Last Updated on

Menjadi seorang pengusaha sukses memang impian semua orang. Untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses tidak dapat diraih dengan mudah.

Terkadang ada orang yang harus mengalami banyak kesulitan dan kegagalan terlebih dahulu baru bisa meraih apa yang menjadi impiannya.

Selain itu, faktor penentu kesuksesan sebuah usaha berasal dari tempat usaha yang dipilih.

Ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan ketika anda hendak memanfatkan sebuah bangunan sebagai tempat usaha.

Tempat usaha yang tepat akan memberikan keuntungan yang berlipat. Sebaliknya, ketika anda salah dalam memilh tempat usaha, maka usaha atau bisnis yang anda jalankan tidak bisa memberikan hasil sesuai apa yang anda inginkan.

Tips Menyewa Tempat Usaha yang Wajib Diketahui

Memilih tempat usaha yang cocok merupakan hal yang tidak dapat ditawar lagi. Tempat usaha yang anda pilih akan berpengaruh terhadap kesuksesan dari usaha yang sedang anda jalani.

Pada dasarnya tempat yang digunakan sebagai lokasi usaha kita statusnya tidak harus hak milik. Anda bisa menyewa lokasi untuk dijadikan sebagai tempat usaha.

Keuntungan menyewa tempat usaha yaitu bisa menekan modal karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar dibandingkan harus membeli tempat usaha tersebut.

Meskipun begitu, di dalam menyewa tempat usaha ada triknya tersendiri. Untuk itulah kami akan membagikan informasi terkait tips sewa tempat usaha yang bisa membantu anda menemukan tempat usaha terbaik.

1. Pertimbangkan lokasi tempat usaha

tips sewa tempat usaha strategis

Tips sewa tempat usaha yang pertama yakni anda harus memperhatikan lokasi tempat usaha. Seperti yang sudah kami terangkan bahwa memilih tempat usaha akan berpengaruh terhadap kesuksesan usaha anda.

Jadi, anda harus benar-benar mempertimbangkan lokasinya dan pastikan lokasi yang anda pilih merupakan tempat terbaik.

Biasanya, lokasi yang direkomnedasikan adalah berada di daerah perumahan. Mengapa? Karena di perumahan terdapat kumpulan masyarakat yang majemuk.

Di daerah perumahan tersebut biasanya banyak terjadi aktivitas bisnis sehingga memilih perumahan sebagai lokasi tempat usaha merupakan sebuah pilihan yang tepat.

Selain itu, anda juga disarankan untuk memilih tempat usaha dimana sekitarnya sudah berdiri banyak tempat usaha.

Hal ini dapat mempermudah anda untuk memperoleh konsumen. Meskipun begitu, jangan lupa untuk menyesuaikan jenis usaha anda dengan karakter masyarakat di daerah tersebut, baru kemudian anda memikirkan tentang tempat usaha anda.

2. Mempertimbangkan biaya sewa

Tips sewa tempat usaha yang kedua yaitu anda harus mempertimbangkan biaya sewa. Menyewa tempat usaha memang tidak akan mengeluarkan biaya yang mahal seperti ketika anda membelinya.

Namun anda tetap harus mempertimbangkan biaya sewa. Pastikan harga sewa tempat usaha tersebut tidak membebani anda.

Biasanya, tempat usaha yang lokasinya strategis dan mudah dijangkau pasar dibandrol dengan biaya sewa yang lebih mahal.

Hal seperti ini memang wajar karena dimana-mana akan berlaku patokan harga seperti itu. Bagi anda yang memerlukan lokasi strategis dan dekat dengan pasar, usahakah anda mampu membayar biaya sewa-nya.

Meskipun biayanya mahal, namun usaha yang anda jalankan akan menghasilkan keuntungan yang besar. Hal ini akan jauh lebh baik dibandingkan anda memilih tempat usaha dengan biaya sewa murah namun lokasinya tidak strategis.

Baca juga: 5 Tips Memilih Ruko Untuk Memulai Usaha & Bisnis Anda

3. Melihat perizinan tempat usaha

Tips Sewa Tempat Usaha Resmi

Jika anda sudah melakukan kedua tips di atas, maka tips yang ketiga yaitu anda harus mengetahui perizinan tempat usaha tersebut.

Pastikan tempat usaha yang akan anda sewa sudah mengantongi izin usaha. Percuma jika lokasinya strategis namun ternyata tidak memiliki izin usaha.

Akibatnya, tempat usaha tersebut akan rawan diusir oleh pihak yang berwajib sehingga yang ada hanyalah kerugian sementara anda sudah mengeluarkan biaya sewa yang mahal.

Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk mengecek izin usaha dari termpat tersebut. Anda bisa bertanya langsung dengan pemilik bangunan tentang hal ini. Selain itu, anda cek apakah surat perizinannya benar-benar asli.

4. Memperhatikan faktor keamanan

Selain lokasi yang strategis, anda juga harus memilih tempat usaha yang memang terkenal aman. Keamanan tempat usaha juga berpengauh terhadap minat konsumen apakah ingin datang ke tempat anda atau tidak.

Faktor keamanan yang dimaksud antara lain: aman dari pungutan liar, aman dari tindakan kriminal, dan aman dari bencana alam.

Jadi, ketika anda sedang mencari bangunan untuk tempat usaha, maka jangan lupakan tiga hal ini. Anda bisa melihatnya secara langsung maupun bertanya kepada pemilik gedung seputar keamanannya.

Selain itu, anda juga bisa bertanya kepada warga yang lokasinya tidak jauh dari bangunan tersebut, termasuk bertanya kepada RT-nya.

Baca juga: 20 Usaha yang Cocok di Tempat Sepi Ini Jarang Terpikirkan

5. Perhatikan faktor kebersihan

Selain faktor keamanan, faktor kebersihan juga merupakan bagian yang tidak boleh anda lewatkan. Tips sewa tempat usaha yang satu ini berfokus pada bagian dalam bangunan dan sekitarnya.

Sebelum anda memutuskan untuk menyewa bangunan tersebut, anda bisa berkeliling di semua sudut bangunan. Anda lihat dengan teliti dan pastikan bahwa memang bangunan tempat usaha tersebut bersih dan tidak berbau.

Selanjutnya, anda bisa berkeliling di sekitar luar bangunan. Pastikan tidak dekat tempat sampah atau lokasi pembuangan limbah dan lain sebagainya yang bisa berdampak pada kenyamanan dan kepercayaan konsumen terhadap produk yang anda tawarkan.

Demikian informasi seputar beberapa tips sewa tempat usaha yang harus anda ketahui. Jika anda benar-benar menerapkan tips yang kami berikan, maka anda kemungkinan besar akan mendapatkan tempat usaha terbaik yang bisa membuat bisnis anda berjalan lancar dan dapat memberikan keuntungan seperti yang sudah anda idam-idamkan selama ini. Semoga informasi di atas bermanfaat.