Di zaman sekarang ini jadi hal yang lumrah bila orang punya lebih dari satu sumber pendapatan. Ada begitu banyak kesempatan unik untuk menghasilkan uang yang membuat orang sadar kalau mereka bisa memperoleh penghasilan tambahan dengan berpikir di luar kotak.

Bila Anda sudah membeli apartemen dan ingin memperoleh keuntungan dari properti yang Anda miliki ini, berikut ini beberapa cara untung investasi apartemen di Jakarta:

 

Untung investasi apartemen dengan menyewakannya

Photo credit: Google

Baik Anda ingin menyewakan salah satu kamar atau seluruh unit ke mahasiswa ataupun pegawai, kedua pilihan bisa membantu Anda memperoleh keuntungan. Sebagian orang merasa tidak nyaman tinggal bersama orang asing, jadi pilihan lain adalah menyewakan seluruh apartemen Anda.

Ingat, meski menurunkan harga sewa bisa mendorong pendapatan yang lebih tinggi.  Tapi Anda perlu tingkatkan biaya sewa untuk penyewa jangka panjang. Ini sama sekali tidak kontradiksi.

Penyewa akan lebih loyal bila  tidak bisa menemukan harga sewa yang lebih rendah. Tapi ini tidak berarti Anda tidak perlu menaikkan harga sewa ketika Anda punya alasan tepat untuk melakukannya.

Pindahan juga membuat penyewa mengeluarkan uang. Bila nilai dari sewa Anda lebih baik daripada biaya sewa baru ditambah biaya pindahan, penyewa akan bertahan di apartemen Anda.

Pastikan Anda tahu pasaran harga sewa apartemen di area Anda. Anda bisa tingkatkan biaya sewa tiap tahun mulai dari 1 hingga 3 persen. Nilai ini masih terbilang kompetitif.

Baca artikel lainnya tentang tips cicil apartemen.

 

Tawarkan apartemen sebagai lokasi shooting

Anda bisa membuat penawaran untuk menjadikan apartemen Anda sebagai lokasi shooting film atau studio fotografi. Banyak perusahaan majalah dan televisi mencari tempat baru dan berbeda untuk lokasi shooting. Bila apartemen Anda punya desain yang menarik, hunian Anda bisa jadi bagian dari sebuah majalah.

Bila pihak yang menggunakan apartemen Anda punya reputasi yang baik, mereka akan mengembalikan kondisi apartemen seperti semula, membayar kerusakan, dan sebagainya. Bila kondisi apartemen tidak begitu menarik tapi Anda mendapat tawaran ini, bersiaplah apartemen Anda akan berubah karena kemungkinan furniture dipindahkan atau dindingnya dicat ulang.

 

Bekerja freelance dari apartemen

Photo credit: Google

Bagi sebagian orang menyewakan apartemen ke orang lain terasa tidak nyaman, pilihan lainnya adalah dengan menjual bakat Anda. Daripada menghabiskan waktu luang untuk browsing Facebook, Anda bisa manfaatkan waktu ini untuk menghasilkan uang.

Bila Anda berbakat dalam menulis, punya skill komputer atau desain, Anda bisa lakukan pekerjaan freelance dari apartemen.

 

Bagaimana memasarkan apartemen untuk disewakan di Jakarta?

Seperti sudah dijelaskan di atas, salah satu cara memperoleh keuntungan dari apartemen yang Anda miliki adalah dengan menyewakannya. Tapi mencari calon penyewa bukan perkara gampang. Anda perlu sangat berhati-hati, jangan sampai menyewakan apartemen ke orang yang tidak bertanggung jawab dan malah membuat apartemen Anda rusak dan tidak terawat.

Untuk memudahkan Anda memasarkan apartemen, baik untuk disewakan atau dijual, gunakan Jendela360.com.

Jendela360 menawarkan banyak keuntungan bagi pemilik apartemen yang berencana memasarkan apartemen, baik untuk disewakan atau untuk dijual.

  • Foto dengan kualitas baik. Unit apartemen akan difoto oleh fotografer profesional. Foto dengan kualitas bagus dan representatif meningkatkan kemungkinan apartemen tersewa lebih cepat. Ditambah lagi dengan fitur 360 virtual tour yang membuat calon penyewa bisa lebih detail melihat ruangan di apartemen.
  • Iklan di marketplace properti seluruh Indonesia. Jendela360 tidak hanya akan memasang iklan apartemen di website mereka, tapi juga mengiklankan kembali apartemen Anda di seluruh marketplace properti di Indonesia.
  • Layanan mendampingi calon penyewa. Jendela360 menyediakan layanan untuk menemani kunjungan calon penyewa. Ini akan sangat membantu bagi pemilik apartemen yang sibuk.
  • Membantu proses negosiasi dengan calon penyewa. Sebagai agen properti profesional, Jendela360 juga akan membantu menjembatani proses negosiasi dengan calon penyewa. Rata-rata dalam waktu sekitar 14-30 hari, apartemen Anda akan langsung tersewa.
  • Membuatkan kontrak perjanjian sewa apartemen. Setelah proses negosiasi dengan penyewa mencapai kata sepakat, tim Jendela360 akan membantu mengurus dan membuatkan surat kontrak perjanjian sewa apartemen.

Anda tidak perlu khawatir karena Jendela360 menjamin keamanan dan kenyamanan isi surat kontrak perjanjian sewa baik dari sisi Anda sebagai pemilik apartemen dan penyewa apartemen Anda.

 

Bagaimana cara memasarkan apartemen di Jendela360?

Untuk memasarkan apartemen di Jendela360, caranya cukup sederhana. Anda hanya perlu mengisi form titip apartemen.

Formulir ini berisi data Anda sebagai pemilik serta data apartemen yang akan dititipkan, serta info detail lainnya. Tak perlu khawatir, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk memasarkan apartemen.

Anda hanya akan membayar komisi pada saat apartemen telah tersewa melalui Jendela360. Besaran komisinya sekitar 5 persen dari nilai transaksi.

 

Tunggu apa lagi? Yuk segera pasarkan apartemen Anda di Jendela360!