Siapa yang tidak suka dengan kebersihan ? semua orang pasti menginginkan sebuah apartemen yang bersih dan nyaman. Tapi tahukah Anda ada bagian yang harus selalu Anda bersihkan setiap saat ?

Beberapa tempat ini jadi pertimbangan yang harus rutin Anda bersihkan, karena jadi tempat yang berpotensi sebagai tempat bersarangnya berbagai macam bakteri, kuman, maupun jamur.

Berikut tempat-tempat tersembunyi yang harus Anda bersihkan :

1. Bagian Belakang Toilet

Bukan hal yang baru bahwa toilet jadi tempat tumbuhnya miliaran jamur dan bakteri. Bagian belakang toilet jadi salah satu tempat yang wajib Anda bersihkan. FYI setiap kali kita menyiram kloset ternyata air yang keluar membawa serta miliaran bakteri E-coli. Bisa Anda bayangkan berapa banyak bakteri yang bersarang di closet Anda.

Tapi tenang, Anda bisa menggunakan kain mikrofiber atau handuk kertas tiap kali Anda buang air. Namun membersihkan closet secara berkala tetap jadi hal yang penting untuk Anda lakukan.

2. Tirai Shower

Jika kamar mandi apartemen Anda menggunakan tirai shower, bagian ini jadi tempat yang harus rajin Anda bersihkan. Percaya atau tidak ternyata tirai shower dapat menjadi sarang miliaran mikroba dan jamur. Hal ini terjadi karena tempatnya yang lembab menyebabkan kuman dan jamur tumbuh subur di tirai shower apartemen Anda.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencuci tirai shower dengan menambahkan setengah cangkir deterjen, setengah cangkir baking soda dan satu cangkir cuka ke bilasan pertama untuk menghilangkan bakteri, jamur, serta noda pada tirai.

3. Saklar Lampu, Pegangan Pintu, dan Pegangan Lemari

Menjadi bagian yang selalu Anda sentuh setiap hari, tidak khayal tempat ini jadi sarangnya berbagai macam kuman. Bayangkan berbagai aktifitas yang Anda lakukan pasti tidak terlepas dari menyentuh bagian-bagian tersebut. Belum lagi jika ada keluarga di apartemen Anda yang ikut menyentuhnya, tentunya kuman akan tumbuh baik di bagian-bagian tersebut.

Untuk itu Anda perlu meluangkan waktu untuk membersihkan bagian-bagian tersebut, misalnya seminggu sekali dengan menggunakan tisu desinfektan dan jangan gunakan tisu yang sama untuk membersihkan beberapa bagian sekaligus.

4. Atap Dapur Lemari

Setiap apartemen pasti punya yang namanya lemari dapur. Lemari dapur biasa digunakan untuk menyimpan alat-alat kebutuhan dapur, seperti piring, gelas, teflon dan sebagainya. Yang menjadi pertanyaan seberapa sering Anda membersihkan atap lemari dapur Anda ? Rasanya jarang sekali atau bahkan tidak pernah.

Meskipun bukan menjadi bagian yang jarang dilihat oleh orang lain, ada baiknya sudut ini perlu Anda perhatikan juga kebersihannya. Bersihkanlah minimal satu bulan sekali atau tergantung dari waktu terakhir Anda membersihkannya.

5. Rak Peralatan Makanan

Tempat berkuman di apartemen yang terakhir adalah rak peralatan makanan. Garpu, sendok, pisau dan sebagainya pasti memang rutin Anda bersihkan. Tapi apakah Anda yakin tempat penyimpanannya bersih dari kotoran ?

Justru hal ini yang sangat jarang diperhatikan, rak peralatan makan yang jarang dibersihkan bukan tidak mungkin meninggalkan debu dan jamur yang menempel di dalamnya.

Bagaimana, tidak terpikirkan bukan ? Itulah tempat-tempat tersembunyi di apartemen yang harus rutin Anda bersihkan. Tentunya ketika Anda sedang bersih-bersih jangan sampai melewatkan tempat-tempat tersebut.

Bingung cari sewa apartemen di Jakarta? Jendela360 bisa bantu temukan unit yang ideal untuk Anda dengan cepat dan mudah.