Last Updated on

Kamar tidur sangat penting dalam feng shui. Tempat tidur dan kamar tidur harus punya feng shui yang bagus untuk mendukung energi Anda.

Kamar tidur seharusnya jadi tempat untuk istirahat dan relaksasi. Karena kita menghabiskan waktu lebih dari 8 jam di ruangan ini, kita perlu memaksimalkan feng shui pada kamar tidur. Panduan feng shui untuk kamar tidur cukup mudah diikuti dan diimplementasikan.

Kali ini kita akan membahas tips feng shui pada kamar tidur:

Skema warna yang menenangkan

Pilih warna dinding sesuai feng shui untuk memaksimalkan relaksasi. Warna off white, krem, coklat, dan peach jadi pilihan tepat. Warna-warna ini dianggap bisa memaksimalkan kesan tenang. Yang perlu diingat, jangan berlebihan menggunakan warna peach. Warna peach dianggap efektif untuk menarik perhatian pasangan.

Bila Anda mengecat seluruh ruangan kamar dengan warna peach, kemungkinan Anda akan menarik perhatian banyak orang. Bila Anda sudah menikah, Anda bisa menarik perhatian orang yang tidak diinginkan.

Sebaiknya gunakan warna peach sebagai warna aksen pada bantal dan benda-benda kecil. Meski aksen dinding dan wallpaper terlihat menarik, penggunaannya harus minimum dan warnanya lembut serta polanya tidak berlebihan.

Photo credit: Google

Posisi tempat tidur

Cara lain untuk dengan cepat menciptakan harmoni dan relaksasi di kamar tidur adalah dengan menempatkan tempat tidur di posisi yang tepat. Ini berarti menempatkannya di posisi yang membuat Anda bisa melihat pintu masuk ketika Anda berbaring.

Menurut feng shui, menempatkan tempat tidur di dinding yang sama dengan pintu akan menyebabkan Anda merasa terancam, seperti orang yang akan mengejutkan Anda saat tidur.

Tapi jangan tempatkan tempat tidur langsung menghadap pintu (sejajar dengan pintu) karena ini diyakini sebagai posisi kematian. Juga sebaiknya hindari menempatkan tempat tidur langsung di bawah jendela. Jendela akan menghalangi rasa aman yang dibutuhkan ketika tidur.

Ranjang tempat tidur juga harus memiliki headboard. Dalam feng shui, headboard memberi rasa dukungan dalam hidup. Ketika memilih headboard, pilih yang punya pinggir lembut. Headboard dari besi berat memancarkan energi yang perlu Anda hindari di ruangan untuk rileks ini. Sebaiknya pilih headboard yang terbuat dari kain, karena memberi kesan lembut.

Baca juga: Panduan Memilih Unit Apartemen yang Cocok

Item berpasangan

Item di dalam kamar tidur harus berpasang-pasangan, meski Anda mungkin saat ini belum punya pasangan. Sisakan ruang agar Anda bisa letakkan benda dengan berpasangan, seperti:

  • 2 bantal
  • 2 tempat duduk
  • 2 lampu yang sama

Dalam feng shui, berpasangan dianggap mendorong energi cinta dan harmoni.

 

Tidak boleh ada TV, komputer, atau alat olahraga

Energi feng shui pada kamar tidur terganggu ketika benda-benda ini ada di kamar tidur Anda. Selain menciptakan gelombang yang berbahaya untuk kesehatan, juga menyebabkan stres dan distraksi serta buruk untuk hubungan Anda dan pasangan.

Baca artikel lainnya tentang membuat rak dinding untuk apartemen.

 

Udara berkualitas di kamar tidur

Photo credit: Google

Sering-seringlah membuka jendela atau gunakan penjernih udara untuk membuat udara di kamar terasa segar dan penuh oksigen.

Perhatikan kualitas udara di kamar tidur. Anda tidak bisa punya feng shui yang baik di kamar tidur bila udara yang Anda hirup kotor dan penuh polusi. Ingat, tanaman di kamar tidur tidak bagus untuk feng shui, kecuali ukuran kamar cukup besar dan tanaman diletakkan jauh dari tempat tidur.

Minyak esensial juga membantu menjernihkan udara di kamar tidur, tapi pastikan memilih yang punya kandungan yang menyehatkan, bukan yang mengandung racun.

 

Berantakan di bawah tempat tidur

Seperti ketika Anda harus menghindari berantakan di atas tempat tidur, begitu juga di bagian bawah tempat tidur. Berantakan menciptakan stres dan sakit kepala, meski Anda tidak menyadarinya.

Kamar tidur yang bersih dan rapi memberi efek pikiran yang tenang, jadi pastikan hanya menyimpan barang yang penting di kamar tidur.

 

Lukisan di atas tempat tidur

Lukisan dan foto besar bisa menghasilkan energi berat. Sebaiknya gantung permadani dengan pola ringan.

 

Cermin

Dalam feng shui, cermin di depan tempat tidur mengundang orang ketiga dalam pernikahan. Cermin juga dianggap memantulkan energi dalam ruangan, yang bisa mengganggu tidur. Bila Anda membutuhkan cermin, pastikan posisinya menghadap ke benda yang Anda sukai.

 

Anda sedang mencari apartemen dengan feng shui yang bagus? Jendela360 bisa bantu temukan yang tepat untuk Anda.