Last Updated on

Tiap orang punya impian besar dalam hidup. Dua impian besar ini adalah menikahi orang yang dicintai dan memiliki rumah sendiri.

Bila Anda baru menikah, Anda mungkin menghadapi dilema untuk menyewa apartemen atau membeli rumah. Ini bisa jadi keputusan besar mengingat kedua pilihan ini berarti Anda perlu habiskan banyak uang.

Tinggal di apartemen bisa jadi pilihan yang ideal untuk Anda dan pasangan yang baru menikah. Berikut ini beberapa alasan kenapa demikian:

Baru Menikah? Kenapa Tidak Tinggal di Apartemen Saja

Photo credit: i.ytimg.com

Kondisi keuangan yang sulit

Mungkin pernikahan Anda sudah menghabiskan banyak uang dan Anda lelah memikirkannya. Sewa apartemen jadi alternatif ideal bagi pengantin baru karena Anda hanya perlu memikirkan membayar uang sewa setiap bulan. Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal lain karena sewa apartemen sangat mudah dan tidak repot.

Fleksibel dari segi lokasi

Satu keuntungan utama dari sewa apartemen adalah fleksibel dalam lokasi. Kehidupan di perkotaan bisa sangat sibuk, dan harga komoditas semakin tinggi dibanding di tempat lain.

Bila ini yang terjadi, Anda bisa mudah pindah ke kota lain dimana pengeluaran bisa lebih rendah sesuai anggaran Anda.

Baca artikel lainnya tentang sinking fund di apartemen.

Terlebih, bila pengaturan keuangan yang jadi masalah dan pasangan Anda perlu pindah ke tempat lain karena urusan pekerjaan maka pindah ke tempat lain jauh lebih mudah ketika Anda menyewa apartemen.

Tak ada biaya tambahan yang perlu dibayar

Ketika membeli rumah baru, Anda perlu membayar banyak hal seperti pajak atau asuransi properti.

Sebaliknya ketika menyewa apartemen , Anda hanya perlu membayar sewa bulanan serta pengeluaran untuk kebutuhan. Pengeluaran ini akan lebih terjangkau dibanding membeli rumah sendiri.

Baru Menikah? Kenapa Tidak Tinggal di Apartemen Saja

Photo credit: impressiveinteriordesign.com

Harga rumah sangat mahal untuk pasangan yang baru menikah

Memiliki rumah membutuhkan banyak uang. Mulai dari membeli properti dan membangun rumah dari awal akan menghabiskan banyak uang. Ada juga pengeluaran yang perlu Anda bayar.

Memang banyak orang memimpikan punya rumah sendiri. Ini bukan berarti punya rumah sendiri menjadi hal yang tidak mungkin, hanya sulit secara finansial, setidaknya setelah beberapa bulan atau tahun setelah menikah.

Dengan tinggal di apartemen, untuk saat ini, membuat Anda menghemat uang untuk membeli rumah impian Anda nantinya.

Tanggung jawab lebih sedikit

Menikah dan memiliki anak sudah membuat orang sibuk. Itu sebabnya lebih mudah bagi pengantin baru untuk menyewa apartemen karena Anda memiliki lebih sedikit tanggung jawab.

Misalnya saja untuk perbaikan rumah. Biasanya, manajemen apartemen akan mengurus perbaikan yang dibutuhkan, Anda hanya perlu membayar biayanya. Sebaliknya ketika Anda memiliki rumah, Anda harus mengurus perbaikan dan ini bisa membutuhkan biaya lebih banyak.

Ketika memiliki rumah dan Anda tidak menerima gaji, kondisi akan jadi terlalu sulit untuk Anda.

Pengantin baru hanya perlu fokus pada sewa apartemen, setidaknya untuk saat ini. Hanya beli rumah ketika Anda sudah sangat stabil dari segi keuangan. Menyewa apartemen punya banyak keutungan bagi pengantin baru.

Fasilitas

Tidak seperti rumah, apartemen biasanya dilengkapi fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran, pertokoan, dan fasilitas laundry yang sangat dekat. Meski Anda bisa melengkapi fasilitas ini di rumah, kewajiban keuangannya tidak akan sebanding. Tinggal di apartemen terbukti sangat nyaman.

Keamanan

Meski pemilik rumah bisa memasang sistem keamanan, komplek apartemen juga menjamin keamanan untuk penghuninya. Sistem keamanan di apartemen terbukti aman untuk wanita single, anak kecil, keluarga, dan manula.

Ukuran

Apartemen memiliki ukuran yang proporsional dan nyaman. Di unit apartemen terdapat ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, serta dapur. Ruangan  tidak harus terlalu luas dan mewah, tapi terasa nyaman dan homey. Ini jadi kebutuhan dasar yang sama untuk semua orang, termasuk pengantin baru.

 

Anda baru saja menikah dan berencana tinggal di apartemen bersama pasangan?Temukan apartemen yang Anda cari dengan mudah dan cepat di Jendela360.