Galau akademik adalah hal yang wajar dan lumrah terjadi pada banyak siswa sekolah dan mahasiswa. Bagi siswa sekolah, salah satu kegalauan yang dialami adalah saat akan menentukan jurusan kuliah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika dihadapkan untuk pilih jurusan kuliah yang tepat adalah hal yang memusingkan. Salah pilih jurusan bisa membuat tidak betah selama menjalani masa perkuliahan. Oleh karena itu, banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan ketika menentukan jurusan kuliah.

Bagi kalian para siswa sekolah yang masih galau dan bingung, berikut ini adalah tips-tips ampuh menentukan jurusan kuliah yang cocok agar tidak salah pilih!

1. Dalami Minat dan Bakat yang Dimiliki


Sumber: uta45jakarta.ac.id

Sebelum menentukan jurusan kuliah, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah kenali diri sendiri terlebih dahulu. Ketahui hal apa yang paling diinginkan untuk dilakukan dan cari tahu potensi yang dimiliki. Memilih jurusan akan lebih mudah jika sudah mengetahui minat dan bakat yang dimiliki.

Hal yang diinginkan selaras dengan bakat yang dimiliki? Anda termasuk orang yang beruntung. Namun, bagi kalian yang merasa bakatnya masih kurang, bakat tersebut dapat diasah semasa kuliah. Hal yang paling penting adalah jurusan yang diambil memanglah jurusan yang diinginkan.

2. Lakukan Riset Mendalam

Pastikan dulu seperti apa jurusan yang akan dipilih. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusan yang diinginkan. Ketahui apa saja yang akan didapat dan dipelajari di jurusan tersebut. Ketahui juga prospek kerja setelah lulus kuliah nanti.

Setelah melakukan riset yang mendalam, Anda akan lebih mantap untuk menentukan pilihan. Jangan asal memilih hanya karena jurusan tersebut terlihat keren, ya!

Baca juga: Cari Sponsor Selama Kuliah? 5 Beasiswa Pertamina Ini Wajib Dicoba

3. Jangan Ikut-ikutan Teman atau Pacar


Sumber: childmags.com.au

Sesayang apapun kalian dengan pacar dan sedekat apapun kalian dengan teman-teman, jangan sampai melakukan hal ini ya. Jurusan yang kalian pilih punya andil besar dalam menentukan masa depan kalian dan di mana kalian akan bekerja nanti.

Jika hanya ikut-ikutan memilih suatu jurusan karena teman atau pacar, bisa tidak sesuai dengan minat yang bakat dan miliki. Walaupun dekat dengan teman atau pacar karena, kalian akan merasa tersiksa menjalani masa kuliah karena memilih jurusan yang tidak cocok.

4. Pertimbangkan Kelebihan dan Kekurangan

Merasa sudah menemukan jurusan yang cocok? Ada hal yang lain lagi yang harus dilakukan. Selain keococokan, pertimbangkan juga kelebihan dan kekurangan dari jurusan yang dipilih. Pikirkan kembali konsekuensi yang didapat saat masuk suatu jurusan.

Hal yang pertama harus dipertimbangkan adalah biaya kuliah. Pikirkan kembali apakah biayanya masih dalam budget. Kemudian pertimbangkan juga prospek kerjanya. Kaji lagi apakah menguntungkan dan sesuai dengan yang diinginkan.

Pikirkan juga tugas dan waktu luang yang bisa didapat ketika milih suatu jurusan. Apabila memilih jurusan seperti kedokteran atau teknik, pastikan kalian siap dengan konsekuensi seperti memiliki sedikit waktu luang dan menjadi sibuk, serta tugas yang banyak.

Baca juga: 13 Apartemen Dekat Kampus di Jakarta Ini Paling Cocok Buat Mahasiswa

5. Cari Jurusan Cadangan

tips pilih jurusan
Sumber: friendsofking.org

Tidak semua hal dalam hidup kita berjalan dengan lancar. Terkadang kita akan menemukan banyak hambatan termasuk saat pilih jurusan kuliah. Kalian harus memikirkan worst case scenario apabila tidak diterima pada jurusan yang diinginkan. Kalian harus mempunyai plan B yaitu mencari jurusan cadangan.

Saat menentukan dan mencari info tentang jurusan yang diinginkan, carilah juga info-info dari jurusan lain yang juga menarik hati Anda. Apabila memiliki satu atau dua jurusan lain yang disukai dan dirasa cocok, kalian bisa menjadikannya sebagi jurusan cadangan. Jangan hanya terpaku pada satu jurusan saja, ya!

Pikirkan matang-matang sebelum memutuskan untuk masuk suatu jurusan, ya. Semoga bermanfaat dan semangat mencari jurusan yang cocok!

Ingin cari apartemen dekat kampus kamu? Jendela360 siap carikan apartemen yang dekat serta harga yang terjangkau.