkan calon penyewa untuk menempati unit Anda.

Pertanyaannya, mengapa perlu mempersiapkan unit untuk disewa?

Unit yang dipersiapkan dengan baik tidak hanya akan meningkatkan nilai harga sewa dan daya tarik dari calon penyewa saja, tetapi ini juga akan membantu memastikan keseluruhan proses sewa menyewa menjadi lebih mulus dari awal hingga akhir.

Silahkan ikuti beberapa tips berikut agar unit Anda siap disewakan dan siap digunakan ketika proses showing:

Cek keadaan unit Anda

Pertama sekali, jika unit Anda sudah lama tidak ditinggali atau dibiarkan kosong, Anda harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui jika ada  masalah seperti atap atau plafon yang bocor, keran air atau pipa yang mampet, bohlam lampu yang mati, dinding yang berlubang atau retak.

Juga, jangan lupakan lantai unit apartemen Anda apakah masih aman dan tidak berbunyi.

Bersihkan unit

Semewah apapun unit apartemen Anda, kalau kondisinya kotor, tentu saja akan mengurangi daya tarik di mata calon penyewa.

Itu sudah jelas.

Jadi, mulailah dari membersihkan lantai unit Anda, jendela, tirai dan noda-noda pada karpet. Juga, pastikan seprei kasur Anda dalam keadaan rapih dan bersih. Yang tidak kalah penting adalah perhatikan dinding atau tembok unit Anda, bila perlu di cat ulang dengan warna yang netral agar ruangan tampak lebih bersih dan cerah.

Pastikan keamanan unit

Pikirkan tentang keselamatan penyewa. Penyewa akan merasa nyaman jika mereka tinggal di tempat tinggal yang aman.

Anda bisa melengkapi dapur dengan alat pemadam api, atau bila perlu memasang detektor asap. Selain itu, pastikan semua pintu memiliki handle bar yang kuat.

Evaluasi perabotan atau perlengkapan unit Anda

Sekali lagi, pastikan unit apartemen Anda berada dalam kondisi yang prima. Tidak hanya kebersihan lantai, jendela atau tirai saja yang perlu Anda perhatikan, tetapi juga perabotan dan peralatan yang ada dalam unit Anda.

Jika kondisi apartemen Anda dalam keadaan fully furnished atau semi furnished, maka Anda perlu memastikan bahwa kondisinya dalam keadaan bersih dalam dan luar, misalnya kondisi kulkas yang bersih didalam dan diluar.

Selain itu, pastikan juga bahwa perabotan Anda berfungsi dengan baik, seperti misalnya mesin cuci yang bocor, ubin yang rusak atau cat pecah, kompor gas yang rusak dan lain-lain.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *