Rekomendasi Buku Self Improvement – Jendela360. Ada pepatah yang mengatakan jika buku adalah jendela dunia, namun ternyata pepatah ini bukan sekedar kiasan saja. Meskipun saat ini teknologi sudah sangat berkembang, buku akan selalu menjadi sarana berbagi informasi atau pemikiran yang berguna untuk orang lain.

Namun tahukah kamu jika buku tak hanya sekedar menjelaskan suatu hal, beberapa buku terkenal di dunia ini ternyata memiliki pesan yang dapat merubah sudut pandang orang menjadi lebih baik. Umumnya buku akan berisi hasil penelitian mengenai sesuatu, namun beberapa buku biografi dan pengalaman hidup ternyata juga diminati masyarakat.

Bagi anak muda buku yang membahas tentang pembentukan karakter disebut ā€œbuku self improvementā€. Buku ini akan mengubah sudut pandang dan menyelesaikan permasalah pribadi pembacanya, hal ini karena buku self improvementĀ  ditulis oleh seseorang yang telah melewati permasalah tertentu.

Meskipun terkesan sepele, buku self improvement ternyata membawa dampak yang besar bagi anak muda yang sedang mencari jati dirinya. Bukan tanpa alasan, hal ini karena banyak anak mudah yang mengalami krisis identitas dan ingin mengubah hidupnya namun tidak memiliki seseorang yang dapat membantunya. Oleh sebab itu buku self improvement hadir sebagai pendoman untuk membuka sudut pandang dan merubah seseorang menjadi lebih baik.

Jika saat ini kamu sedang mengalami tersebut, berikut beberapa buku self improvement yang harus kamu baca karena akan membantumu memperbaiki diri.

 

Rekomendasi Buku Self Improvement

1. Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat

Sumber: bahanamahasiswa.co

The Subtle Art Of Not Giving A F*ck merupakan buku yang ditulis oleh Mark Manson. Saat ini, buku The Subtle Art Of Not Giving A F*ck menempati peringkat pertama untuk buku self improvement karena menjadi Best Seller dan buku terlaris tak hanya di indonesia namun di beberapa negara.

Buku ini membahas tentang bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang menjadi lebih baik. Seperti judulnya, buku ini mengajarkan seseorang untuk bisa bersikap bodo amat akan suatu hal yang ada di dalam hidup.

Buku ā€œThe Subtle Art Of Not Giving A F*ckā€ pertama kali dirilis pada tahun 2016 dengan bahasa inggris. Lalu karena tingginya peminat, di tahun 2018 buku ini dirilis dalam versi bahasa indonesia dengan judul Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat.

Jika kalian mencari buku ini, kalian bisa menemukannya di beberapa toko buku maupun di e-commerce yang ada di Indonesia.Ā  Untuk harga, buku ini dibanderol dengan harga yang terbilang murah karena dijual dengan harga mulai dari Rp. 40.000 an.

2. Filosofi Teras

Sumber: campuspedia.id

Buku tentang buku self improvement yang kedua adalah Filosofi Teras. Buku ini merupakan buku karya anak bangsa yaitu Henry Manampiring.Ā  Fokus dari buku ini adalah tentangĀ  pembahasan filsafat stoisisme yang kemudian dijelaskan menjadi filsafat teras.

Jika kamu sedang dalam masa pencarian identitas, Buku Filosofi Teras sangat cocok karena buku ini membahas bagaimana cara mengendalikan diri atas berbagai rasa yang ada seperti kecewa, cemas, khawatir, takut, depresi, hingga stres. Hal lain yang menjadi keunggulan buku ini adalah gaya bahasa yang digunakan Henry Manampiring yang mudah dipahami pembaca nya serta pemberian pendapat ahli dan data yang relevan terkait permasalahan yang dibahas.

Jika kalian berminat membeli buku ini, kalian bisa menemukannya di berbagai toko buku di seluruh nusantara dan beberapa e-commerce yang ada. Buku Filosofi Teras sendiri dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 30.000 an.

Baca juga: 11 Cara Merawat Buku Agar Tidak Menguning dan Berjamur

3. The 7 Habits of Highly Effective People


Sumber: cwccoaching.ie

Buku self improvement yang selanjutnya adalah buku yang ditulis oleh Stephen Covey berjudul The 7 Habits of Highly Effective People. Buku ini dirilis pada tahun 1989 dan membahas tentang tujuh kebiasaan baik yang umumnya dilakukan oleh orang-orang sukses.

Buku ini sangat cocok untuk kalian yang memang ingin menata ulang kebiasaan dan kehidupan kalian setelah melewati masalah yang rumit. Dengan buku ini hidup kalian akan lebih tertata dan juga lebih efektif dalam berbagai aspek termasuk kehidupan personal hingga menjaga hubungan dengan orang lain.

Jika kalian ingin membeli buku ini kalian bisa mencarinya di toko buku online maupun offline serta berbagai e-commerce yang ada. Buku ini sendiri dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 80.000 an dan memiliki beberapa versi cetak.

4. The Power of Habit: Why We Do What We Do in Life and Business


Sumber: tinsalesvs.com

Buku selanjutnya adalah buku yang ditulis oleh Charles Duhigg dan dirilis pada tahun 2012. Buku ini berfokus tentang penjelasan bagaimana jika sebuah kebiasaan baik akan sangat berpengaruh dalam kehidupan.

Selain itu buku ini juga memberikan penjelasan serta contoh yang cukup beragam sehingga membuat pembacanya penasaran. Dengan adanya contoh tersebut, makna dari buku ini sangatlah mudah untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kalian berminat membeli buku ini, kalian bisa mendapatkannya di berbagai toko buku baik offline maupun online ataupun melalui e-commerce. The Power of Habit: Why We Do What We Do in Life and Business ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 60.000 an.

5. Grit: The Power of Passion and Perseverance


Sumber: gregory.ph

Buku self improvement yang selanjutnya adalah buku Grit: The Power of Passion and Perseverance. Buku ini merupakan buku motivasi yang ditulis oleh Angela Duckworth pada tahun 2016 lalu di Inggris.

Buku ini bercerita tentang apa arti sesungguhnya dari kesuksesan serta apa saja faktor pemicu kesuksesan. Selain itu, dengan membaca buku ini kalian akan mendapatkan cara untuk menjalani kehidupan yang lebih bahagia. Karena kesuksesannya, pada tahun 2018 buku ini diterjemahkan dalam bahasa indonesia menjadi Grid: Kekuatan Passion dan Kegigihan.

Jika kalian hendak mencari buku ini, kalian bisa mendapatkannya di berbagai toko buku di seluruh indonesia dan e-commerce yang ada. Harga buku Grit: The Power of Passion and Perseverance ini sediri dibanderol mulai dari Rp. 80.000 an.

Baca juga: 8 Tips Membuat Perpustakaan Mini Di Apartemen

6. The Alchemist


Sumber: crystaldreamsworld.com

The Alchemist merupakan rekomendasi buku self Improvement terakhir yang ditulis pada tahun 1988 oleh Paulo Coelho. Buku ini terbilang sangat berbeda dengan buku self improvement yang sebelumnya, karena buku ini merupakan sebuah Novel fiksi yang dapat mengubah sudut pandang pembacanya.

Buku The Alchemist sendiri bercerita tentang perjalanan seorang gembala yang dikemas dengan berbagai simbol serta analogi. Penggambaran ini membuat para pembacanya akan terus berusaha mencari arti kehidupannya setelah membaca buku ini.

Jika kalian hendak membeli buku ini, buku The Alchemist dapat kalian temui di berbagai toko buku di Indonesia dan beberapa e-commerce. Novel fiksi The Alchemist dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 100.000 an.

Keenam buku diatas adalah buku yang dapat kalian jadikan sebagai sarana yang membantu mengembangkan diri kalian. Selain keenam buku tersebut, tentunya masih banyak buku lain yang bagus dan dapat kalian jadikan sudut pandang lain untuk mengembangka diri.