Last Updated on

Bagian mana di apartemen yang Anda paling malas membersihkannya? Pasti jawabannya kamar mandi apartemen. Membersihkan shower, bak mandi, toilet serta bagian lainnya tak dipungkiri memang butuh waktu dan energi.

Tapi sekarang ada cara mudah untuk membersihkan kamar mandi apartemen Anda dalam waktu kurang dari 15 menit.

1. Pindahkan semua benda dari tempatnya

Pindahkan semua produk yang Anda gunakan dari shower dan bak mandi. Keluarkan handuk dan keset dari kamar mandi. Jangan lupa siapkan kantong sampah.

kamar mandi

Photo credit: pinimg.com

2. Mulai mengelap

Untuk menghilangkan debu, ambil kemoceng dengan pegangan panjang untuk mengangkat debu di sudut ruangan, pada lampu, dan ventilasi. Bila kemoceng tidak bisa menjangkau area yang tinggi, gunakan kursi atau tangga. Setelah selesai, gunakan sapu untuk menyapu kotoran atau rambut yang berjatuhan di lantai kamar mandi.

Baca artikel lainnya tentang developer properti terkenal di Indonesia.

3. Gunakan pembersih pada shower dan bak mandi

Gunakan pembersih serba guna atau pembersih berbahan dasar asam bila ada kotoran membandel di bagian shower.

4. Bersihkan bagian permukan lain

Semprotkan pembersih serbaguna ke spon atau lap dan gunakan untuk membersihkan gantungan handuk, rak, pintu, tirai, dan pinggir jendela. Bersihkan bagian kamar mandi dari atas ke bawah, dan dari arah kri ke kanan.

kamar mandi

Photo credit: biteinto.info

5. Gunakan larutan pembersih pada lantai

Isi satu ember dengan air hangat dan pembersih serbaguna sesuai takaran.

Dengan campuran pembersih ini Anda bisa dengan mudah mengangkat kotoran yang menumpuk. Bersihkan dinding, lantai, serta permukaan lain. Lalu bilas.

6. Kembalikan barang ke tempat semula

Barang-barang yang sebelumnya Anda pindahkan bisa dikembalikan ke tempatnya. Bila perlu, lap barang-barang yang perlu dibersihkan. Lalu tutup tirai kamar mandi. Bila ada pintu shower, semprotkan pembersih kaca.

7. Bersihkan wastafel dan keran

Semprotkan pembersih serbaguna ke wastafel dan keran lalu lap dengan kain bersih. Bila ada kotoran membandel, gunakan sikat sebelum mengelapnya. Gunakan pembersih kaca pada cermin. Lap yang lembab bisa lebih mudah mengangkat debu di permukaan area penyimpanan di kamar mandi.

8. Bersihkan toilet

Bila Anda secara tertaur menyikat bagian dalam toilet, cukup gunakan pembesih serbaguna. Semprotkan pembersih khusus toilet bila ada kotoran yang sulit dibersihkan, lalu sikat dengan sikat toilet sebelum flushing. Semprotkan pembersih serbaguna pada bagian luar toilet, lalu lap dengan kain bersih.

9. Mengepel lantai kamar mandi apartemen

Rendam pel ke ember berisi larutan pembersih, peras sisa air, lalu gunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi apartemen Anda. Setelah kering, ganti alas tempat sampah dan keset.

Langkah-langkah di atas akan membantu Anda membersihkan kamar mandi apartemen dengan cepat. Selamat mencoba.

Anda bingung dimana bisa sewa apartemen di Jakarta yang tertata apik dan bersih? Jendela360 bisa membantu menemukan apartemen impian Anda dengan tepat, cepat, dan juga mudah.