Kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk dijaga. Untuk menjaganya tidak cukup bila sebatas mengkonsumsi suplemen dan tidak diimbangi dengan olahraga. Maka dari itu, semua dianjurkan untuk melakukan olahraga minimal 2x seminggu. Mungkin pernah terlintas dipikiran Anda, harus olahraga dimana bila saya tinggal di kota Jakarta yang padat dengan bangunan-bangunan?

Nah, meskipun Jakarta terkenal dengan gedung-gedung nya, Jakarta tetap memiliki tempat untuk Anda yang sedang mencari track jogging yang nyaman di Jakarta. Pemerintah maupun perusahaan swasta menyediakan fasilitas ini agar masyarakat dapat memiliki kehidupan yang seimbang tentang kesehatan.

Di artikel ini kami akan menginfokan tujuh tempat jogging di Jakarta beserta jenis kawasan dan suasana yang ditawarkan di tempat-tempat tersebut :

1. Gelora Bung Karno

tempat jogging di Jakarta

Gelora Bung Karno atau dikenal dengan GBK adalah sarana olahraga dan prasarana olahraga yang dibangung oleh presiden pertama Indonesia, dan saat ini dikenal sebagau tempat jogging di Jakarrta paling terkenal. GBK adalah komplek olahraga bertaraf internasional yang berlokasi di Jl. Pintu Satu Senayan, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270.

Kawasan Gelora Bung Karno memiliki 13 fasilitas yang dapat disesuaikan sesuai cabang olahraga. Gelora Bung Karno adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin melakukan olahraga jogging di Jakarta.

Kawasannya sudah sangat tertata rapi dan fasilitas pendukungnya lengkap. Tidak ada batasan yang mengharuskan Anda untuk jogging di area tertentu, selama Anda masih di dalam kawasan Gelora Bung Karno. 

Untuk masuk ke Gelora Bung Karno tanpa kendaraan tidak akan dikenakan biaya, namun motor dan mobil harus membayar biaya area parkir. Kendaraan tidak dapat secara sembarangan parkir di kawasan Gelora Bung Karno untuk menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan.

Anda juga dapat menggunakan transportasi umum seperti MRT dan turun di Stasiun Istora Mandiri atau TransJakarta dan turun di Stasiun Gelora Bung Karno. Bagi Anda yang ingin jogging di area GBK, disarankan untuk mengecek terlebih dahulu jam operasional GBK selama masa pandemi. 

2. Lapangan Banteng

tempat jogging di Jakarta

Lapangan Banteng adalah pilihan yang menarik bagi Anda yang ingin melakukan jogging dengan lingkungan yang nyaman. Lapangan Banteng adalah taman kota yang saat ini sudah selesai proses renovasi dan menjadi lebih modern dan rapi, serta menjadi salah satu destinasi olahraga favorit bagi warga Jakarta.

Lokasi tepatnya berada di Pasar Baru, Sawah Besar, Central Jakarta City, Jakarta 10710. Lapangan Banteng dekat dengan landmark di Kota Jakarta, diantaranya Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. 

Anda dapat jogging mengelilingi maupun menelusuri jalan di dalam Lapangan Banteng. Tenang saja, di Lapangan Banteng tidak mengharuskan pengunjung untuk membayar tiket masuk karena Lapangan Banteng adalah fasilitas taman kota dari Pemerintah.

Lapangan Banteng dekat dengan pemberhentian fasilitas transportasi umum seperti TransJakarta yaitu halte Kantor Pos, Lapangan Banteng, atau Lapangan Banteng 2. Bagi Anda yang ingin berolahraga di Lapangan Banteng, pastikan jam operasional kawasan setiap harinya khususnya selama masa pandemi.

Baca juga: 7 Yoga di Jakarta Selatan yang Seru dan Terjangkau

3. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Taman Mini bisa menjadi tempat jogging di Jakarta yang menarik, karena ketika jogging, Anda akan ditemani pemandangan anjungan rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia.

Setelahnya, Anda juga bisa mampir ke museum edukasi. Jalanan nya pun rapi dan sangat luas, cocok untuk melakukan olahraga jogging.

Anda tidak perlu khawatir tersesat berada di kawasan 150 hektar ini karena terdapat track “Keliling Taman Mini” dengan plang penanda di setiap persimpangan jalan. Kawasannya sudah sangat tertata, Anda juga dapat menikmati danau buatan di dalam Taman Mini. 

Untuk masuk ke Taman Mini dikenakan biaya 20 ribu per orang dan tambahan untuk biaya transportasi yang Anda bawa, seperti sepeda motor, mobil, maupun sepeda. Lahan parkir pun tersedia di kawasan tersebut.

Bagi pengguna transportasi umum, Anda juga dapat menuju Taman Mini dengan TransJakarta dan turun di halte Taman Mini Indonesia Indah yang berada di depan pintu masuk kawasan Taman Mini.

Selama masa pandemi, jam operasional Taman Mini Indonesia Indah dapat berganti, sehingga Anda dapat mengeceknya terlebih dahulu melalui website maupun media sosial official dari Taman Mini.

4. Kebun Binatang Ragunan 

Kebun Binatang Ragunan adalah salah satu Taman Margasatwa yang terkenal di Jakarta, lokasi tepatnya berada di Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Kebun Binatang Ragunan dapat dijadikan opsi bila Anda ingin mencari suasana baru saat jogging. Anda dapat berolahraga dan melihat hewan di kanan maupun kiri Anda.

Tidak perlu takut, sebab hewan-hewan seperti jerapah, gajah, dan zebra tidak akan menyerang Anda karena terdapat pagar pembatas antara jalanan dan tempat hewan. Kebun Binatang Ragunan sudah dijadikan opsi bagi warga untuk melakukan jogging. Setelah usai berolahraga, Anda dapat mengelilingi Kebun Binatang Ragunan sekaligus berwisata. 

Tiket masuk ke Kebun Binatang Ragunan untuk dewasa adalah 4 ribu rupiah, kemudian ditambah biaya kendaraan yang dibawa. Kendaraan yang dibawa juga akan diparkir di lahan parkir yang seharusnya agar menjaga lingkungan serta tidak mengganggu pengunjung lain.

Bagi pengguna transportasi umum, Anda juga dapat menggunakan TransJakarta dan turun di halte busway Ragunan Patung Merak atau Halte Ragunan. Sebelum berkunjung, pastikan jam operasional Kebun Binatang Ragunan agar Anda tidak datang dengan sia-sia. 

5. SCBD 

Jakarta menawarkan berbagai tempat untuk melakukan jogging. Bila empat list di atas menawarkan konsep lingkungan yang biasa dipakai untuk berolahraga, kawasan SCBD menawarkan suasana kota dan dikelilingi gedung dengan pedestrian walk yang sangat mendukung untuk Anda jogging di pusat perkantoran kota.

Tenang saja, untuk jogging di kawasan ini sudah sangatlah wajar dan bukan hal baru bagi para warga, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan tanggapan orang lain. Anda akan mendapati suasana yang berbeda dengan menelusuri kawasan ini.

Kendaraan Anda dapat diparkir di lahan khusus parkir bernama Parking Lot 17 di alamat Jl. Senopati Dalam No.10, RT.5/RW.3, Senayan, Kebayoran Baru, South Jakarta City, Jakarta 12190. 

Baca juga: 8 Pet Shop di Jakarta Selatan yang Jadi Favorit Pet Lover

6. Ancol

Ancol adalah kawasan taman rekreasi terbesar di Indonesia yang berada di tepi pantai Jakarta Utara. Didalamnya terdapat berbagai macam wahana seperti dufan, seaworld, atlantis, dan lain lain. Untuk mencari lokasi tepatnya, Anda dapat mengetik “Taman Impian Jaya Ancol” melalui internet.

Ancol adalah pilihan yang bagus untuk dijadikan opsi jogging karena menawarkan suasana yang berbeda dari lainnya, yaitu suasana pantai yang susah didapati di pusat kota.

Tidak ada batasan kawasan apa yang dapat Anda jadikan jogging selama tidak memasuki area wahana. Ancol juga menyediakan track untuk berjalan kaki maupun olahraga jogging. 

Untuk masuk ke kawasan Ancol membutuhkan biaya per orang dewasa sebesar 25 ribu rupiah, ditambah tiket masuk kendaraan sebesar kurang lebih 25 ribu rupiah. Kendaraan harus diparkir di tempat khusus agar tidak mengganggu dan menjaga kenyamanan.

Namun Ancol juga memiliki halte busway khusus yang berada di dalam kawasan, yaitu Halte Ancol. Pastikan Anda sudah mengecek jam operasional kawasan Ancol sebelum menuju kesana, terutama pada masa pandemi.

7. PIK 2

tempat jogging di Jakarta

Bila Anda ingin mencari suasana baru lainnya, Anda dapat mengunjungi PIK 2, yaitu kawasan di Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara. PIK 2 memiliki jogging track yang sangat luas dengan pemandangan sungai dan jembatan PIK 2.

Pemandangannya jogging track ini sangat luas dan tidak dipenuhi oleh bangunan maupun gedung-gedung tinggi, karena kawasan PIK memang masih belum ramai seperti pusat kota maupun perkantoran Jakarta.

Bila setelah berolahraga Anda ingin menelusuri kawasan PIK pun juga bisa, terdapat pantai dengan pasir putih yang sangat terkenal di daerah tersebut.

Untuk memasuki kawasan ini, Anda tidak dikenakan biaya, namun akan lebih mudah bila Anda menggunakan kendaraan mobil maupun motor, sebab kawasannya sangat luas dan terdapat jembatan khusus kendaraan untuk mencapai kawasan PIK 2.

Itulah sejumlah tempat jogging di Jakarta populer yang masih menjadi favorit sampai sekarang. Tertarik untuk mengunjungi salah satunya? Jogging di tempat-tempat tersebut tentu akan lebih sehat, mengingat lingkungan Jakarta saat ini kurang ramah pejalan kaki. Kecuali jika Anda tinggal di apartemen atau cluster perumahan, mencari tempat jogging bukanlah perkara sulit.