Bila berbicara tentang pilihan tempat tinggal, ada dua tipe orang. Yaitu yang memilih tinggal di apartemen dan mereka yang lebih suka tinggal di rumah. Yang mana sih yang lebih tepat?

Sepertinya tidak ada jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini, karena jawabannya akan sangat bergantung pada banyak faktor. Tapi pada akhirnya ini merupakan pilihan personal.

Untuk mencari tahu mana dari dua pilihan ini yang terbaik untuk Anda, yuk kita analisa satu per satu.

Kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen

Photo credit: jualbassuracity.id

Kekurangan terbesar dari tinggal di apartemen adalah, sering kali ukurannya lebih kecil dibanding rumah. Tapi ini bukan berarti Anda harus membatalkan rencana tinggal di apartemen.

Anda bisa pelajari cara memanfaatkan ruang yang ada. Cari cara untuk menghamat area lantai dengan furnitur menempel pada dinding atau membuat ruang terasa lebih lapang dengan menggunakan warna dan material yang tepat.

Tapi ukuran jadi faktor yang kurang penting dibanding dengan lokasi. Bila lebih memilih tinggal di apartemen, maka Anda kemungkinan bisa menemukan lokasi yang lebih baik dibanding mereka yang lebih memilih rumah.

Di apartemen, Anda dikelilingi oleh lingkungan yang tidak semuanya ramah. Bila Anda tipe orang yang menyukai ketenangan, Anda akan kesulitan menemukan suasana ini di apartemen.

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menjalin hubungan baik dengan para tetangga sejak awal. Bila Anda menghargai mereka, mereka akan menghargai Anda.

Baca tentang daftar apartemen di atas mall di Jakarta.

Untuk soal keamanan, apartemen jadi pilihan tempat tinggal  yang lebih baik. Biasanya komplek apartemen menggunakan jasa petugas keamanan dan fitur keamanan yang hanya bisa diakses dengan kode atau kartu. Selain itu, pencuri akan lebih mudah terdeteksi ketika ada banyak tetangga di sekitar Anda.

Pecinta hewan peliharaan bisa kesulitan bila tinggal di apartemen. Tapi kucing dan jenis hewan peliharaan kecil lainnya mungkin tidak begitu mengganggu sehingga dibolehkan di apartemen.

Kelebihan dan kekurangan tinggal di rumah

Photo credit: contohrumahminimalist.com

Rumah jadi pilihan tempat tinggal yang lebih baik untuk mereka yang suka mengadakan pesta. Menjamu tamu akan jauh lebih menyenangkan bila Anda memiliki kebun belakang rumah, beberapa kamar tidur, dan banyak ruang.

Tapi ruang lebih luas juga berarti pemeliharaan yang lebih rumit. Tentu saja ya, akan lebih mudah membersihkan apartemen berukuran kecil dibanding rumah berukuran besar. Anda akan punya banyak jendela yang perlu dibersihkan, dan lantai lebih luas untuk dipel.

Lagi pula, area kebun serta taman di luar ruangan juga perlu perawatan, bukan?

Rumah biasanya mencakup area parkir dan garasi. Seperti yang Anda tahu, menemukan area parkir di komplek apartemen kadang jadi hal yang sulit.

Anda akan punya kebebasan dan privasi lebih banyak ketika tinggal di rumah. Tak ada tetangga yang mengganggu dan tak ada mata yang memandangi Anda dari jendela apartemennya.

Rumah juga lebih sejuk dibanding apartemen. Akan lebih baik lagi bila ada pepohonan yang tumbuh di sekitar rumah. Anda bahkan tidak membutuhkan pendingin ruangan di saat cuaca panas.

Kesimpulannya, tinggal di apartemen atau di rumah, semua bergantung gaya hidup dan pilihan personal Anda. Akan keliru bila mengatakan satu pilihan lebih baik dari yang lain.