Last Updated on

Mendekorasi kamar tidur berukuran kecil bukan hal yang mudah. Yang menjadi lebih sulit adalah ketika mendekorasi kamar tidur kecil dengan anggaran terbatas. Tapi sulit bukan berarti tidak mungkin.

Ketika bicara tentang kamar tidur berukuran kecil, desain yang simpel jadi pilihan yang lebih baik, dan tidak berantakan jadi hal yang paling penting. Jadi temukan inspirasi untuk mengubah ruang tidur yang kecil menjadi tempat istirahat dan relaksasi yang sempurna dari ide-ide berikut ini:

 

Penataan area kamar tidur yang tepat

Sebagian orang cenderung berlebihan dalam hal dekorasi dan furniture di kamar tidur. Pada beberapa kasus, hal ini memang dibutuhkan, bila ini jadi ruangan satu-satunya di rumah yang jadi milik Anda, Anda sangat perlu memanfaatkannya. Tapi sering kali kita menjadikan ruangan ini berantakan tanpa alasan yang tepat.

Ingat, kamar tidur adalah tempat Anda untuk beristirahat di malam hari. Sebisa mungkin buat ruangan ini bebas dari berantakan. Tambahkan tempat tidur dan meja. Selalu letakkan benda di tempatnya dan jangan biarkan berantakan terlalu di luar kontrol karena kamar tidur kecil Anda akan dengan cepat mulai terasa sumpek dan sesak.

desain kamar tidur murah

Photo credit: Google

Kurangi bantal dan dekorasi di kamar tidur yang kecil

Tinggal dengan nyaman di kamar tidur berukuran kecil sering kali berurusan dengan mengurangi dan mengatasi berantakan. Misalnya untuk bantal dan dekorasi.

Ketika melihat ruangan kamar tidur yang jauh lebih besar penuh dengan bantal warna-warni, deretan pigura dengan gambar cantik, dan lilin atau vas bunga, ini terlihat nyaman dan menenangkan.

Tapi, deretan bantal di kamar tidur berukuran kecil punya efek sebaliknya. Benda ini membuat ruangan jadi lebih sempit dan terlalu sesak.

Sediakan satu atau dua bantal yang dapat memberi statement pada ruangan. Biarkan beberapa dekorasi yang membantu membuat ruangan lebih personal dan coba gunakan sisanya di ruangan lain. Yang pasti, keluarkan bantal-bantal ini dari kamar tidur yang kecil.

Baca artikel lainnya tentang tips feng shui di kamar tidur.

Dekorasi kamar tidur dengan hiasan kecil

Kamar tidur Anda memang berukuran kecil, tapi bisa menunjukkan banyak sisi personalitas Anda bila Anda mendekorasinya dengan benar.

Apa cara terbaik untuk memastikan kamar tidur merefleksikan siapa Anda dan apa yang Anda sukai? Tambahkan dekorasi sebagai statement pada kamar tidur. Beberapa pilihannya berupa wardrobe cantik, headboard yang bagus, atau laci yang cocok dengan style dan suasana ruangan. Misalnya bila Anda menyukai furniture palet, penggunaan night stand atau tempat tidur yang terbuat dari kayu palet akan membuat seluruh ruangan jadi menarik.

Ide penyimpanan kreatif untuk kamar tidur berukuran kecil

Contoh tepat untuk ide penyimpanan yang kreatif adalah penggunaan palet dan peti kayu. Penyimpanan model seperti ini tak perlu dibeli di toko. Ide ini sangat brilian untuk anggaran Anda karena murah dan mudah ditemukan.

Anda hanya perlu membersihkannya sebelum digunakan di kamar tidur, tapi item ini bisa  memberi tampilan yang rustic pada kamar tidur kecil. Jadi bila Anda punya tempat untuk benda ini, tambahkan palet dan peti penyimpanan dan gunakan tidak hanya untuk menyimpan barang, tapi juga sebagai dekorasi ruangan.

Photo credit: Google

Simpan barang di bawah tempat tidur

Tempat tidur yang tinggi dengan banyak ruang penyimpanan di bawahnya jadi salah satu pilihan terbaik untuk kamar tidur yang kecil. Bila Anda tidak punya tempat tidur jenis ini, tak ada salahnya bila Anda membelinya. Anda bisa cari penawaran dengan diskon.

Menggunakan sentuhan akhir yang dekoratif pada kamar tidur berukuran kecil adalah sebuah tantangan sekaligus jadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Gunakan saran-saran di atas dan wujudkan dekorasi impian Anda.

 

BIngung dimana mencari apartemen yang disewakan? Cek Jendela360 dan temukan apartemen ideal Anda!