Sinking fund mungkin bukan jadi sesutau yang Anda pertimbangkan sebelumnya, tapi ketika tinggal di apartemen Anda perlu membayar dana sinking fund.

Berikut ini panduan tentang apa saja yang perlu Anda ketahui tentang sinking fund:

Apa yang dimaksud sinking fund?

Secara definisi, sinking fund adalah simpanan jangka panjang untuk memastikan ada dana untuk menutupi pengeluaran yang terjadi di masa mendatang.

Bagi pemilik apartemen, sinking fund tidak hanya penting untuk apartemen Anda, tapi juga mempertahankan nilai jual properti Anda.

Kenapa sinking fund dibutuhkan?

Sinking fund nantinya digunakan untuk menutupi biaya perbaikan. Misalnya bila bagian plafon mengalami kerusakan maka biaya perbaikan akan diambil dari sinking fund.

Yang Perlu Anda Tahu Tentang Dana Sinking Fund Di Apartemen

Photo credit: forrent.com

Sinking fund memastikan biaya perbaikan besar yang tidak sering dilakukan dibayar oleh semua penghuni, bukan hanya membebankannya pada penghuni yang sekarang. Ini berarti Anda bisa menghindari membayar tagihan yang besar ketika perlu dilakukan perbaikan besar-besaran.

Dana ini juga membantu menjaga nilai properti Anda, karena penghuni selanjutnya tentu akan memeriksa keberadaan sinking fund sebelum membeli properti Anda.

Berapa banyak dana sinking fund yang dibebankan?

Ketika apartemen pertama kali dibangun, manajemen akan menerima daftar rincian biaya dengan perkiraan bagian mana yang nantinya perlu diperbaharui seperti jendela, plafon, atau sistem keamanan.

Pengelola bisa mengatur jadwal untuk pengerjaannya, lengkap dengan perkiaraan biaya yang akan digunakan untuk menghitung berapa banyak Anda perlu membayar sinking fund.

Bagaimana bila tidak ada perbaikan besar yang dibutuhkan ketika sudah dijadwalkan?

Sebelum perbaikan atau pembaharuan besar dikerjakan akan dilakukan survey untuk menilai properti dan menentukan apakah ada perbaikan yang perlu dilakukan. Bila tidak dibutuhkan perbaikan, survey berikutnya dijadwalkan di tahun selanjutnya. Dana sinking fund akan digunakan ketika perbaikan dibutuhkan.

Misalnya, manajemen apartemen perlu mempertimbangkan biaya penggantian pintu properti serta rata-rata waktu sebelum perbaikan biasanya dibutuhkan. Ini kemudian dibagi dalam satu tahun dan diperoleh total biaya tahunan yang tiap penghuni perlu bayar.

Baca artikel lainnya tentang cara mengatasi apartemen yang selalu berantakan.

Contoh lain perbaikan dan penggantian serupa yang dilakukan dan sinking fund digunakan adalah untuk akses jalan serta penerangan umum. Perbaikan tertentu yang dianggap kecil dibayar menggunakan service charge. Yang pasti, penghitungan semacam ini tidak selalu pasti nominalnya, tapi bila skenario berbeda dianggap tepat, sinking fund bisa mengurangi risiko yang mengakibatkan pengeluaran biaya yang besar untuk properti.

Apakah sinking fund bisa diambli saat saya pindah?

Bila Anda memutuskan untuk menjual apartemen, uang yang Anda bayar untuk sinking fund akan digunakan untuk perbaikan akibat pemakaian atau kerusakan selama Anda tinggal di apartemen tersebut.

Ini untuk memastikan penghuni selanjutnya tidak menanggung tagihan besar untuk perbaikan yang dibutuhkan akibat pemakaian dan kerusakan.

Yang Perlu Anda Tahu Tentang Dana Sinking Fund Di Apartemen

Photo credit: jmhafen.com

Keuntungan sinking fund

Keuntungan utama dari sinking fund yang terkumpul sebagai bagian dari service charge adalah pengeluaran untuk perbaikan sudah direncanakan sebelumnya, bukan langsung dalam jumlah besar yang bisa mengejutkan jumlahnya.

Selain itu, pemilik properti bisa lebih mudah menjual properti bila ada sinking fund, karena pembeli tidak perlu khawatir tentang biaya perbaikan besar pada properti yang dibeli.

Kerugian dari sinking fund

Kekurangan dari membayar sinking fund adalah harganya meningkat tiap tahun. Selain itu, bila properti tidak membutuhkan perbaikan atau penggantian besar maka jumlah uang yang dialokasikan tidak digunakan sebagaimana mestinya. Akan sulit mengambil uang bila telah dibayar tapi tidak digunakan.

Kadang terjadi perselisiahn tentang sinking fund dimana pemilik merasa dana yang digunakan untuk area tertentu tidak dibutuhkan untuk maintenance apartemen.

 

Apartemen tipe apa yang sedang Anda cari?Temukan apartemen yang Anda cari dengan mudah dan cepat di Jendela360.