Taman merupakan salah satu area terbuka hijau di rumah yang alaminya di isi oleh berbagai tanaman. Namun, belakangan ini taman kerap kali mengikuti perkembangan konsep moderen.

Konsep moderen dapat memberikan pengalaman ruangan yang fungsional namun tetap terlihat menarik meskipun dengan ornamen dan furnitur yang sedikit.

Desain taman di rumah minimalis merupakan salah satu desain kontemporer yang populer di masyarakat perkotaan. Desain taman minimalis bisa terlihat sangat apik jika penerapannya dilakukan dengan baik.

Nah, bagi anda yang ingin mencoba mendesain taman di rumah anda dengan gaya minimalis, anda dapat mencoba 7 tips menata taman di rumah bergaya minimalis berikut:

Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Balkon Rumah Minimalis Namun Fungsional

1. Gunakan Sedikit Barang

Sumber: architecturaldigest.com

Jangan gunakan terlalu banyak instrumen merupakan tips paling utama untuk menata ruangan dengan konsep minimalis. Hal ini juga berlaku untuk menata taman di rumah bergaya minimalis.

Umumnya taman diisi oleh berbagai macam jenis tanaman saja. Namun, tidak jarang juga taman digunakan sebagai media rekreasi yang fungsional. Seringkali taman dijadikan tempat untuk bersantai dilengkapi dengan kursi, meja serta instrumen lainnya untuk menambah fungsi maupun estetika

Namun, untuk mempertahankan konsep minimalis, anda mungkin perlu menyortir barang yang perlu dan tidak perlu. Jika ingin menambahkan kursi maupun coffee table, gunakan furnitur sesimpel mungkin.

Anda bisa menggunakan kursi dan meja besi yang ringan dan tipis untuk memberikan kesan simpel. Selain itu sisakan taman dengan berbagai jenis tanaman didampingi dengan satu atau dua jenis ornamen hias.

2. Gunakan Meja dan Kursi yang Senada

taman di rumah minimalis

Sumber: homeawakening.com

Tips yang kedua, jika anda ingin menambah kursi atau meja, carilah kursi dan meja yang senada. Contohnya penggunaan kursi dan meja kayu, mampu memberikan kesan yang hangat sekaligus senada dengan dengan lingkungan taman.

Carilah meja dan kursi kayu yang tidak terlalu besar dan simpel. Anda dapat menggunakan kursi dan meja kayu yang menjadi satu bagian untuk menambah kesan sederhana.

Jika halaman rumah anda memiliki pohon hidup yang besar, hal ini juga dapat menambah kesan alam pada taman. Cobalah untuk menghias area sekitar pohon seminim mungkin dengan bahan dasar yang sama. Anda dapat memasang lantai kayu untuk menambah kesan hangat saat berkumpul di bawah pohon.

3. Gunakan Instrumen Kayu

Sumber: houzz.com

Instrumen kayu pada taman mampu memberikan kesan menyatu dengan alam. Penggunaan instrumen kayu sangat sering dipadukan dengan berbagai tanaman hijau.

Dalam konsep minimalis, kayu digunakan sebagai bahan yang mampu memberikan kesan hangat pada ruangan. Untuk ruangan outdoor seperti taman, anda dapat menggunakan jenis kayu ulin yang terkenal awet di berbagai cuaca.

Anda dapat memberikan sentuh kayu pada lantai ruangan maupun dinding ruangan. Selain itu perpaduan warna netral yang kontras seperti putih juga dapat memberikan kesan tajam namun tetap minimalis.

4. Hiasan pada Kolam

Sumber: 7desainminimalis.com

Kolam pada taman mampu memberikan kesan menyegarkan pada desain minimalis. Jika taman rumah anda memiliki kolam, anda dapat menata ruang sekitar kolam dengan tanaman hijau.

Anda dapat memberikan sentuhan tanaman hijau di area sekitar kolam untuk menambah kesan sejuk. Selain itu anda juga bisa menambahkan ornamen seperti batu maupun patung air mancur untuk menambah kesan minimalis.

Di area sekitar kolam anda dapat memberikan tambahan batu alam sebagai pengganti lantai untuk memberikan kesan natural.

5. Taman Vertikal Sebagai Pilihan Alternatif

Sumber: pinterest.com

Taman vertikal merupakan salah alternatif jika rumah anda tidak memiliki cukup ruang untuk menata taman horitzontal. Taman vertikal dapat memberikan kesan rumah dengan konsep green house dan menyejukkan.

Anda dapat menggunakan tanaman merambat pada taman vertikal untuk mempermudah perawatan. Selain itu taman vertikal sangat cocok dipadupadankan dengan tembok putih polos.

Untuk memberikan kesan minimalis yang maksimal, jangan masukan banyak instrumen penghias yang dapat mengurangi estitika pada taman vertikal.

Anda dapat menata taman vertikal pada tembok halaman depan rumah agar terlihat menarik, maupun di halaman belakang sebagai pelengkap ruang hijau anda.

Baca juga: 9 Cara Kreatif Membuat Taman Vertikal di Apartemen

6. Instrumen Kaca Untuk Menambah Kesan Mewah

taman di rumah minimalis

pinterest.com

Jika anda penggemar minimalis yang mengedepankan seni yang cukup simpel namun tetap ingin terlihat mewah, penggunaan kaca merupakan salah satu opsi yang bisa anda coba.

Penggunaan kaca dapat memaksimalkan estetika untuk memberikan kesan mewah. Jika taman anda berada di halaman belakang rumah, penggunaan sekat kaca dapat memberikan kesan rumah yang hijau dan menyegarkan. Selain itu sekat kaca dapat memberikan pencahayaan yang maksimal ke dalam ruangan.

Kaca juga dapat berfungsi sebagai pembatas transparan. Kaca dapat menggantikan peran pembatas ruangan lain seperti kayu untuk menambah kesan minimalis dan simpel. Perpaduan kaca dengan tanaman hijau merupakan salah satu perpaduan yang sering digunakan dalam konsep glass house .

7. Gunakan Batu Hias

taman di rumah minimalis

Sumber: googodecoration.com

Tips terakhir yang tidak kalah menarik adalah penggunaan instrumen batu hias. Batu hias memiliki berbagai macam fungsi saat dipadukan dengan gaya minimalis. Salah satunya adalah sebagai pengganti rumput.

Batu hias dapat memberikan kesana natural pada taman. Anda dapat menggunakan batu hias seperti batu koral yang berwarna – warni untuk menambah kesana taman yang menarik. Anda dapat memadukan batu koral dengan tanaman kering untuk menyesuaikan tema natural.

Jika anda tidak ingin repot memelihara rumput hidup, anda dapat memaksimalkan opsi batu hias. Selain fungsi estetika, batu hias juga berfungsi resapan air dan mampu meredam air pada taman sehingga tidak menimbulkan genangan air saat hujan.

Dari berbagai tips di atas anda dapat mencoba menerapkan di rumah dengan sangat mudah. Cobalah dengan mulai menata ruang taman dengan dekorasi dan furnitur seminim mungkin. Agar terlihat lebih menarik anda juga dapat menyesuaikan dengan tema rumah anda.