Ketika Anda tinggal di apartemen, enaknya masak sendiri atau pesan catering ya? Hmm, kadang karena pertimbangan praktis dan hemat tenaga, banyak orang memilih untuk menggunakan jasa catering.

Meski sebenarnya masak sendiri di apartemen jauh lebih baik dari segi keuangan maupun kesehatan.

Yang pasti, bila Anda masak sendiri di apartemen, menu masakan bisa jadi lebih variatif dan bisa disesuaikan dengan keinginan. Tapi yang jadi masalah, tidak semua orang punya waktu untuk berbelanja bahan makanan dan mengolahnya menjadi sajian sehat setiap hari.

Padahal sih, tak butuh waktu banyak juga untuk menyiapkan makanan yang sehat dan nikmat. Masakan yang Anda buat juga tidak perlu yang ribet, yang terpenting adalah nilai gizinya.

 

Anggaran untuk masak sendiri atau pesan catering

masak sendiri atau pesan catering

Photo credit: pinimg.com

Penyusunan anggaran jadi hal penting untuk soal makan, tujuannya agar pengeluaran Anda tidak melebihi pendapatan yang Anda terima.

Bila misalnya anggaran untuk makan Anda saat ini sebesar 3 juta rupiah untuk setiap bulannya untuk pesan catering dan makan di luar. Anda bisa coba kurangi anggaran menjadi 2,5 juta rupiah per bulan dan mulai masak sendiri di apartemen.

Kemudian mulailah buat pos pengeluaran. Misalnya untuk beras sekian rupiah dan untuk sayur serta lauk pauknya sekian rupiah.

Setelah mendapat nominal pengeluaran harian untuk makan 3 kali jika masak sendiri, coba bandingkan dengan catering dan lihat perbedaan harganya.

 

Manfaat memasak sendiri

masak sendiri atau pesan catering

Photo credit: cooksmarts.com

Sebenarnya memasak makanan sendiri bukan sekedar untuk menghemat pengeluaran. Aktivitas memasak juga bisa menyalurkan hobi. Selain itu, bukah hal yang tidak mungkin Anda dapat memulai bisnis catering sendiri.

Manfaat lain dari masak sendiri selain berhubungan dengan anggaran antara lain:

  • Makanan yang dimasak sendiri lebih terjamin kebersihannya
  • Kegiatan memasak bersama membuat Anda lebih dekat dengan anggota keluarga lain
  • Memasak sendiri bisa membuka peluang usaha.

Baca tentang daftar developer properti paling terkenal di Indonesia.

Ingin masak sendiri tapi dapur kecil

Bila dapur di apartemen Anda berukuran mini dan sepertinya tidak ada cukup tempat untuk mengolah bahan makanan, memasak di apartemen bisa terasa menjengkelkan dan  ini membuat Anda jadi lebih memilih memesan catering.

Mengetahui trik memasak di apartemen jadi solusi yang perlu Anda kuasai. Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda bereksperimen dengan teknik memasak di dapur apartemen yang tidak luas.

 

Siapkan alat masak yang penting

Anda tidak membutuhkan alat masak khusus untuk memotong buah dan sayuran, jadi tak perlu menggunakan alat masak yang rumit yang lebih cocok digunakan di dapur berukuran besar.

Yang penting Anda memiliki alat masak yang utama. Pastinya Anda akan membutuhkan pisau tajam, telanan, panci, dan wajan. Dengan pisau yang tajam Anda bisa lebih mudah memasak. Dalam beberapa bulan, Anda bisa tambahkan alat masak yang Anda butuhkan.

 

Masak menu sederhana

Ketika memasak di apartemen yang terpenting adalah memasak menu yang sederhana tapi lezat dan bergizi. Cari bahan dan bumbu yang Anda bisa digunakan untuk resep berbeda dan beli hanya sejumlah yang dibutuhkan.

 

Mencuci peralatan masak sambil memasak

Ketika memasak di dapur yang kecil, akan lebih baik bila Anda melakukannya sambil mencuci alat masak. Anda kemungkinan besar akan melakukan ini ketika kembali menggunakan talenan atau menggunakan lagi panci.

Selain itu, alat masak jadi lebih mudah dibersihkan bila dicuci segera setelah digunakan. Meski ini awalnya terasa berat Anda akan merasa lega ketika setelah makan hanya tersisa piring dan beberapa gelas saja yang perlu dibersihkan.

Sekarang Anda bisa putuskan untuk masak sendiri atau pesan catering.

Bingung cari sewa apartemen di Jakarta? Jendela360 bisa bantu temukan unit yang ideal untuk Anda dengan cepat dan mudah.