Tetangga apartemen Anda sangat  berisik? Ini artinya Anda berurusan dengan penghuni apartemen yang cukup merepotkan. Tapi ada beberapa cara untuk mengatasi suara bising dari tetangga dan membuat Anda bisa tinggal dengan tenang dan nyaman.

Redam suara pada dinding

Satu keluhan terbesar diantara penyewa apartemen adalah bisa mendengar suara dari orang yang tinggal di unit sebelahnya. Banyak apartemen tidak memiliki sistem peredam suara yang baik untuk menghambat suara menyebar dari satu unit ke unit lain.

Tapi Anda masih bisa mengatasi hal ini. Anda bisa gantung panel peredam suara pada dinding untuk mengurangi suara yang datang dari tetangga. Ada banyak toko online yang menyediakan panel peredam suara. Panel ini membantu meredam suara masuk ke apartemen. Panel ini tidak hanya untuk meredam suara tapi juga bisa sebagai elemen dekorasi. Dan ini membuat percakapan Anda jadi lebih bersifat privat.

Baca artikel lainnya tentang tips memilih meja makan untuk apartemen.

Redam suara pada lantai dan pintu

Tidak semua suara tetangga langsung bisa diredam pada dinding. Bila ada banyak suara berasal dari lorong, Anda bisa menguranginya dengan beberapa cara. Gunakan neoprene seals di sekitar pinggir kusen pintu. Meski hanya sedikit bukaan di sekitar pintu bisa membuat banyak suara masuk. Jadi tempatkan sumbat di sekitar pintu bila tetangga dari seberang lorong berisik. Bila pemilik apartemen tidak keberatan, Anda bisa pasang neoprene shield antara bagian apartemen luar dan apartemen dalam untuk menambah lapisan perlindungan suara.

Tetangga Apartemen Berisik? Begini Cara Mengatasinya

Photo credit: realestate.com.au

Bila suara bising berasal dari lantai atas, mungkin tidak banyak yang bisa Anda perbuat kecuali Anda pemilik apartemen dan bisa membuat modifikasi kedap suara pada bagian atas.

Bila suara berasal dari lantai bawah, tambahkan karpet tebal untuk menyerap suara. Meski lantai sudah dipasangi karpet, menambah kepadatannya dengan karpet tambahan akan terasa lebih baik.

Lawan dengan suara

Bila Anda sudah meredam suara yang berasal dari dinding, sudah menggunakan karpet pada laintai agar suara dari luar tidak bisa masuk, tapi bising dari unit sebelah tetap bisa didengar, waktunya untuk melawannya dengan suara juga.

Suara keras sekalipun bisa dengan mudah diredam dengan suara background kecil. Menyalakan kipas angin bisa efektif menyamarkan percakapan dari unit sebelah. Pilihan lain, Anda bisa gunakan aplikasi white noise untuk menyamarkan suara bising dari unit tetangga.

Di siang hari, musik kecil sebagai background bisa memberi ketenangan dan kenyamanan yang Anda butuhkan. Bila tidak juga berhasil, Anda bisa beli mesin white noise dan menggunakannya ketika Anda sangat membutuhkannya.

Bicara pada tetangga

Tetangga Apartemen Berisik? Begini Cara Mengatasinya

Photo credit: solicitors.guru

Bila semua usaha Anda tidak berhasil, maka Anda perlu lakukan hal paling sederhana yang semoga bisa berhasil, yaitu bicara langsung pada tetangga. Banyak masalah, termasuk tetangga apartemen yang berisik, bisa dipecahkan dengan komunikasi.

Ini tidak perlu percakapan yang penuh emosi. Bila tetangga menyetel lagu terlalu bising atau di larut malam, beritahu bukan musiknya yang Anda tidak suka tapi karena waktunya yang tidak tepat. Utarakan masalahnya dan tawarkan solusi yang bisa disepakati bersama. Bila Anda tidak mau bertemu dengan tetangga karena sangat menyebalkan, cukup tinggalkan catatan yang menjelaskan suara bising yang mereka buat dan alasan kenapa Anda tidak bisa menerimanya.

Laporkan

Ini jadi solusi terakhir atau bisa jadi yang pertama, bergantung bagaimana Anda mengatasi situasi ini. Melaporkan tetangga yang berisik ke pengelola apartemen bisa jadi solusi terbaik. Pengelola bisa mengirimkan surat atau berbicara secara langsung tentang suara bising yang mereka hasilkan.

Anda bingung dimana mencari apartemen di Jakarta? Jendela360 jadi solusi untuk temukan apartemen ideal dengan cepat dan mudah.