Tempat penyimpanan selalu jadi hal penting, terutama di ruangan yang berukuran kecil. Dan meski Anda tidak bisa menambahkan lemari, tapi Anda masih bisa memanfaatkan rak dinding minimalis di apartemen.

Bila tempat penyimpanan tambahan jadi sebuah kebutuhan di apartemen, Anda bisa gunakan rak di tempat-tempat yang sebelumnya tidak terpikir:

#1. Di atas pintu

Bila ada pintu di sudut ruangan, Anda punya area yang tepat untuk tempat penyimpanan tambahan. Anda bisa menggunakannya untuk barang yang tidak biasa disimpan di rak dinding biasa.

Meski posisinya tidak di sudut, bagian atas pintu selalu bisa jadi tempat untuk memasang rak dinding.

Photo credit: Google

 

#2. Di atas sofa

Area di atas sofa jadi tempat untuk memasang pajangan, atau juga jadi tempat untuk rak dinding minimalis. Hanya saja, pastikan posisi rak cukup tinggi sehingga tidak membentur kepala Anda ketika duduk.

 

#3. Sepanjang atas lorong

Rak dinding yang digantung sepanjang lorong bisa memberi tempat penyimpanan tambahan. Selama posisinya di atas kepala, rak seperti ini bisa dipasang di ruang yang sempit sekalipun.

 

#4. Di atas televisi

Rak di atas televisi punya efek menurunkan dampak visual dari televisi itu sendiri.

 

#5. Di atas meja

Rak di atas meja bisa jadi tempat untuk menyimpan berbagai barang, termasuk peralatan kerja Anda.

 

#6. Di atas tempat tidur

Rak di atas tempat tidur memberi kesan praktis dan sangat tepat diterapkan pada area kamar tidur yang berukuran kecil.

 

#7. Di atas lemari dapur

Anda bisa tambahkan rak baru di atas lemari dapur untuk menambah area penyimpanan.

 

Cara membuat rak dinding minimalis di apartemen

Rak dinding jadi solusi untuk masalah penyimpanan, rak ini juga membuat ruangan lebih rapi dan bersih.

Bila Anda belum mulai menggunakan rak dinding karena mengira Anda tidak punya waktu atau skill untuk membuatnya, berikut ini beberapa rak dinding minimalis yang mudah dibuat dan dipasang di apartemen Anda.

Rak dinding minimalis bentuk segi tiga

Material kayu yang Anda gunakan perlu dipotong miring 30 derajat pada ujungnya, pastikan panjang kayu konsisten, misalnya sepanjang 12 inci. Setelah ketiga bagian kayu dipotong, gunakan lem kayu pada masing-masing ujung, tempelkan hingga membentuk segi tiga, biarkan selama beberapa menit agar kering, lalu gunakan paku untuk memperkuat.

 

Rak dinding minimalis model industrial

Bila Anda ingin tampilan industrial pada rak, tapi tidak mau apartemen terlihat seperti bengkel besi, padukan dengan kayu. Pastikan baut-baut cukup terpasang kuat pada dinding.

 

Rak segi 6 (hexagon)

rak minimalis hexagon

Seperti pada rak bentuk segi tiga, Anda perlu siapkan 6 bagian kayu dengan ukuran yang sama dan potong dengan kemiringan 30 derajat pada tiap ujungnya. Setelah potongan kayu siap, susun membentuk segi 6 dan rekatkan dengan lem kayu. Biarkan kering. Lalu Anda perlu menggunakan paku untuk memastikan bagian-bagian rak menyatu dengan cukup kuat.

 

Rak melayang di kamar mandi

Untuk memasang rak melayang di kamar mandi, pastikan Anda punya kayu dengan panjang yang sesuai, tentukan ketinggian rak, dan dengan presisi pastikan dimana Anda akan mengebor tembok, karena Anda perlu memasang bracket-nya lebih dulu.

Bila semua sudah siap, pasang bracket pada dinding, letakkan kayu di atasnya agar posisinya pas, dan kencangkan dengan obeng.

 

Rak untuk menggantung jaket

Gunakan lem pada salah satu sisi kayu yang akan menyentuh dinding, gunakan bracket agar rak bisa lebih kuat menahan beban. Pengait pada bagian bawah rak bisa Anda manfaatkan untuk menggantung jaket dan topi.

Baca artikel lainnya tentang tips agar ruang tamu di apartemen terkesan lapang.

 

Tempat penyimpanan alternatif selain rak di apartemen

Menyewa apartemen kadang juga berarti mencari solusi untuk menyimpan semua barang yang Anda miliki. Tidak efektif menyimpan barang bisa menimbulkan kesan berantakan.

Tapi ada beberapa tips dalam memanfaatkan area penyimpanan di apartemen:

 

Gunakan furniture untuk area penyimpanan

Ottoman, coffee table, kursi dan furniture lain bisa digunakan untuk menyimpan barang di dalamnya. Bila Anda kekurangan area penyimpanan, ini bisa jadi solusi tepat untuk menyimpan selimut, mainan, majalah, remote atau apa saja yang ingin Anda simpan tanpa terlihat.

 

Gantung celana jeans menggunakan gantungan bentuk S

Anda mungkin melihat bagaimana celana jeans digantung menggunakan gantungan bentuk S di toko pakaian. Kenapa Anda tidak lakukan hal yang sama? Ini akan menghemat tempat di lemari.

 

Membagi ruang dengan tepat

Bila Anda tinggal di apartemen studio, Anda bias buat ruangan terkesan lebih besar sekaligus menambah area penyimpanan dengan membagi ruang menjadi area tidur dan area living room.

Tambahkan rak terbuka dari plafon hingga lantai untuk menyimpan barang seperti buku dan DVD. Anda bisa juga tambahkan kotak di rak untuk tempat penyimpanan tersembunyi.

 

Anda sedang mencari apartemen impian? Jendela360 bisa bantu temukan yang tepat untuk Anda.