Saya yakin Anda akan setuju ketika saya mengatakan bahwa:

Berteman dengan tetangga, jika tepat akan membuat hidup terasa lebih menyenangkan, benar?

Tapi membuat tetangga menjadi teman tidak mudah, apalagi bagi Anda yang tinggal di apartemen.

Apakah Anda mengenal tetangga yang tinggal satu lantai dengan Anda? Apakah Anda tahu pekerjaan mereka?

Mungkin tidak.

Tapi didalam dunia yang sudah sangat modern ini, saya pikir sudah terlalu umum jika Anda masih hidup ibarat berada di goa yang tak berpenghuni.

Karena seharusnya, tinggal di apartemen bisa sama dengan tinggal dirumah. Anda juga bisa berbaur, berbincang dan saling berkunjung dengan tetangga hingga menjadi teman dekat.

Juga, meskipun tinggal di apartemen dianggap lebih individualistis, namun Anda tetap harus menjalin hubungan baik dengan para tetangga.

Nah, bagi yang masih bingung bagaimana caranya. Yuk, ikuti saja ketujuh tips sederhana dibawah ini:

 

#1 Pertama, pastikan Anda bersikap ramah dan memasang senyum termanis Anda

Saya tidak menyarankan Anda untuk langsung mengajak tetangga berkomunikasi, terlebih bila Anda adalah orang yang sedikit pemalu, tapi pertama-tama cukuplah dengan hanya bersikap ramah dan memasang senyum yang manis apabila Anda bertatap muka dengan mereka. Entah itu ketika berjumpa di lift, di lobby, di taman bermain anak atau ketika bertemu dikolam renang.

Jika Anda tidak berani untuk menyapanya, senyum saja sudah cukup, tapi jangan pasang senyum yang dipaksakan lho ya, nanti Anda dikira sedang senyum mengejek lagi 😛

Intinya, Anda harus membuat first impression sebaik mungkin terlebih dahulu agar tetangga beranggapan bahwa Anda adalah orang yang ramah.

 

#2 Menawarkan pertolongan atau meminta bantuan

Sebelumnya, saya mau wanti-wanti dulu bahwa Anda jangan terlalu agresif atau terlalu ramah dengan tetangga Anda, karena biasanya yang berlebihan itu tidak baik, dan kesannya agak mencurigakan, cenderung ke hal-hal yang negatif.

Ingat, bahwa diawal-awal Anda belum terlalu dekat dengan tetangga, jadi bersikaplah sewajarnya dan tidak dibuat-buat.

Nah, ketika Anda melihat ada tetangga yang membutuhkan pertolongan, misalnya ketika tetangga kesulitan membawa barang belanjaan yang banyak sekali atau ketika ada tetangga Anda kesulitan memasang lampu, itulah kesempatan Anda untuk menawarkan pertolongan.

Katakan pada tetangga bahwa Anda siap membantu jika dibutuhkan.

Pun sebaliknya, ketika Anda membutuhkan bantuan, ini juga kesempatan Anda untuk dapat menjalin pertemanan dengan tetangga. Minta tolonglah kepada mereka, bahkan ketika Anda hanya ingin beradaptasi dengan lingkungan apartemen yang baru.

Jika Anda sudah pernah setidaknya bertatap muka dengan mereka sebelumnya dan first impression Anda baik, biasanya tips kedua ini akan mudah Anda jalankan.

 

#3 Ambil kesempatan berkomunikasi dengan tetangga dimomen-momen tertentu

Tips ini mungkin terlihat simple. 

Tapi ini tidak seperti ketika Anda berada disebuah kota yang tidak Anda kenali, kemudian mengajak orang berbicara seperti menanyakan arah tujuan.

Saya tidak menyarankan Anda mengajak ngobrol tetangga secara acak, tapi misalkan Anda sedang berada dilift, kemudian Anda melihat bahwa tetangga Anda sedang menggendong bayi, itulah kesempatan Anda! Katakan padanya “Eh, anaknya lucu sekali ya bu”, dan seterusnya Anda bisa memanjangkan obrolan hingga merasa dekat.

Jangan lupa untuk mengatakan bahwa Anda siap membantu jika ada apa-apa. Saya yakin ketika Anda mengatakan ini, tetangga Anda akan merasa memiliki teman.

 

#4 Menghadiri acara atau event komunitas apartemen

Ini adalah cara yang paling ampuh untuk dapat berteman dengan tetangga di apartemen.

Sebagian besar apartemen memiliki komunitas atau paguyuban yang biasanya suka membuat acara-acara dengan tujuan agar terjalin hubungan yang baik antar sesama warga apartemen, seperti acara 17an, nonton bareng, dan lain-lain.

Nah, dengan menghadiri acaranya, Anda dapat dengan mudah menjalin pertemanan dengan tetangga-tetangga.

Anda bisa berbincang, menayakan banyak hal, baik seputar apartemen maupun hal-hal yang sifatnya personal, seperti nama, pekerjaan, hobi dan lain-lain.

Jangan takut apabila Anda adalah orang yang pemalu, hadiri saja acaranya, Anda tidak perlu memulai obrolan terlebih dahulu karena pasti ada orang lain yang akan mengajak Anda bicara.

Namun jika apartemen Anda tidak memiliki komunitas, jangan patah semangat, Anda bisa menggunakan tips-tips jitu lainnya yang ada diartikel ini 🙂

So, keep reading…

 

#5 Tidak membuat keributan

Kebanyakan orang tinggal diapartemen adalah karena alasan privasi, mereka adalah orang-orang sibuk yang tentu saja sangat tidak menyukai keributan.

Anda tidak perlu, maksud saya tidak ada seorang pun yang mengharapkan Anda untuk diam-diam seperti tikus, tapi Anda harus respect pada aturan-aturan dasar agar tidak membuat banyak keributan.

Aturan-aturan ini mungkin bisa saja berbeda tergantung dimana Anda tinggal,tapi yang pasti Anda perlu tahu dulu etikanya, seperti:

  • Hindari berjalan dengan langkah bergemuruh, terutama ketika Anda pergi dipagi hari saat matahari belum terbit atau pulang tengah malam.
  • Jangan suka berteriak pada seseorang dilorong apartemen
  • Jangan memaku dinding pada malam hari, terutama pada jam 8 malam keatas. Anda bisa tunggu keesokan harinya, karena itu dapat menggangu aktivitas istirahat tetangga Anda.
  • Tidak memutar lagu keras-keras, terutama pada malam hari.

 

#6 Menjadi tetangga yang baik

Yang terpenting adalah jadilah tetangga yang baik.

Tips yang satu ini sebaiknya selalu Anda ingat karena tetangga adalah orang-orang yang akan Anda lihat setiap hari atau paling tidak cukup sering Anda temui.

Agar Anda tidak malu dan membuat tetangga Anda kesal atau tidak suka kepada Anda, cukup ikuti saja tips-tips untuk menjadi tetangga yang baik berikut ini:

  • Jagalah selalu kebersihan bagian luar unit Anda, jangan bairkan sampah berserakan hingga mengotori lorong disekitarnya.
  • Cobalah untuk tidak meminjam barang apapun dari tetangga Anda jika memang benar-benar tidak dibutuhkan, tapi jika harus, kembalikanlah secepatnya setelah Anda meminjamnya. Jika Anda merusaknya, Anda harus mengganti atau membayar kerusakannya.
  • Jika Anda mempunyai masalah dengan tetangga Anda, jangan dibiarkan berlarut, datangi tetangga Anda dan diskusikan masalahnya dengan sikap kedewasaaan agar hubungan kembali membaik dan harmonis.
  • Jika Anda sedang berkunjung ke unit tetangga Anda, dan dia mempunyai aturan-aturan khusus, ikuti saja dan jangan berbuat semau Anda seperti ketika berada di unit sendiri.
  • Jika Anda mempunyai kesalahpahaman dengan tetangga Anda, berjiwa besarlah dengan mendatanginya dan jelaskan kesalahpahaman tersebut – jangan lupa jabat tangannya.

 

#7 Sambut tetangga baru Anda

Salah satu hal yang bisa membuat tetangga baru Anda merasa diterima dirumah baru mereka adalah dengan mampir ke unit mereka, membawa makanan dan mengajaknya berkenalan dengan ramah.

Saya yakin hal kecil tersebut dapat membuat kehidupan bertetangga Anda menjadi sangat baik.

Untuk memudahkan Anda, berikut saya kasih tau ide-ide lainnya untuk menyambut tetangga baru Anda:

  • Perkenalkan diri Anda secepat mungkin, atau jika Anda masih malu-malu, cukup berikan dia senyuman yang ramah.
  • Kirimkan makanan.
  • Berikan tetangga baru Anda daftar atau list penting, seperti nomor kontak jasa pengantaran Aqua galon, jasa perbaikan AC, laundry dan lain-lain. Saya yakin mereka sangat membutuhkannya.

Ketika orang-orang berusaha menjadi tetangga yang baik dengan mengikuti etiket yang tepat, setiap orang akan memiliki rasa kesejahteraan karena dikelilingi oleh teman-teman yang baik. Lingkungan pun akan terasa lebih menarik dan indah, dan Anda tidak akan merasa sendiri seperti tinggal digoa yang tak berpenghuni.

 

Tertarik untuk pindah apartemen ke Jakarta? Ada 2.000+ unit apartemen tersedia di situs Jendela360. Cari apartemen Anda sekarang!