Last Updated on

Kebiasaan Anda akan mempengaruhi tagihan listrik yang Anda bayar tiap bulannya. Meski tidak semua orang punya kebiasaan yang sama, ada beberapa hal yang bisa mulai Anda lakukan untuk hemat listrik di apartemen. Mengikuti tips berikut membuat Anda bisa menghemat pengeluaran untuk listrik.

Gunakan lampu hemat energi

hemat listrik

Photo credit: des.gbtcdn.com

Kemungkinan penyewa apartemen sebelumnya meninggalkan lampu terpasang di tempatnya. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menggantinya dengan lampu hemat energi. Memang lampu biasa lebih murah harganya, tapi umur pemakaiannya lebih pendek dan boros listrik saat digunakan.

Dan ketika pindah Anda bisa ambil kembali lampu hemat energi Anda dan memasang kembali lampu yang lama.

Matikan AC, kipas angin, serta lampu ketika meninggalkan apartemen

hemat listrik

Photo credit: images8.design-editor.com

Bila tidak ada orang di apartemen, tak ada manfaatnya menyalakan kipas angin atau AC. Selalu mematikan lampu ketika keluar apartemen juga membuat Anda lebih hemat listrik.

Pendingin alami

hemat listrik

Photo credit: loversiq.com

Pemakaian listrik paling besar, terutama di musim kemarau, adalah pendingin ruangan. Hampir semua jenis AC menggunakan listrik untuk bisa bekerja.

Meski cuaca panas tidak bisa dihindari tapi Anda masih bisa membuat ruangan sejuk dengan cara alami. Buka jendela, dan nyalakan kipas angin. Coba buka dua jendela, lalu tempatkan kipas membelakangi jendela yang terbuka untuk menarik udara panas keluar. Ini akan membuat udara sejuk dari jendela lain bisa mengalir.

Baca tentang mencuci sendiri atau menggunakan jasa laundry ketika tinggal di apartemen.

Manfaatkan tanaman agar hemat listrik

hemat listrik

Photo credit: cdn.trendir.com

Satu cara terbaik agar udara di apartemen tetap sejuk adalah menahan panas masuk ke apartemen. Memanfaatkan banyak tanaman di apartemen jadi cara untuk membantu menurunkan jumlah sinar maahari yang menyinari jendela.

Tutup jendela

hemat listrik

Photo credit: www.decorsnob.com

Agar panas tidak masuk ke apartemen, tutup jendela, terutama di hari bercuaca panas. Anda bisa gunakan awning di bagian luar jendela untuk memantulkan energi matahari.

Bila membutuhkan jendela baru, gunakan produk berkualitas bagus yang memiliki lapisan khusus. Produk ini bisa memfilter hingga 70 persen panas.

Gunakan microwave oven

hemat listrik

Photo credit: myborosil.files.wordpress.com

Bila memungkinkan, gunakan microwave oven untuk memasak. Benda ini menggunakan 30 persen energi lebih sedikit dibanding oven biasa. Selain itu, microwave oven tidak menyebabkan dapur terasa panas.

Kurangi menonton TV

hemat listrik

Photo credit: icanteachmychild.com

Terutama bila Anda memiliki anak kecil. Menonton TV tidak hanya membuang energi tapi anak perlu fokus pada berbagai aktivitas lain.

Menjemur pakaian di bawah sinar matahari

hemat listrik

Photo credit: www.ikea.com

Bila memungkinkan, gantung handuk, seprei, dan pakaian lain yang biasa dikeringkan dengan mesin cuci. Pengering pakaian membutuhkan energi dan menghasilkan panas. Sebagai gantinya, gunakan cahaya matahari untuk mengeringkan pakaian Anda.

Anda berencana untuk sewa apartemen di Jakarta? Jendela360 jadi solusi untuk temukan unit yang ideal untuk Anda dengan cepat dan mudah.