Kita selalu berharap tidak tertimpa musibah atau hal buruk lainnya. Tapi insiden atau bencana bisa terjadi pada siapa saja. Meski Anda tak bisa melindungi diri dari semua bencana, Anda bisa mencegah hal buruk terjadi ketika pergi liburan panjang. Baik ketika Anda berlibur di akhir tahun atau menghabiskan akhir pekan yang panjang, jangan lupa persiapkan apartemen sejak Anda berangkat.

Sebelum pergi, tips berikut mencegah insiden baik kerusakan atau perampokan di apartemen.

Pasang timer pada lampu

Perampok lebih aktif melancarkan aksinya selama musim liburan karena mereka tahu banyak keluarga bepergian. Bila jendela Anda biasanya gelap, ini tanda awal kalau Anda tidak berada di apartemen, dan apartemen Anda jadi target empuk kejahatan.

Buat pencuri berpikir kalau Anda berada di apartemen dengan mengatur beberapa lampu menggunakan timer otomatis sebelum Anda pergi. Ini akan memberi kesan ada orang di apartemen Anda.

Minta seseorang membereskan pintu unit Anda

Bagi penghuni apartemen, tentu sering mendapatkan brosur delivery makanan dan lain sebagainya yang diselipkan di bawah pintu. Banyaknya brosur yang menumpuk di pintu unit menjadi pertanda tak ada penghuni yang membereskannya sehingga mengundang niat jahat, jadi minta tolong tetangga untuk membawanya masuk. Agar lebih tenang, Anda bisa titipkan kunci di tetangga yang Anda percayai atau teman dekat yang bisa memeriksa apartemen setiap beberapa hari.

Ini tak hanya membuat pencuri mengurungkan niatnya tapi juga memastikan semua aman ketika Anda liburan panjang.

Cabut colokan peralatan listrik

Ada baiknya mencabut colokan peralatan listrik sebelum pergi berlibur. Cabut colokan kecuali untuk lemari pendingin agar bahan makanan di kulkas tidak busuk. Ini tidak hanya mencegah potensi kebakaran tapi juga menghemat uang Anda. Meski ketika Anda tidak berada di apartemen, beberapa peralatan listrik masih memakan listrik. Jadi cabut colokan, cegah kebakaran, dan hemat uang Anda untuk tagihan listrik.

Baca tips menghemat listrik di apartemen.

Periksa keran dan kebocoran

Apakah Anda mengabaikan keran yang bocor selama beberapa minggu ini? Kebocoran kecil bisa jadi masalah besar ketika Anda pergi, jadi hubungi manajemen apartemen untuk memperbaiki kebocoran ini.

Ada baiknya Anda menggunakan dishwasher satu atau dua hari sebelum bepergian, terutama bila Anda jarang menggunakannya untuk memastikan tidak ada kebocoran pada pipa dan sistemnya. Periksa jendela dan pintu juga, dan pastikan tidak ada bagian yang berlubang yang membuat air hujan masuk ke apartemen dan membuat hunian Anda kebanjiran ketika Anda kembali.

Bersihkan sekitar apartemen

Ini memang tidak mencegah bahaya, tapi Anda tidak ingin pulang ke apartemen yang bau kan? Luangkan waktu beberapa menit untuk membersihkan apartemen, mengeluarkan sampah, membuang makanan sisa di lemari pendingin, serta membersihkan dapur. Cuci piring yang kotor dan pastikan tidak ada cucian kotor sebelum Anda pergi.

Meninggalkan Apartemen Saat Liburan Panjang? 7 Hal Ini Harus Anda Perhatikan

Photo credit: buysecuritysystem.com

Pasang kamera pengaman

Bila Anda khawatir tentang keamanan apartemen ketika liburan panjang, pasang kamera pengintai. Ada banyak pilihan di pasaran dan beberapa aplikasi keamanan bahkan membuat Anda bisa menggunakan kamera handphone atau alat lain untuk mengirim gambar ke handphone Anda.

Bila Anda tinggal di area yang sering terjadi perampokan, akan lebih tenang bila Anda memasang kamera ini.

Periksa keamanan sebelum liburan panjang

Pencuri lebih mudah menerobos masuk bila jendela atau kunci sudah tua, jadi periksa keamanan apartemen sebelum Anda liburan panjang apalagi jika Anda tinggal di lantai yang tergolong rendah sehingga bisa dipanjat. Beritahukan masalah yang Anda temukan ke manajemen apartemen agar unit Anda aman ketika ditinggal pergi.

Mempersiapkan apartemen mungkin butuh waktu, tapi ini bisa membuat Anda nyaman ketika kembali ke apartemen dari liburan panjang.

 

Jendela360 bisa jadi solusi bila Anda berencana sewa apartemen di Jakarta. Anda bisa temukan unit yang ideal dengan cepat dan mudah.