Ada banyak pilihan dalam menyewa apartemen. Anda bisa sewa apartemen harian ketika membutuhkan tempat menginap untuk waktu yang singkat. Alternatif lain adalah sewa apartemen bulanan, untuk masa tinggal yang lebih lama.

Apa saja kelebihan dan kekurangan dari sewa apartemen harian dan sewa apartemen bulanan? Mari kita lihat satu per satu.

Sewa apartemen harian

Anda pernah berpikir tentang sewa apartemen harian? Ketika Anda sedang mencari akomodasi untuk keperluan bisnis atau liburan, berikut ini yang perlu Anda ketahui:

Kapan sewa apartemen harian?

Bila Anda sering melakukan perjalanan dinas atau suka jalan-jalan, akan lebih baik jika Anda mencari apartemen dengan sewa harian dibanding hotel. Atau bila Anda akan segera pindah ke rumah baru, maka sewa apartemen harian jadi pilihan tepat.

Kenapa sewa apartemen harian?

Meski Anda tidak mendapat sarapan gratis atau fasilitas lainnya seperti housekeeping atau room service, manfaat tambahan dari sewa apartemen harian bisa Anda peroleh saat menikmati liburan atau bila Anda jadi traveler  selama beberapa hari. Fleksibilitas yang ditawarkan apartemen yang disewa harian akan sangat menguntungkan.

Photo credit: Google

Yang bisa Anda dapat dengan sewa apartemen harian antara lain:

  • Administrasi yang tidak rumit. Bila menginap selama beberapa hari di hotel, Anda perlu melengkapi data diri serta keperluan administrasi lainnya. Sebagian orang keberatan bila harus mengurus semua ini. Tapi ketika Anda sewa apartemen harian, prosesnya tidak akan terlalu rumit mengingat transaksi yang terjadi dilakukan antar individu.
  • Ada fasilitas seperti pusat kebugaran dan area tinggal yang lebih luas yang tidak bisa Anda nikmati ketika tinggal di hotel namun bisa Anda dapat ketika sewa apartemen harian. Ketika Anda bepergian dengan anggaran terbatas, di apartemen ada dapur dengan alat masak lengkap. Ini jadi cara untuk menghemat uang selama Anda ┬átinggal di sana. Fasilitas outdoor seperti balkon juga bisa membuat Anda lebih menikmati udara segar yang tidak bisa Anda dapat di kamar hotel.
  • Harga yang sesuai. Bila Anda tinggal lebih lama di tempat tujuan, biaya hotel bisa cukup mahal. Tapi dengan sewa apartemen harian, Anda cukup keluarkan biaya yang sama untuk tinggal selama beberapa hari. Anda bisa menghemat uang dan menggunakannya untuk hal lain selama perjalanan dinas.
  • Lokasi. Tinggal di hotel ketika bepergian bisa berarti Anda tidak leluasa menjelajah area komersil di sekitarnya. Tapi apartemen yang Anda sewa punya akses ke taman publik, restoran menarik, serta tempat-tempat unik yang memberi Anda kesan yang lebih personal tentang kota yang Anda datangi.

Yang perlu diperhatikan saat sewa apartemen harian

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Pastikan Anda familiar dengan kebijakan sewa sebelum tanda tangan. Biaya pembatalan bisa bervariasi, jadi waspadai penalti untuk pembatalan atau mengganti tanggal kunjungan. Bila ada anak kecil atau hewan peliharaan yang ikut serta, cek lebih dulu untuk memastikan mereka diizinkan tinggal di apartemen.
  • Ketahui hal detail. Salah satu manfaat dari tinggal di hotel adalah Anda punya akses ke bagian petugas hotel sepanjang waktu. Pada apartemen, ini tidak tersedia, jadi Anda perlu pastikan kapan dan dimana Anda bisa mengambil kunci? Kapan Anda check in? Siapa yang bisa dihubungi jika penerbangan tertunda atau rencana berubah? Mengetahui semua ini sebelum berangkat ke tempat tujuan bisa membuat semua lebih nyaman.

Sewa apartemen bulanan

Berikut ini beberapa alasan untuk memilih sewa apartemen bulanan:

Anda akan segera pindah ke tempat lain

Anda bisa pilih sewa apartemen bulanan ketika Anda akan menjalani perubahan besar seperti pindah kerja ke luar kota, menikah, atau berencana membeli rumah. Pilihan sewa apartemen bulanan memberi Anda fleksibilitas yang Anda butuhkan di situasi seperti ini.

Bila Anda akan tinggal lebih lama, Anda bisa bisa ubah sewa bulanan menjadi sewa jangka panjang dengan lebih mudah.

Meski bila pemilik tidak menawarkan masa sewa yang lebih panjang, tidak ada salahnya memberitahu kondisi Anda. Penyewa tidak perlu takut bernegosiasi. Bila Anda selalu membayar sewa tepat waktu dan tidak menyebabkan kerusakan di apartemen, ada kemungkinan pemilik akan melihat keuntungan dari mempertahankan Anda tanpa batas waktu yang spesifik.

Rumah Anda sedang dalam perbaikan

Perbaikan rumah bisa saja mengalami kendala.Mungkin rumah Anda tidak selesai tepat waktu dan Anda perlu antisipasi ini dengan memperpanjang masa sewa. Fleksibilitas jadi hal yang sangat bermanfaat di kondisi seperti ini.

Photo credit: Google

Fleksibilitas yang ditawarkan

Sewa apartemen bulanan memberi Anda fleksibilitas untuk pindah tanpa perlu membayar denda karena melanggar perjanjian sewa.

Bila Anda sedang mencari pekerjaan atau menjalani pekerjaan sementara, sewa apartemen bulanan mungkin jadi pilihan terbaik. Sewa jangka pendek memudahkan Anda menerima pekerjaan di luar area apartemen tempat Anda tinggal.

Bila Anda baru pindah ke wilayah kota dan perlu waktu untuk menemukan lingkungan yang tepat, sewa bulanan memberi Anda kesempatan untuk mengenal kota yang Anda tinggali.

Masa sewa bisa diperpanjang

Sewa bulanan bisa berubah menjadi sewa tahunan. Bila Anda memulai sewa bulanan dan memutuskan tinggal lebih lama, biasanya perjanjian sewa bisa diubah menjadi satu tahun tanpa efek merugikan.

Tapi sebelum Anda mencari sewa apartemen  bulanan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Anda kemungkinan membayar lebih mahal

Sewa bulanan memberi Anda fleksibilitas, tapi biasanya ada biaya yang lebih besar yang harus dikeluarkan. Karena pemilik harus bersiap bila terjadi kekosongan sewa, mereka bisa mematok harga sewa yang lebih tinggi. Biasanya pemilik juga akan menyertakan biaya tambahan.

Pemilik bisa mengakhiri masa sewa

Bisa pindah dengan pemberitahuan 30 hari sebelumnya sangat menguntungkan Anda, tapi ingat, pemilik apartemen juga punya kebebasan yang sama. Kontrak sewa bulanan membuat pemilik leluasa memberitahu Anda untuk mencari tempat tinggal baru untuk alasan apapun.

Sewa apartemen bulanan tidak stabil

Fleksibilitas dari sewa bulanan juga berlaku bagi pemilik apartemen. Pemilik maupun penyewa tidak terikat pada kontrak jangka panjang, jadi tidak ada yang bisa mencegah pemilik untuk menaikkan harga sewa atau menghentikan penyewaan ketika Anda masih tinggal di apartemen.

Susah dicari

Pemilik apartemen biasanya lebih memilih menyewakan apartemen tahunan untuk memastikan mereka tidak perlu keluar uang lagi.

Ini karena tiap kali penyewa pindah, pemilik harus mengiklankan unitnya dan menyiapkannya untuk penyewa berikutnya seperti mengecat ulang dan memperbaiki kerusakan.

Ada risiko kerugian bagi pemilik apartemen bila ia tidak bisa segera menemukan penyewa yang baru. Sewa apartemen bulanan tidak efektif dari segi harga dan lebih berisiko bagi pemilik apartemen, karenanya jarang ditemukan apartemen yang disewakan bulanan.

Kesimpulan

Masing-masing, baik sewa apartemen harian maupun sewa apartemen bulanan memiliki kelebihan dan kekurangan. Pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan agar kenyamanan Anda tinggal di apartemen tidak terganggu.