Nyamuk Aedes aegypti yang menyebarkan penyakit demam berdarah berkembang biak di air yang tergenang. Karena musim hujan telah datang, penting untuk memastikan tidak ada bagian apartemen Anda yang menjadi tempat berkembang biak nyamuk ini. Di musim hujan tingkat penyebaran demam berdarah lebih meningkat dibanding di musim lain, karena di saat ini waktu yang kondusif untuk nyamuk bertelur.

Memang pepatah yang mengatakan “Mencegah lebih baik daripada mengobati” juga berlaku pada pencegahan DBD. Anda perlu mulai melakukan pencegahan penyebaran DBD di apartemen yang Anda huni. Meskipun nyamuk jarang ditemukan di lantai tinggi, tetap ada kemungkinan nyamuk datang terbawa lift. Nyamuk pembawa DBD dapat berkembang biak bahkan di air tergenang yang jumlahnya sangat sedikit. Karena itu, sebaiknya hindari genanagn air di wadah terbuka untuk waktu lama.

Photo credit: Google

Berikut ini beberapa tips cegah DBD di apartemen:

Hindari air tergenang

Untuk mengusir nyamuk, singkirkan semua yang bisa jadi habitat berkembang-biak, termasuk air tergenang. Hilangkan sumber air yang bisa menjadi tempat nyamuk bertelur.

  • Cek area lembab di apartemen. Periksa bagian bawah lemari es, pendingin, tempat cuci piring, serta rak. Selalu pastikan tempat sampah selalu tertutup dan jangan biarkan sampah basah berada di dekat hunian Anda.
  • Wadah selalu ditutup untuk menghindari air berkumpul
  • Hindari berlebihan menyiram tanaman dan pastikan pot bunga bersih. Sering bersihkan pot bunga untuk menghindari nyamuk bertelur

Tutup jendela dengan kasa nyamuk

Buka jendela, biarkan udara masuk ke ruangan tapi jangan biarkan nyamuk ikut masuk. Cek lubang di kasa nyamuk dan segera perbaiki untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam hunian.

Gunakan lotion anti nyamuk

Anti nyamuk jadi cara lain untuk melindungi diri dari nyamuk. Selain versi lotion, ada juga anti nyamuk yang disemprot ke tubuh. Anda bisa gunakan pada kulit di siang dan malam hari atau saat berada di luar rumah. Cek produk yang mengandung  diethyltoluamide atau DEET, kandungan yang dikenal efektif mengusir serangga.

Tapi produk ini tidak boleh digunakan terlalu sering pada anak kecil karena bisa beracun. Pastikan anak juga terlindungi dari gigitan nyamuk dengan memakaikan pakaian lengan panjang, terutama saat tidur.

Gunakan pestisida di sudut ruangan

Tempat potensial untuk sarang nyamuk adalah tempat yang gelap. Semprotkan anti nyamuk tiap beberapa hari untuk membuat apartemen aman dari serangan demam berdarah.

Gunakan kapur barus untuk anti nyamuk

Tutup semua pintu dan jendela dan gunakan kapur barus di ruangan. Biarkan asapnya selama 15 hingga 20 menit. Asap ini bisa membunuh nyamuk yang menyebarkan demam berdarah.

Gunakan tirai, sprei, dan penutup furniture berwarna cerah

Karena nyamuk tertarik pada panas, sebaiknya Anda mengenakan pakaian berwarna cerah untuk mencegah nyamuk berada di dekat Anda. Anda bisa juga lakukan hal yang sama di apartemen dengan mendekorasinya menggunakan furniture berwarna cerah. Anda bisa mulai dengan tirai berwarna cerah agar panas dari dalam hunian tidak memancar ke luar.

Aroma serah atau lavender

Photo credit: Google

Bila Anda menggunakan aroma tertentu di apartemen, salah satu pilihan yang tepat adalah sereh atau lavender. Anda bisa gunakan lilin dengan pilihan kedua aroma tersebut. Aroma ini dibenci nyamuk namun terasa wangi dan tidak beracun untuk manusia. Selain sereh dan lavender, gunakan alternatif seperti marigold dan ageratum.

Baca artikel lainnya tentang apartemen dekat Cinere.

Perhatikan tanaman di apartemen

Bila Anda menggunakan tanaman dalam ruangan, ganti air di dalam vas secara teratur dan bersihkan vas tiap kali Anda mengganti airnya. Pot juga perlu dibersihkan untuk membersihkan endapan telur nyamuk. Atau yang lebih baik lagi, jangan menggunakannya.

Bila ada taman di balkon, pastikan sesekali mengaduk tanah di bagian atas pot untuk mencegah air berkumpul di permukaan. Selain itu, tanaman seperti sereh, juga punya kandungan pengusir nyamuk, yang bisa Anda gunakan di apartemen.

Selalu terapkan langkah pencegahan di atas. Ingat, penting untuk mencegah gigitan nyamuk. Kenakan pakaian lengan panjang serta kaos kaki untuk mencegah gigitan nyamuk. Gunakan krim anti nyamuk pada bagian tubuh yang tidak tertutup. Gunakan obat nyamuk dan kasa di apartemen untuk mencegah nyamuk masuk.