Balkon rumah merupakan salah satu bagian penting dari tampilan sebuah rumah. Keberadaannya mempengaruhi bentuk model rumah, sehingga keberadaannya tidak bisa disepelekan. 

Selain itu, balkon rumah juga dapat dimanfaatkan sebagai ruangan tambahan, seperti tempat bersantai, ruang tamu, taman, tempat istirahat, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mendekorasikan balkon Anda sekreatif mungkin. Namun, sebelum mengkreasikannya, tentunya Anda memerlukan beberapa referensi dekorasi yang sesuai dengan balkon Anda.

Saat ini, balkon rumah dengan model minimalis sangat diminati. Anda bisa menyesuaikan dekorasi balkon sesuai dengan bentuk rumah. Jika Anda sedang mencari inspirasi balkon, berikut 7 referensi balkon rumah minimalis untuk Anda.

1. Desain Balkon Beton Minimalis 

Bagi Anda yang suka desain simpel dan minimalis, balkon rumah berbahan beton bisa menjadi pilihan untuk Anda. Biasanya, material balkon ini dipadukan dengan bahan lain, seperti batu bata maupun batu alam.

Untuk mendekorasi balkon dengan bahan beton, Anda bisa memadukannya dengan meletakkan beberapa kursi maupun sofa dengan model minimalis di area balkon. Selain itu, gunakan keramik berwarna netral untuk memberikan kesan modern pada area balkon.

Sumber : Pinterest

Sumber : Pinterest

Salah satu rumah yang dilengkapi dengan balkon beton adalah Cluster Maninjau at Asya. Cluster ini menyediakan beberapa tipe rumah dengan balkon berdesain minimalis. Desain bangunannya juga sangat modern dan simpel, sangat cocok untuk Anda yang menyukai hunian dengan model tersebut.

2. Balkon Dengan Desain Taman

Ingin mengoleksi tanaman, namun tidak punya lahan? Sulap saja balkon Anda menjadi taman. Anda bisa mendekorasi area balkon dengan berbagai jenis tanaman sesuai dengan selera. 

Sumber : Pinterest

Sumber : Pinterest

Jika balkon Anda tidak terlalu luas, Anda bisa menanam tanaman rambat yang tidak memakan banyak tempat atau menggantungkan tanaman hias di area balkon. 

Sumber : Pinterest

Rumah Cluster Aether BSD City merupakan salah satu perumahan yang menyediakan balkon dengan mini garden. Bagi Anda pencinta balkon bernuansa taman, Cluster Aether bisa menjadi rekomendasi hunian untuk Anda.

3. Balkon Bernuansa Kayu

Jika Anda ingin memberi kesan hangat pada area balkon, desain balkon bernuansa kayu bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Anda bisa mendekorasinya dengan memberi beberapa furnitur kayu di beberapa sisi balkon. 

Sumber : Pinterest

Selain furnitur berbahan kayu, Anda juga bisa menambahkan beberapa furnitur sederhana yang sesuai dengan desain ruangan. Namun, dalam mendekorasi balkon rumah bernuansa kayu, jangan lupa untuk membatasi furnitur pada balkon agar Anda bisa lebih leluasa untuk bersantai.

Sumber : Pinterest

4. Balkon Berbahan Besi

Sumber : Pinterest

Balkon yang cukup populer di Indonesia adalah balkon dengan railing besi. Banyak perumahan, khususnya di kawasan BSD yang menggunakan railing besi, seperti Cluster Quantis Signature, Myza BSD City, dan lainnya.

Balkon jenis ini biasanya lebih awet dan tahan lama. Tak hanya itu, balkon berbahan besi juga memberikan kesan minimalis. Anda bisa memadukan balkon dengan memberikan beberapa furnitur sederhana seperti kursi dan meja kecil.

Sumber : Pinterest

Baca juga : 16 Tips Dekorasi Rumah Minimalis Sebagai Panduan Anda

5. Desain Balkon Terbuka

Memiliki balkon dengan desain terbuka merupakan keinginan bagi hampir setiap orang. Selain dapat dimanfaatkan sebagai ruangan tambahan, balkon jenis ini juga dapat didekorasi sesuai keinginan.

Beberapa perumahan di Indonesia, seperti Cluster Wisteria, Cluster Caelus, Blizfield BSD City dan Cluster Lyndon Navapark menyediakan balkon terbuka atau yang biasa disebut sebagai sky balcony. 

Jika Anda menyukai balkon tipe ini, Anda bisa mewujudkannya dengan membeli rumah yang menyediakan sky balcony atau mendesain sendiri konsep rumah impian Anda.

6. Balkon Berbahan Kaca

Sumber : Pinterest

Bagi para pencinta rumah berdesain modern, balkon berbahan kaca merupakan pilihan yang tepat untuk rumah Anda. Karakteristik kacanya yang transparan dapat memberikan tampilan modern untuk hunian Anda. Biasanya, balkon jenis ini tidak seluruhnya berbahan kaca, tetapi dipadukan dengan material lain seperti besi, baja, dan kayu agar lebih kokoh berdiri.

Sumber : Pinterest

Jika Anda ingin mendekorasi balkon berbahan kaca, Anda bisa memadukannya dengan menambah beberapa properti yang simpel, seperti kursi dan meja. Pilihlah properti yang berwarna netral untuk memberikan kesan modern pada area balkon Anda.

Beberapa cluster perumahan menyediakan fasilitas balkon berbahan kaca, seperti Cluster Vivaldi Summarecon Serpong, Cluster Kiyomi, Cluster Provence Suites BSD, dan masih banyak lagi.

7. Balkon Modern Klasik

Sumber : Pinterest

Desain balkon dengan model modern klasik juga bisa menjadi referensi untuk Anda. Ciri khas dari balkon ini adalah railing balkonnya yang berupa ukiran cantik, namun tidak berlebihan. Biasanya, balkon jenis ini bisa banyak ditemui di rumah-rumah eropa. Dengan mengadaptasi model balkon rumah modern klasik, Anda bisa memberikan kesan elegan pada hunian Anda.

Sumber : Pinterest

Beberapa perumahan di BSD City menyediakan unit dengan model modern klasik, seperti Cluster Granada dan Cluster New Alicante yang mengadaptasi perumahan modern Amerika.

Itulah 7 referensi balkon rumah untuk Anda. Semoga bisa menjadi referensi untuk mempercantik balkon Anda. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai hunian yang menyediakan balkon cantik, Anda bisa mencari referensi rumah dan apartemen di Jendela360, situs pencarian properti nomor satu di Indonesia.