Memiliki hunian yang cantik dan indah tentunya menjadi kepuasan tersendiri bagi penghuni. Sudut kecil mulai dari ruang tamu hingga kamar mandi akan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Untuk mempercantik tampilan kamar mandi dan sekitarnya, keberadaan wastafel tentunya menjadi instrumen penting secara fungsional dan estetika rumah. Lalu, ingin mengganti model wastafel yang membosankan? Berikut inspirasi desain wastafel cuci tangan yang unik dan indah cocok untuk apartemen baru atau apartemen lama.

9 Inspirasi Desain Wastafel Cuci Tangan agar Apartemen Lebih Cantik

1. Desain Retro

Anda penikmat film dan musik lama? Ingin memiliki hunian totalitas bergaya retro? Tentunya wastafel dengan gaya retro bisa mendukung preferensi Anda. Gaya khas dari desain cuci tangan retro adalah model keran air klasik. Modelnya seperti leher angsa dan memiliki katup bermotif klasik. Warna keran seperti emas, coklat atau perak juga bisa menambah nuansa retro itu sendiri. Perhatikan keramik di sekitar wastafel yang dibuat seperti lemari atau bentuk leher dengan tujuan menambah aura old fashion dari wastafel Anda.

2. Desain Minimalis

Wastafel minimalis

Konsep dari minimalis sedang digandrungi belakangan ini. Selain nyaman untuk kepuasan mata. Desain minimalis dinilai lebih futuristik dan estetik ketimbang desain interior lainnya. Desain wastafel kecil dan ringan. Bentuk-bentuk interior yang simetris dan simpel menjadi kunci dari desain minimalis. Biasanya wastafel bergaya minimalis berbentuk rak berbahan alumunium dan keramik ringan. Keran air juga dipilih yang berukuran kecil dan berwarna perak atau hitam. Leher wastafel biasanya kecil dan tidak memakan tempat agar terlihat simpel. Tak lupa meletakkan kaca di atas wastafel untuk memberikan efek luas.

3. Desain Ecoliving

Wastafel eco living

Nuansa natural dan alam menjadi kunci utama konsep hunian eco living. Begitu Juga dengan interior mulai dari ruang tamu hingga kamar mandi yang lekat dengan alam. Wastafel berkonsep eco living biasanya memiliki wadah terbuat dari batu, kayu atau campuran semen dan granit. Keran yang dipakai biasanya kecil atau ramping. Terdapat aksen atau pahatan kayu di sekitar wastafel atau bingkai kaca. Warna wastafel biasanya memiliki warna bumi seperti hitam, coklat, putih gading, abu-abu atau hijau tua.

4. Desain Jepang

Wastafel jepang

Desain Jepang banyak menggunakan aksen bambu dan kayu. Biasanya kamar mandi dan wastafel bergaya Jepang memiliki bentuk sudut yang simetris. Jika wastafel bulat, biasanya terdapat guratan atau aksen di permukaan seperti hasil pot gerabah. Warna dari wastafel desain Jepang biasanya memiliki warna antara lain putih, cream, abu-abu, coklat muda, coklat tua, dan hitam. Frame wastafel biasanya terbuat dari kayu mahoni, kayu jati atau bambu. Terdapat juga instrumen lain di sekitar wastafel yang terbuat dari kayu atau bambu seperti rak penyimpanan atau wadah untuk meletakkan sikat gigi. Ada juga yang memakai granit sebagai tambahan bahan dasar wastafel agar wastafel tampak elegan dan memuaskan. 

Baca Juga : 7 Desain Apartemen Korea Mirip di Drama Korea!

5. Desain Scandinavian

Wastafel design scandinavian

Desain Scandinavian agak mirip dengan desain minimalis, futuristik dan shabby. Furniture rumah biasanya memiliki desain ramping sedikit industrialis. Warna yang biaisanya ada pada desain scandinavian antara lain warna monokrom seperti putih, hitam abu-abu dan coklat. Bentuk wastafel biasanya kotak, namun bisa beragam tergantung konsep dan tema keseluruhan rumah serta perspektif sudut dan ruang. Watafel diusahakan memiliki bentuk yang simpel, tidak memakan tempat dan artistik. Penempatan kaca yang besar di atas wastafel juga banyak dilakukan di rumah dengan desain Scandinavian untuk menambah dimensi ruangan.

6. Desain Chic

Wastafel chic

Definisi dari desain interior yang chic bisa beragam, namun biasanya ditandai dengan pewarna warnawarna primer yang dominan dan saling bertabrakan. Untuk desain wastafel yang chic juga bisa beragam, namun kebanyakan berbentuk asimetris. Wastafel bisa berupa lingkaran tidak beraturan atau abstrak. 

Warna yang dimiliki wastafel juga bisa beragam, namun biasanya memiliki warna primer disertai motif bunga atau mandala di wadah wastafel. Keran juga disesuaikan dengan konsep tambahan, bisa berupa keran klasik atau keran modern. Penempatan kaca dengan framing seunik mungkin juga menjadi instrumen tambahan dalam pengaplikasian wastafel desain chic. 

7. Desain Futuristik

Wastafel futuristic

Futuristik menjadi desain yang mulai digemari banyak penghuni. Selain terlihat mahal dan elegan, desain futuristik memiliki nilai estetika yang tinggi dengan mencampuri unsur seni dan ilmiah. Desain wastafel futuristik bisa sangat abstrak dan cenderung tidak masuk akal saat pertama dilihat. Bisa berbentuk papan datar, lekukan yang menyatu dengan dinding atau lainnya. Yang ditekankan dari wastafel futuristik adalah inovasi dari user experience. Banyak sekali wastafel desain futuristik yang terlihat mind blowing namun tetap memikat dengan pemolesan seni di balik inovasi ilmiah wastafel futuristik. Ciri khas wastafel futuristik biasanya berbentuk simpel, warna polos dan tidak bermotif. 

8. Desain Fungsional

Wastafel fungsional

Berdasarkan namanya, desain fungsionalis lebih mementingkan fungsi dan efesiensi suatu barang. Wastafel dengan desain fungsionalis lebih mementingkan fungsi daripada tampilan. Bentuk wastafel biasanya lemari dengan rak serbaguna. Atau di samping wastafel terdapat wadah untuk meletakkan peralatan. Inti dari wastafel desain fungsionalis adalah memanfaatkan ruang yang ada.

9. Desain Cute

Wastafel cute

Desain yang lucu atau cute biasanya didasari oleh preferensi dari penghuni. Banyak penghuni yang memberlakukan tema karakter di rumahnya seperti tema hello kitty, marvel, dan lainnya. Begitupun wastafel yang bisa disesuaikan dengan tema. Bentuk dari desain wastafel cuci tangan yang lucu beragam. Warnanya akan dipenuhi warna terang atau pastel seperti warna kuning, orange, biru, baby blue, dusty pink, green mint dan lainnya. Tak lupa tambahan aksen menarik seperti boneka atau karakter di sudut wastafel. Keran juga diciptakan semenarik mungkin seperti berbentuk hewan atau tanaman.

Kunjungi Jendela360 untuk menemukan hunian paling cocok untuk lengkapi desain wastafel cuci tangan impian Anda. Tak perlu keluar rumah atau mengunjungi banyak website untuk menemukan hunian ideal Anda yang bisa dikonsultasikan dengan agen properti andalan kami. Segera kunjungi dan nikmati pengalaman mencari properti yang aman, mudah dan cepat di Jendela360