Last Updated on

Apartemen jadi alternatif hunian di perkotaan. Lokasinya yang strategis memudahkan penghuni menjangkau berbagai tempat dengan lebih cepat. Apartemen juga punya fasilitas yang lengkap sehingga menambah kenyamanan saat menghuninya.

Ada banyak pilihan apartemen di Jakarta. Tiap apartemen menawarkan beragam piihan unit, mulai dari tipe studio, satu kamar, dua kamar, hingga 3 kamar, serta penthouse. Banyaknya pilihan kadang membuat kita bingung sendiri, pilih apartemen dua kamar atau studio?

Tiap unit punya keunggulan masing-masing, kali ini kita bahas satu persatu kelebihan dari apartemen dua kamar dan studio.

Kelebihan apartemen dua kamar

Berikut ini beberapa keunggulan dari unit apartemen dua kamar:

Tersedia ruang untuk tamu

Bila Anda memilih unit 2 kamar, berarti Anda punya tempat untuk tamu menginap. Ini ideal untuk teman atau kerabat yang datang berkunjung dan tidak masalah bila mereka menginap selama beberapa hari. Tamu punya kamar sendiri dan merasa senang dan nyaman.

apartemen dua kamar

Photo credit: cdn.homedit.com

Area penyimpanan lebih banyak

Bukan rahasia lagi kalau unit dua kamar memiliki ruang lebih banyak dibanding unit studio maupun unit 1 kamar tidur. Dengan tinggal di unit dua kamar, Anda punya ruang tamu, kamar tidur untuk Anda sendiri, dan tambahan kamar yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Banyak penyewa unit dua kamar punya teman untuk berbagi sewa dan menempati kamar kedua, tapi banyak juga yang menggunakan kamar tambahan ini untuk tujuan lain.

Kamar jadi area kerja

Bila Anda menjalani bisnis dari tempat tinggal Anda atau melakukan banyak pekerjaan di depan komputer di rumah, mengubah kamar kedua menjadi kantor yang nyaman akan memotivasi Anda menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Memiliki tempat yang nyaman dimana Anda bisa menjalani pekerjaan jadi pilihan bagus yang tidak boleh diremehkan. Ketika bekerja dari rumah, penting untuk memiliki ruang yang dirancang untuk bekerja sehingga ruangan yang lainnya bisa berfungsi sebagai rumah.

Keunggulan apartemen studio

Berikut ini beberapa kelebihan dari unit studio:

Biaya sewa terjangkau

Tinggal di unit studio memungkinkan Anda tinggal di kawasan kota tanpa menghabiskan uang banyak. Dengan memilih unit studio Anda bisa menjangkau tempat kerja dengan lebih cepat. Ini juga akan menghemat uang dan biaya transportasi Anda.

Penataan mudah

Karena area tinggal lebih kecil, mendekorasi dan mendesain apartemen studio menjadi pekerjaan mudah. Anda tak perlu membeli banyak furniture untuk mengisi ruangan yang besar, Anda cukup gunakan beberapa furniture yang bisa menghemat pengeluaran. Selain itu, bila Anda perlu menggunakan karpet, lebih sedikit yang Anda butuhkan karena area lantai yang lebih terbatas sehingga juga menghemat biaya.

Bersih-bersih apartemen jadi lebih cepat

Akan terasa sangat melelahkan ketika pulang dari bekerja dan Anda masih harus mengepel lantai, merapikan kamar, dan melakukan tugas domestik lainnya. Dengan tinggal di unit studio Anda bisa dengan cepat melakukan bersih-bersih sehingga tidak membuat lelah apalagi stres.

Baca artikel lainnya tentang tips menyewa apartemen di ibukota.

Multi tasking jadi terasa mudah

Ketika tinggal di unit studio, akan lebih mudah melakukan dua hal di waktu bersamaan. Anda bisa bersihkan apartemen sambil menonton acara TV atau memasak sambil berbincang dengan teman yang duduk di area ruang tamu.

apartemen dua kamar

Photo credit: Google

Setelah mengetahui kelebihan dari apartemen dua kamar dan studio, apakah Anda masih bingung harus pilih yang mana? Coba pastikan lagi apartemen seperti apa yang Anda butuhkan. Bila Anda mahasiswa atau pegawai yang masih lajang, mungkin unit studio jadi pilihan tepat. Untuk mengantisipasi keterbatasan ruang, Anda bisa manfaatkan area vertikal pada dinding. Anda bisa pasang rak vertikal sebagai tempat penyimpanan barang.

Lain halnya bagi pasangan suami istri atau keluarga yang memiliki anak. Untuk mereka, pilihan apartemen dua kamar rasanya lebih pas. Dengan begitu tiap anggota keluarga bisa menikmati hunian yang nyaman. Begitu pula bila Anda menjalankan bisnis dari rumah dan memfungsikan apartemen Anda sebagai kantor. Pilihan unit lebih besar akan sangat menguntungkan.

 

Anda mencari apartemen dua kamar atau studio? Jendela360 bisa bantu Anda temukan unit apartemen dengan cepat dan mudah.