Apa anda sedang mencari tempat usaha untuk pabrik? Menjadi pengusaha memang impian banyak orang. Alasannya karena kita memiliki kontrol penuh atas usaha tersebut dan mampu menerapkan berbagai kebijakan sesuai keinginan kita.

Selain itu, keuntungan menjadi seorang pengusaha tentunya berbeda jauh dibandingkan ketika anda menjadi karyawan di tempat tersebut.

Namun, menjadi seorang pengusaha tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan. Ada banyak hal yang harus menjadi pertimbangan anda, termasuk juga diantaranya anda harus benar-benar mampu menjalankan usaha tersebut karena anda memiliki skill.

Salah satu bagian terpenting yang tidak boleh anda lupakan adalah seputar tempat usaha.

Dalam menjalankan usaha, pasti semua orang butuh lokasi sebagai tempat usaha. Pemilihan lokasi usaha akan sangat berpengaruh terhadap seberapa mulus keuntungan yang anda peroleh dalam menjalankan pabrik anda.

Kami akan membagikan beberapa strategi ketika memilih tempat usaha untuk pabrik. Informasi ini akan membantu anda dalam meningkatkan produksi dan keuntungan.

1. Mencari lokasi yang sesuai

tempat usaha untuk pabrik yang bagus

Strategi paling dasar yang harus anda pertimbangkan ketika memilih tempat usaha untuk pabrik adalah lokasinya.

Lokasi yang harus anda pilih harus sesuai dengan jenis usaha apa yang anda jalankan. Jika anda memproduksi barang-barang kebutuhan sehari-hari, maka lokasi tempat usaha yang anda pilih adalah tidak terlalu jauh dari keramaian.

Namun, jika ternyata pabrik anda memproduksi barang-barang yang mengandung zat kimia, mungkin lokasi terbaiknya adalah agak jauh dari pemukiman penduduk dan harus memperhatikan AMDAL.

Hal ini bertujuan agar semua barang-barang bekas pembuatan produk kimia tidak sampai mengganggu kenyamanan masyarakat, terutama pembuangan limbah pabrik.

Jadi kesimpulanya, anda pikirkan baik-baik pabrik anda memproduksi apa dan kemudian anda sesuaikan dengan lokasinya.

Dengan begitu, usaha yang anda jalankan tidak akan mengalami kendala atau masalah yang bisa berpengaruh terhadap produksi dan keuntungan yang anda dapatkan.

Baca juga: Punya Lahan Luas? Coba Bisnis Sewa Gudang Aja

2. Akses yang mudah dijangkau

Memilih tempat usaha untuk pabrik yang benar adalah dengan mempertimbangkan akses jalan. Akses jalan juga memiliki pengaruh yang besar terhadap proses produksi dan keuntungan yang anda peroleh.

Jika usaha anda berada di lokasi yang sulit dijangkau, kemungkinan bahan produksi untuk sampai ke tempat tujuan tentunya lebih lama dan berpotensi anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar karena akses jalan tersebut.

Berbeda halnya ketika lokasi tempat usaha memiliki akses jalan yang bagus, proses produksi berjalan lancar, pengiriman barang tidak lama, dan berbagai keuntungan lain yang anda dapatkan.

Selain itu, peluang pengusaha lain mengajak anda untuk bekerja sama juga cukup besar. Pengusaha tersebut tidak akan berpikir dua kali karena melihat akses jalan yang mudah dilalui sehingga bisa menekan biaya transportasi.

Jadi, poin pertama dan kedua merupakan dua hal yang tidak boleh anda abaikan. Semuanya merupakan satu kesatuan yang harus anda pertimbangkan secara bersamaan ketika memilih tempat usaha untuk pabrik.

3. Harga terjangkau

Di dalam memilih tempat usaha, lokasi dan akses jalan adalah hal terpenting yang tidak bisa ditawar lagi.

Akan tetapi, masih ada poin penting yang juga harus anda ketahui yaitu berkaitan dengan harga. Anda juga perlu mempertimbangkan harga sewa atau harga jual tempat usaha yang akan anda tempati.

Jangan sampai karena terlalu memprioritaskan lokasi dan akses jalan, anda sampai mengeluarkan biaya yang mahal hanya untuk tempat usaha anda.

Oleh karena itu, penting sekali untuk menyiapkan dana tersendiri dan menyesuaiakan dengan kondisi keuangan anda.

Akan tetapi, jika anda memiliki dna yang lebih dari cukup untuk menyewa atau bahkan membeli tempat usaha, maka jangan ragu mengeluarkan biaya mahal jika memang tempat usaha tersebut lokasi dan akses jalannya benar-benar menguntungkan.

Mungkin di awal anda harus mengeluarkan biaya yang banyak. Kemudian seiring berjalannya waktu, keuntungan yang anda peroleh bahkan bisa langsung menutup biaya tempat usaha anda dalam waktu yang relatif singkat.

4. Pastikan tempat usaha memiliki izin

Tempat Usaha Untuk Pabrik Harus Memiliki Izin

Tempat usaha untuk pabrik atau untuk bisnis yang lainnya harus memiliki izin. Perizinan menentukan kelancarakan usaha anda.

Jika anda menjalankan usaha atau mendirikan pabrik di lokasi yang ternyata masih hak pemerintah, kemungkinan besar usaha anda akan mengalami masalah. Tidak menutup kemungkinan anda malah harus mencari tempat usaha yang lain.

Oleh karena itu, jika anda hendak membeli atau menyewa tempat usaha, pastikan tempat tersebut sudah mengantongi izin.

Anda tentu tidak mau setiap saat berurusan dengan pihak berwajib karena anda mendirikan usaha secara ilegal yang nanti bisa berdampak pada pelanggaran hukum.

Jangan tergiur dengan tawaran harga sewa atau harga jual yang murah. Namun pada kenyataannya tempat usaha tersebut tidak memiliki izin usaha.

Jadi, penting untuk bertanya seputar surat izin mendirikan usaha dan berbagai dokumen penting lainnya.

Baca juga: 10 Macam Jenis Gudang dan Fungsinya, Bos Pabrik Wajib Tahu

5. Perhatikan kebersihan tempat usaha

Tempat usaha untuk pabrik atau bisnis yang lain harus memprioritaskan kebersihan. Jangan sampai tempat usaha anda kotor dan tidak terawat yang berakibat munculnya hewan yang bisa merusak produk yang sudah siap anda pasarkan.

Apalagi jika pabrik yang anda dirikan harus benar-benar steril sehingga sangat penting memlih tempat usaha yang benar-benar bersih.

Kebersihan tempat usaha bukan hanya dilihat pada bagian dalamnya saja. Perhatikan juga lingkungan sekitar tempat usaha anda apakah kondisinya kumuh atau tidak.

Sekali lagi, jangan mudah menerima tawaran harga tempat usaha yang murah sementara kebersihannya tidak terjaga.