Last Updated on

Apartemen selalu dilengkapi dengan fasilitas yang dapat memudahkan aktivitas para penghuninya. Termasuk untuk urusan laundry. Banyak hunian vertikal yang dilengkapi dengan fasilitas laundry di apartemen sehingga penghuni tak perlu repot dengan urusan cucian.

Tapi yang jadi pertanyaan, mana yang lebih baik? Mencuci baju sendiri atau menggunakan jasa laundry di apartemen?

Sebelum memutuskan, ada baiknya Anda pertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari kedua pilihan tersebut.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan jasa laundry di apartemen

laundry di apartemen

Photo credit: stayathomemum.com.au

 

Keuntungan:

 

Tidak capek dan hemat waktu

Dengan menggunakan jasa laundry di apartemen, Anda tak perlu repot mencuci dan menyetrika pakaian kerja. Waktu Anda bisa digunakan untuk melakukan hal lain yang jauh lebih penting.

 

Praktis

Terlebih bila jasa laundry yang Anda gunakan bersedia mengambil dan mengantar pakaian Anda. Praktis kan?

 

Kekurangan:

 

Pengeluaran tambahan

Awalnya, biaya tambahan untuk menggunakan jasa laundry terlihat murah, tapi bila setiap hari baju-baju Anda di-laundry, bisa-bisa biayanya jadi lebih mahal dibanding membeli mesin cuci baru.

Bila digunakan dan dirawat dengan baik, mesin cuci bisa dipakai bertahun-tahun sehingga lebih menghemat pengeluaran.

Selain itu, Anda tidak bisa melihat bagaimana proses pencucian di laundry, untuk memastikan apakah pakaian Anda tidak dicampur dengan pakaian orang lain untuk menjamin kebersihannya.

 

Baca tentang tips mencari apartemen untuk pasangan muda.

 

Tidak fleksibel

Akan timbul masalah bila baju batik Anda sedang di-laundry dan ada jadwal mendadak yang mengharuskan Anda memakainya ke kantor hari ini. Begitu juga ketika pakaian akan diambil, ternyata laundry sedang tutup.

 

Kelebihan dan kekurangan mencuci sendiri

laundry di apartemen

Photo credit: destinationtips.com

 

Keuntungan:

 

Hemat biaya

Mencuci baju sendiri lebih murah dibanding menggunakan jasa laundry. Terlebih bila Anda memiliki mesin cuci sendiri. Proses pencucian tidak akan merepotkan dengan bantuan mesin cuci.

Ditambah lagi, Anda tahu pasti proses pencucian pakaian karena Anda sendiri yang melakukannya. Pakaian bisa lebih terjamin kebersihannya.

 

Mengurangi risiko kerusakan dan kehilangan pakaian

Anda bisa lebih berhati-hati ketika mencuci pakaian yang mudah sobek untuk menghindari kerusakan. Lagi pula, menggunakan jasa laundry berisiko kehilangan karena pakaian bercampur dengan milik orang lain.

 

Kekurangan:

 

Butuh waktu dan tenaga

Anda perlu meluangkan waktu setiap hari untuk merendam, mencuci, menjemur, dan menyetrika pakaian. Bukan hal mudah melakukn semua ini, terutam bila Anda harus bekerja hingga larut malam, tentu aktivitas mencuci jadi terasa sangat melelahkan.

 

Tagihan listrik dan air naik

Mencuci sendiri berarti juga peningkatan penggunaan air dan listrik. Jadi bersiaplah untuk membayar tagihan lebih banyak bila memutuskan untuk mencuci baju sendiri.

 

Tak perlu bingung memilih antara mencuci sendiri atau menggunakan jasa laundry di apartemen, sesuaikan saja dengan kondisi Anda.

Ketika beban kerja di kantor sedang tinggi atau kondisi badang sedang tidak fit, tak perlu memaksakan diri untuk mencuci baju sendiri, menggunakan jasa laundry jadi pilihan lebih tepat.

Tapi ketika Anda tidak terlalu sibuk dan bisa pulang kerja lebih awal, tak ada salahnya kan mencuci baju sendiri?

 

Bingung cari sewa apartemen di Jakarta? Jendela360 bisa bantu temukan unit yang ideal untuk Anda dengan cepat dan mudah.