Memiliki unit apartemen di kota besar seperti Jakarta mungkin menjadi dambaan banyak orang saat ini. Apartemen memang tengah menjadi hunian tren karena fasilitas dan lokasi yang strategis di tengah kota. Namun hal ini juga membuat harga apartemen tidak murah. Oleh karena itu, hadirlah Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)

Sebagai solusi harga apartemen tersebut, saat ini telah hadir Kredit Pemilikan Apartemen. Apa itu Kredit Pemilikan Apartemen? Mengapa lebih menguntungkan? Apa saja syarat dan langkah pengajuannya? Semua akan diulas secara lengkap melalui artikel ini!

 

Pengertian Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)

apa itu kredit pemilikan apartemen

Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) yakni sebuah tipe produk pembiayaan dari bank atau institusi pembiayaan untuk nasabah yang mau membeli sebuah properti apartemen.

Kredit Pemilikan Apartemen ini diterapkan untuk membiayai 70-80% harga apartemen yang berasal oleh nasabah, dimana bentang waktu pinjaman yang diberikan adalah kurang lebih 5-20 tahun pelunasan.

Di Indonesia, penyedia layanan Kredit Pemilikan Apartemen ini sebagian besar berasal dari bank, beserta aneka perusahaan pembiayaan sekunder yang juga ikut serta menyalurkan dana.

Hal ini yang kemudian membuat Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin segera membeli apartemen idaman. Dengan sistem pinjaman, Anda dapat mencicil biaya kepemilikan sambil menikmati apartemen Anda.

 

Keuntungan Mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)

cara pengajuan kredit pemilikan apartemen

Mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen mempunyai beberapa profit yang bisa dirasakan oleh pihak pemohon kredit, profit-profit tersebut seperti:

Menghemat Biaya Pembelian Apartemen

Dengan membeli apartemen lewat Kredit Pemilikan Apartemen, Anda akan mendapatkan dampak penghematan dalam jumlah besar sebab tidak perlu menyiapkan dana yang betul-betul besar untuk mempunyai sebuah Apartemen.

Produk KPA lazimnya memberikan pembiayaan properti sebesar 70-80% dari harga apartemen, sehingga Anda cukup menyediakan dana sebesar 20-30% dari harga apartemen yang ingin Anda beli.

Tentunya dengan pembayaran secara berangsur, hal ini akan menghemat tarif Anda dalam jumlah besar, terutama bagi Anda yang mempunyai situasi keuangan yang belum mencukupi.

Apartemen Bisa Ditempati Secara Langsung

Dengan disetujuinya aplikasi pengajuan KPA Anda oleh bank, Anda dapat secara langsung menempati apartemen yang Anda beli tanpa prasyarat lainnya yang memberatkan.

Mengantisipasi Kenaikan Harga Properti

Setiap tahun, harga properti, terutama di ibu kota seperti Jakarta, pasti akan senantiasa naik, tidak terkecuali apartemen. Kenaikkan harga properti ini nilainya cukup besar dan bervariasi angkanya tergantung dari lokasi masing-masing apartemen.

Kenaikan harga properti ini dapat bernilai sebesar 15-40% per tahun dari harga aslinya, sehingga selain membeli apartemen dengan KPA untuk berhemat, Anda juga dapat mengantisipasi kenaikan harga properti di masa depan dengan jumlah besar.

Jaminan Legalitas Apartemen

Pembelian apartemen lewat KPA tentunya tidak sembarangan, perumahan atau apartemen yang bekerja sama dengan bank tempat Anda mengajukan produk KPA tentunya mempunyai legalitas yang terjamin.

Legalitas yang terjamin ini merujuk pada lengkapnya surat-surat seputar perizinan dari pemerintah yang tidak dimiliki oleh apartemen yang tidak jelas asal-usulnya.

Dengan mengajukan produk KPA lewat apartemen yang bekerja sama dengan bank, Anda tak perlu khawatir akan hal-hal yang tak diharapkan.

Prospek Investasi Jangka Panjang

keuntungan kredit pemilikan apartemen

Berbeda halnya dengan komoditas lainnya, investasi properti terutama apartemen tergolong investasi yang menguntungkan bagi masa depan. 

Ini disebabkan karena harga properti yang kunjung naik setiap tahunnya karena keterbatasan lahan, terutama di area perkotaan yang kian menghasilkan harga properti melonjak naik.

Dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun mungkin saja harga apartemen yang Anda beli dengan KPA saat ini dapat naik sebesar 100%, tentunya ini akan menguntungkan Anda kalau memutuskan untuk berinvestasi apartemen dengan metode KPA.

 

Syarat Pengajuan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)

syarat pengajuan kredit pemilikan apartemen

Untuk melakukan pengajuan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), Anda perlu melengkapi beberapa dokumen sebagai persyaratan dari pengajuan KPA tersebut. Berikut daftar lengkapnya.

Syarat-syarat umum untuk pengajuan KPA yakni:

  • WNI dan bertempat tinggal di Indonesia
  • Karyawan tetap dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun
  • Wiraswasta dengan pengalaman usaha minimal 3 tahun
  • Profesional dengan pengalaman praktek minimal 2 tahun

Usia minimal pada saat pembiayaan dilakukan yakni 21 tahun, dan maksimal usia pensiun untuk karyawan atau 65 tahun untuk wiraswasta dan profesional

Memiliki pendapatan bersih bulanan minimum sebesar Rp 6-8 juta untuk karyawan, wiraswasta, dan profesional

Misalnya Anda berstatus pegawai atau karyawan pada sebuah perusahaan, berikut dokumen persyaratan pengajuan KPA bagi Anda:

  • Fotokopi KTP Suami/Istri.
  • Fotokopi Kartu keluarga (C1) dan Surat Nikah.
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Patut Pajak).
  • Ideal foto Suami/Istri ukuran 3×4 cm.
  • Fotokopi SK Terakhir/Surat keterangan kerja Autentik.
  • Fotokopi Buku Tabungan/Rekening Koran 3 bulan terakhir.
  • Slip Gaji (absah, dengan stempel kantor/perusahaan).
  • Surat Keterangan Penghasilan (jikalau dibutuhkan).
  • Surat keterangan Belum Punya Rumah (untuk ukuran apartemen bersubsidi).
  • Surat Keterangan ini dikeluarkan oleh lurah setempat.

Namun jika Anda berstatus profesional atau wiraswasta, syarat yang diberikan akan berbeda, yaitu sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP Suami/Istri.
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).
  • Fotokopi Kartu Keluarga (C1) dan Surat Nikah.
  • Fotokopi Izin Praktik atau Akta.
  • Fotokopi SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).
  • Laporan Keuangan.
  • Fotokopi Buku Tabungan atau Rekening Koran 3 bulan.
  • Slip Gaji (Asli, dengan stempel kantor/perusahaan).
  • Surat Keterangan Belum Punya Rumah (untuk apartemen bersubsidi) yang dikeluarkan oleh lurah setempat.

 

Langkah-Langkah Pengajuan Kredit Pemilikan Apartemen

Setelah mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi, selanjutnya adalah tahapan-tahapan yang harus Anda lakukan dalam hal pengajuan Kredit Pemilikan Apartemen. Berikut ulasan lengkapnya.

Memilih Apartemen

Langkah pertama untuk dapat mempunyai apartemen secara kredit adalah dengan mempertimbangkan apartemen yang akan dibeli. Untuk dapat mempertimbangkan apartemen ini, Anda dapat melakukan dua hal.

Pertama, dengan mendatangi bank dan meminta berita lokasi-lokasi apartemen yang tersedia untuk kredit KPA. Kedua, mencari sendiri Apartemen atau perumahan melewati situs apartemen seperti Jendela360.

Supaya lebih tepat sasaran, ada benarnya Anda mencari sebagian opsi atau pilihan apartemen yang akan dibeli untuk nantinya Anda bandingkan dari sisi harga, kemudahan pengerjaan kredit KPA, dan lain-lain.

Mengumpulkan Informasi

Sesudah apartemen sasaran KPA telah dipilih, tahap berikutnya Anda mesti menanyakan semua hal yang terkait dengan apartemen tersebut. Hal yang perlu Anda tanyakan antara lain adalah seperti harganya, berapa uang mukanya, berapa kreditnya, berapa tarif petunjuk jadinya.

Hal lain yang juga mesti ditanyakan ialah apakah Apartemen itu telah dibangun atau baru akan dibangun sesudah bayar uang muka. Lihatlah gambar denah dan desain dari apartemen tersebut, pastikan letaknya dengan benar.

Jangan lupa juga untuk menjalankan cek fasilitas Apartemen dan perumahan. Petunjuk Apartemen KPA ini baru akan dibangun, Anda mesti dapat memutuskan waktu atau lamanya Apartemen dibangun.

Membayar Tanda Jadi

Informasi dari seluruh berita telah Anda peroleh secara gamblang dan terang, setelah itu saatnya menuju langkah selanjutnya adalah membayar tanda jadi.

Tanda jadi ini seperti petunjuk booking yakni bukti pengorderan apartemen atau kavling agar apartemen yang Anda inginkan tidak segera dibeli orang lain atau juga agar harganya tidak naik bila tidak seketika dibayar.

Tiap developer mempunyai tata tertib yang berbeda-beda berkaitan tanda jadi ini. Ada sebagian developer yang membebaskan tanpa batas waktu, ada juga yang mewajibkan bayar uang muka sesudah beberapa waktu, tetapi ada pula developer yang langsung hangus.

Bayar Uang Muka KPA

Sesudah membayar petunjuk jadi, langkah berikutnya dari prosedur pembelian apartemen secara kredit ini adalah membayar uang muka KPA. Beberapa developer mengatakan bahwa tanda jadi sudah merupakan bentuk uang muka.

Jadi bila peraturannya demikian, Anda cuma perlu membayar sisanya saja. Uang muka yang sudah Anda bayarkan ini akan dikembalikan bila pengajuan KPA Anda ternyata mengalami penolakan oleh pihak bank.

Ajukan KPA ke Pihak Bank

Sesudah uang muka dilunasi, maka Anda mesti mengajukan kredit KPA ke bank yang pantas dengan opsi Anda. Pada pengerjaan ini biasanya developer akan menolong Anda mengurus pengajuan ini ke bank yang telah menjadi partnernya.

Lazimnya waktu dalam pengajuan KPA apartemen ini sendiri biasanya akan memakan waktu yang cukup lama ialah 1 bulan. Dalam waktu satu bulan tersebut, pihak Bank umumnya akan menjalankan pengerjaan survey.

Umumnya bank akan mensyaratkan angsuran optimal adalah 30% gaji, ada juga yang memperbolehkan 40% gaji, ada yang dapat digabung antara penghasilan Anda dengan istri, ada yang cuma mensyaratkan gaji suami saja.

Harga apartemen, uang muka, besar angsuran, lama kreditan dan besaran gaji memang akan saling memberi pengaruh satu dengan lainnya dalam pengerjaan pengajuan KPA ini. Seperti misal bila angsuran kredit KPA per bulan berkeinginan diwariskan, karenanya uang muka mesti ditambah, atau bila tak, lama angsuran diperpanjang.

 

Segera Investasikan Unit Apartemen Baru Anda

Sistem Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) memang diinovasikan untuk mempermudah Anda sebagai pencari apartemen untuk segera mendapatkan unit apartemen Anda tanpa harus langsung membayar keseluruhan.

Tidak hanya untuk ditinggali sendiri, apartemen baru Anda juga bisa digunakan sebagai ladang investasi. Bagaimana caranya? Dengan disewakan kembali. Harga sewa apartemen tengah menunjukan tren positif, dengan angka yang terus naik.

Lalu bagaimana cara terbaik untuk menyewakan apartemen Anda agar lebih cepat laku? Jendela360 jawabannya! Dengan menitipkan apartemen di Jendela360, apartemen Anda akan tersewa lebih cepat dengan jaminan transaksi yang aman dan terpercaya. Titipkan apartemen baru Anda segera!