Banyak penyewa baru menganggap bahwa mencari apartemen adalah pekerjaan yang mudah. Mencarinya secara online, memilih paling bagus sesuai budget, melihat unit dan kemudian menandatangani kontrak sewa, benar?

Faktanya, mencari apartemen tidaklah sesederhana itu!

Sementara memang ada aturan-aturan dan biaya ketika tinggal di apartemen seperti biaya maintenance. Ada beberapa hal lain yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menandatangi kontrak perjanjian sewa.

Kabar baiknya adalah kami telah mengumpulkannya dalam 10 pertanyaan yang perlu Anda tanyakan untuk memastikan bahwa Anda telah menemukan apartemen yang tepat.

Luangkan waktu Anda untuk menanyakannya kepada pemilik apartemen, karena kalau tidak, terkadang hal-hal dibawah ini dapat merusak pengalaman menyenangkan Anda tinggal diapartemen atau bahkan Anda tidak tahu mungkin Anda akan dikenai sejumlah biaya tertentu.

 

#1 Pertama-tama, dimana sebaiknya saya mencari informasi apartemen yang disewakan? Apakah saya memerlukan seorang agen?

Ini tergantung pada tempat tinggal Anda, sebaiknya Anda melakukan research terlebih dahulu dikota tempat tinggal Anda. Tapi pada umumnya, Anda bisa mencari informasi apartemen yang disewakan secara online.

Saat ini, sudah banyak sekali website-website yang dapat Anda gunakan untuk mencari apartemen. Ada banyak juga agen yang menawarkannya.

 

mencari apartemen disewakan di Jakarta

[Jendela360.com]

PRO TIP:

Kabar baik untuk Anda yang mencari apartemen di Jakarta, karena saat ini sudah tersedia Jendela360.com yang memungkinkan Anda untuk mencari apartemen yang disewakan khusus di Jakarta dengan mudah dan murah. Bahkan Anda akan dibantu dalam proses pencarian apartemen idaman Anda secara GRATIS. Silahkan kunjungi halaman cari apartemen Jendela360.com.

 

#2 Apakah saya diperbolehkan untuk mendekorasi ruangan apartemen tanpa dikenakan penalty?

Kebanyakan pemilik apartemen menetapkan bahwa ketika Anda pindah nanti, apartemen harus dikembalikan ke kondisi yang sama ketika Anda mulai tinggal didalamnya.

Juga, beberapa pemilik menulis klausul secara khusus tentang ini didalam kontrak perjanjian sewa yang mengatakan bahwa Anda perlu izin terlebih dahulu ketika memasang sesuatu atau mendekor apartemen Anda, seperti memasang wallpaper, dan memaku paku ke dinding.

Dalam banyak kasus, ketika Anda melanggar ketentuan tertentu, Anda akan kehilangan uang jaminan atau deposit yang telah Anda berikan diawal.

 

mendekorasi ruangan apartemen

[Sumber gambar: Wayfair.com, T. Duffy and Associates]

 

#3 Apakah membawa hewan peliharaan diperbolehkan? Jika iya, apakah dikenakan biaya?

Dalam beberapa kasus, meskipun diapartemen tempat Anda tinggal diperbolehkan membawa hewan peliharaan kedalam unit, tapi ada juga sebagian pemilik yang tidak mengizinkannya.

Sebagian pemilik ada juga yang memperbolehkan Anda membawa kucing atau anjing kecil, tapi tidak untuk anjing labrador Anda 😛

Biasanya persoalan hewan peliharaan ini ditulis dalam klausul kontrak perjanjian sewa, jika tidak ada sebaiknya Anda menanyakannya.

 

membawa hewan peliharaan di apartemen

[Sumber gambar: @Melissa_Scottish]


#4 Bagaimana soal lahan parkir di apartemen?

Jika Anda memiliki mobil, parkir harus menjadi prioritas Anda.

Tidak hanya perlu ditanyakan saja, namun mungkin Anda harus melihat langsung kondisi lahan parkir di apartemen tempat Anda ingin tinggali, saran saya lihatlah pada malam hari ketika lahan parkir sudah mulai terlihat ramai atau penuh.

Idealnya, lahan parkir yang tersedia di apartemen itu adalah 1:1 dalam antrian, artinya satu unit apartemen mendapatkan satu lahan parkir.

 

lahan parkir di apartemen

[Sumber gambar: Apartments.com]


#5 Bagaimana jika saya membutuhkan perbaikan yang sifatnya darurat dikemudian hari?

Tidak peduli seberapa bagus segala perabotan atau perlengkapan didalam apartemen Anda, bahkan jika segala sesuatunya saat Anda mulai tinggali tampak terlihat baik-baik saja, pastikan diawal Anda juga menanyakan apabila ada sesuatu yang rusak dan Anda membutuhkan bantuan perbaikan yang sifatnya darurat.

Misalkan AC kamar tidur yang rusak. Tentu Anda tidak ingin tidur dalam keadaan panas berhari-hari, bukan?

Apakah bantuan perbaikan tersedia dalam 24/7? Dan seberapa cepat mereka merespons keluhan Anda? Terkadang, dalam beberapa kasus, pemilik atau pengelola apartemen Anda tinggal menyerahkan semua persoalan ini sepenuhnya ditangan penyewa.

 

Perbaikan darurat di apartemen

[Sumber gambar: Pixsooz – Fotolia]

#6 Apa yang termasuk dalam biaya sewa? Dan apa yang tidak termasuk?

Biaya sewa selalu tidak hanya tentang biaya yang harus Anda keluarkan untuk tinggal di apartemen, tetapi terkadang ada biaya lainnya yang mungkin sudah termasuk atau belum termasuk dalam biaya sewa apartemen.

Misalnya adalah biaya internet, biaya maintenance atau biaya parkir motor dan mobil.

Jadi, Anda perlu menghitung berapa total biaya tetap yang harus Anda keluarkan setiap bulannya, termasuk biaya maintenance dan biaya parkir. Meskipun dalam sedikit kasus, ada juga pemilik yang sudah memasukkan biaya maintenance atau biaya parkir kedalam biaya sewa.

 

Biaya yang termasuk dalam biaya sewa apartemen

[sumber gambar: istock]

#7 Seberapa sering biaya sewa mengalami kenaikan? Berapa banyak?

Dalam banyak kasus, ketika Anda akan memperbarui atau memperpanjang masa sewa apartemen (renewal), biasanya apartemen akan mengalami kenaikan harga sewa.

Jika Anda memutuskan untuk tinggal di apartemen yang sama setelah masa sewa apartemen Anda berakhir, penting untuk menanyakan tentang kenaikan biaya sewa ini.

Tapi, biasanya kenaikannya tidak terlalu besar, sekitar 5% – 10%.

 

#8 Bagaimana dengan keamanan di apartemen?

Tanyakan pada pengelola atau pemilik apartemen Anda bagaimana tingkat keamanan di apartemen yang akan Anda tinggali? Apakah ada CCTV, kartu akses pribadi, sistem bel di pintu, dan hal-hal lainnya.

Tanyakan juga tentang lingkungan disekitar apartemen – apakah daerahnya relatif aman? Tapi saran saya, Anda perlu juga untuk mecoba keluar jalan-jalan disekitar apartemen sebelum Anda memutuskan untuk menandatangani kontrak sewa.

 

keamanan di apartemen

[sumber gambar: thesun.ie]


#9 Berapa besar biaya deposit yang harus saya keluarkan? Dan dalam keadaan yang seperti apa uang deposit saya tidak akan dikembalikan?

Biasanya besaran harga deposit itu adalah sebesar biaya satu bulan sewa.

Tapi yang paling penting adalah Anda perlu memastikan apa saja keadaan yang dapat memungkinkan uang deposit Anda tidak akan dikembalikan, misalnya jika ada kerusakan di salah satu perabotan, seperti TV rusak atau AC yang rusak.

Dan seandainya Anda merusak barang-barang yang jumlah perbaikannya melebihi jaminan uang deposit, tentu saja Anda perlu mengeluarkan uang lebih lagi untuk membayarnya ketika Anda keluar atau masa sewa apartemen Anda berakhir. Jangan kabur atau tidak bertanggung jawab ya 😛

 

#10 Apakah saat ini sudah ada kerusakan dibagian tertentu didalam unit apartemen? Jika iya, bisakah Anda (pemilik) menuliskannya?

Penting sekali untuk memeriksa jika ada kerusakan tertentu pada unit apartemen, seperti ada lubang ditembok, goresan atau kerusakan lainnya sebelum Anda tinggali.

Anda bisa berjalan-jalan diseluruh ruangan diapartemen, mencatat jika ada kerusakan, bahkan kerusakan kecil sekalipun seperti goresan. Dengan begitu, dikemudian hari Anda tidak akan disalahkan jika ada kerusakan yang bahkan bukan Anda yang melakukannya.

 

Kerusakan didalam apartemen

[sumber gambar: rentcafe.com]

 

Bingung cari sewa apartemen di Jakarta? Jendela360 bisa bantu temukan unit yang ideal untuk Anda dengan cepat dan mudah.